20 Sifat dan Ciri-Ciri Laki-Laki Sholeh Menurut Pandangan Islam

Posted on

Sifat dan Ciri-Ciri Laki-Laki Sholeh Idaman Wanita Muslimah Menurut Pandangan Islam 

Setiap muslimah pastilah memiliki keinginan untuk mendapatkan pasangan yang memiliki ahlak yang baik dan sholeh. Karena pasangan inilah yang akan membimbing istrinya kejaslan yang di Ridhoi oleh Allah.

Seorang muslimah menginginkan pasangan yang memiliki sifat Baginda Nabi Muhammad SAW, selain sebagai panutan bagi umat islam, Baginda Nabi SAW merupakan seorang suami yang dapat dijadikan sebagai panutan dan suri tauladan bagi seluruh laki-laki muslim di seluruh dunia. Beliau memiliki akhlak terbaik yang dilakukannya kepada istri-istri dan anak-anak Beliau.

Dholeh dapat didefinisikan sebagai laki-laki muslim yang beriman bersih dari segi lahir dan batinnya, laki-laki sholeh merupakan laki-laki yang selalu senantiasa taat kepada Allah SWT dan RasulNya. Berikut ini merupakan ciri-ciri laki-laki Sholeh.

Baca juga :  Sifat dan Ciri-ciri Wanita Sholehah

Sifat dan Ciri-Ciri Wanita Sholeh

1. Beragama Islam
Laki-laki sholeh selalu menganut agama Islam. Point ini sangat penting, seorang muslimah harus memiliki pasangan hidup bergama islam. Haram hukumnya bila seorang muslimah menikah dengan laki-laki non muslim, karena pernikahannya dianggap tidak sah menurut islam dan hubungan yang mereka lakukan dianggap sebgai zina.

2. Taat beragama dan memiliki akhlak mulia
Dalam Islam, agama dan akhlak memiliki nilai yang seimbang, jadi seorang laki-laki sholeh yang memiliki ilmu keagaman yang tinggi tidak dianggap pantas memiliki akhlak yang buruk.

3. Selalu menjauhi maksiat
Laki-laki sholeh tidak akan mendukung atau melakukan perbuatan maksiat. Malah justru seorang laki-laki sholeh akan memerangi perbuatan tersebut untuk menjaga dirinya, keluarga dan lingkungannya. Karena seorang laki-laki sholeh mengetahui bahwa melakukan perbuatan maksiat merupakan pintu dari kegagalan hidup.

4. Semangat melakukan jihad
Laki-laki sholeh dengan semangat melakukan jihad untuk membela kebenaran dan berada digaris besar saat orang lain enggan untuk memperjuangkan Islam.

5. Bertanggung jawab
Laki-laki merupakan pemimpin dalam keluarganya, laki-laki memiliki tanggung jwab untuk mendidik, memberikan nafkah, melindungi istri dan anak-anaknya. Laki-laki sholeh sudah pasti memiliki tanggung jawab untuk istri dan anak-anaknya.

6. Semangat mencari ilmu
Laki-laki sholeh tidak akan merasa puas dengan ilmu yang telah dimilikinya. Ia selalu merasa kurang dan selalu memiliki waktu untuk terus belajar. Dengan semakin banyak ilmu yang dimiliki akan semakin membuatnya rendah hati dan menghargai satu sama lain.

7. Amanah
Laki-laki sholeh harus memiliki sifat amanah atau dapat dipercaya. Laki-laki sholeh selalu menjaga amanah dan tidak akan mengabaikan tugas yang telah diberikan kepadanya.

8. Sabar dan Ikhlas
Laki-laki sholeh selalu ikhlas dan sabar untuk menjalani kehidupan. Seorang laki-laki sholeh akan bersabar ketika menghadapu ujian dan selalu ikhlas ketika kehilangan.

9. Tegas
Laki-laki merupakan iman untuk pasangannya, jadi seorangan laki-laki harus memiliki sifat yang tegas. Tegas tidak selalu diartikan sebagai galak, namun memiliki arti tidak plin-plan dan tegas dalam mempertahankan martabat serta tegas dalam memberikan kemantapan dan ketentraman dalam menjalani kehidupan.

10. Tidak boros dan tidak pelit
Sifat laki-laki sholeh lainnya yaitu tidak bakhil dan tidak boros. Bakhil dan boros merupakan sifat yang di benci oleh Allah dan disukai oleh setan.

11. Berteman dengan orang orang sholeh
Laki-laki sholeh akan selalu berkumpul di majlis dzikir dan berkumpul dengan orang orang yang mengajak pada kebajikan.

12. Menjaga pandangan
Tidak hanya muslimah saja yang diharuskan menjaga pandangannya, laki-laki juga diharuskan untuk bisa menjaga pandangannya dari perbuatan maksiat, selalu menundukan pandangan kepada wanita yang bukan mahramnya. Selain menjaga pandangan, seorang laki-laki sholeh juga harus mampu menjaga lisan, tangan dan hatinya dari hal-hal yang tidak dianjurkan oleh Agama.

13. Berwibawa dan Rapi
Laki-laki yang memiliki karisma selalu berpenampilan rapi dan berwibawa.

14. Memiliki cinta dan kasi sayang
Seorang laki-laki sholeh pasti memiliki hati yang luas juga memiliki jiwa yang penuh kasih sayang. Ia selalu memperlakukan keluarganya dengan penuh cinta dan kasih sayang yang luar biasa.

15. Laki-laki sholeh selalu takut kepada ujian Allah dan ancamannya
16. Laki-laki sholeh selalu memohon ampun atas segala dosa-dosanya
17. Laki-laki sholeh selalu menjaga sholatnya, dan selalu melakukan sholat malam
18. Tawakal kepada Allah dan tidak suka mengeluh selain kepada Allah SWT
19. Menerapkan nilai kasih sayang sesama mukmin dan ukhuwah di antara mereka.
20. Laki-laki sholeh merupakan laki-laki pemaaf dan memiliki kelapangan dada dalam menghadapi kebodohan manusia dan senantiasa untuk mengkoreksi diri sesama ikhwan serta tawadhu kepada Allah SWT.

Itulah sifat dan ciri-ciri laki-laki sholeh. Pelu kita ketahui bahwa lak-laki baik belum tentu dikatakan sebagai sholeh, tapi laki-laki sholeh sudah pasti memiliki akhlak yang baik. Semoga kelak kita mendapatkan pasangan yang sholeh atau sholehah.