Limbah Industri

Macam-Macam Limbah Industri Beserta Contoh, Dampak dan Upaya Menanganinya Terlengkap

Posted on

Macam-Macam Limbah Industri Beserta Contoh, Dampak dan Upaya Menanganinya Terlengkap Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari proses produksi baik dari industri ataupun domestik (rumah tangga). Di zaman yang sudah modern dan maju ini, limbah yang di hasilkan semakin meningkat. Banyak perusahaan baik itu perusahaan besar atau rumah tangga dari mulai limbah, pertanian, pertambangan dan lain sebagainya dibuang secara sembarangan tanpa memikirkan dampak atau akibat dari limbah-limbah yang mereka buang.

Berdasarkan kepurusan Menperindag RI No. 231/MPP/Kep/7/1997 Pasal I tentang prosedur impor limbah, Limbah adalah bahan atau barang sisa atau bekas dari suatu kegiatan atau proses produksi yang fungsinya sudah berubah dari aslinya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 18/1999 Jo.PP 85/1999, Limbah didefinisikan sebagai sisa atau buangan dari suatu usaha dan/atau kegiatan manusia.

Limbah memiliki karakteristik umum yaitu:

  • Berukuran mikro
    Dinamis
  • Penyebarannya berdampak luas
  • Berdampak jangka panjang (antargenerasi)

Nah kali ini kita akan membahas tentang macam-macam contoh limbah industri atau pabrik baik itu limbah industri pabrik besar atau limbah industri rumah tanga yang berupa limbah cair, limbah padat ataupun limbah gas. kita juga akan membahas tentang dampak limbah industri dan juga cara mengatasi pencemaran limbah pabrik.

Limbah industri

Limbah industri adalah sisa atau buangan dari hasil proses industri.

Macam-Macam Limbah Industri

Ada 3 jenis limbah industri yaitu:

1. Limbah Industri Cair
Limbah Industri Cair adalah limbah atau buangan yang dihasilkan pabrik dalam bentuk cair dan biasanya limbah dalam bentuk cair ini dibuang ke saluran perairan seperti selokan, kali atau sungai, bahkan laut.

Limbah cair ini ada yang berbahaya dan adapula yang dapat dinetralisir dengan cepat. Limbah yang dibuang ke saluran air tana dinetralisir terlebih dahulu dapat menyebabkan ekosistem air rusak bahkan makhluk hidup yang ada didalamnya dapat mati.

Contoh limbah industri cair, diantaranya: kebocoran minyak dilaut, sisa pewarna pakaian cair, sisa pengawet cair, kandungan besi pada air, limbah tempe, limbah tahu dan sisa bahan kimia yang lainnya.

2. Limbah Industri Padat
Limbah Industri Padat adalah limbah atau buangan hasil industri pabrik yang tidak terpakai lagi dalam bentuk padatan, bubur atau lumpur yang berasal dari proses pengolahan atau sampah yang dihasilkan dari kegiatan industri ataupun sampah yang ada di tempat-tempat umum.

Contoh limbah industri padat, diantaranya: plastik (botol air mineral atau yang lainnya), kantong, kain atau pakaian, sampah elektonik, kertas, kabel, besi, lumpur-lumpur sisa industri, bubur-bubur sisa semen dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Limbah Gas
Limbah Gas adalah limbah yang dihasilkan oleh sumber alami atau hasil aktivitas manusia dalam bentuk molekul-molekul gas. Pada umumnya, limbah industri gas memberikan dampak yang buruk pada kehidupan makhluk hidup dan juga lingkungan.

Contoh limbah industri padat, diantaranya: pembakaran pabrik, asap pabrik sisa produksi, kebocoran gas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dampak Limbah Pabrik

Limbah pabrik tersebut menimbulkan pencemaran yang berdampak buruk bagi makhluk hidup dan juga lingkungan. Berikut adalah dampak limbah pabrik, diantaranya:

  • Menyebabkan adanya sampah beracun.
  • Menimbulkan penyakit yang menular dari rantai makanan
  • Menimbulkan penyakit jamur.
  • Menyebabkan penyakit kolera, diare, dan tifus.
  • Dapat menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan tikus.
  • Sampah akan menjadi tempat perkembangbiakan lalat sehingga mudah menularkan infeksi.
  • Dapat menurun kualitas lingkungan
  • Dapat menurun estetika atau nilai keindahan lingkungan
  • Dapat membuat lingkungan kurang nyaman.
  • Dapat menyebabkan makhluk hidup musnah atau mati.

Upaya Mengatasi Pencemaran Limbah Pabrik

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pencemaran limbah pabrik yang dapat dilakukan, diantarannya:

  • Melakukan pengolahan limbah sebaik mungkin
  • Tidak membuang limbah cair langsung ke saluran air
  • Limbah-limbah bersifat organik sebaiknya dikubur
  • Mendaur ulang limbah yang masih dapat digunakan
  • Melakukan penanaman pohon

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Macam-Macam Limbah Industri Beserta Contoh, Dampak dan Upaya Menanganinya Terlengkap . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.