Kontak Sosial

Pengertian, Macam-Macam Bentuk Dan Contoh Kontak Sosial Terlengkap

Posted on

Pengertian Kontak Sosial, Macam-Macam Jenis Bentuk Kontak Sosial Dan Contoh Kontak Sosial Terlengkap Kontak sosial berasal dari bahasa Latin yaitu Cun/Con atau Cum/Com dan juga Tangere. Cun/Con atau Cum/Com artinya bersama-sama, sedankan Tangere artinya menyentuh. Secara harfiah, kontak sosial adalah menyentuh secara bersama-sama. Kontak sosial merupakan syarat terjadinya interaksi sosial dimasyarakat. Dalam gejala sosial, kontak sosial tidak harus menyentuh atau terjalin melalui hubungan fisik, namun bisa juga dengan hanya tersenyum, berteriak pada teman ataupun menulis dan membaca pesan dari orang lain juga sudah terjadi kontal sosial.

Dalam Sosiologi, Kontak sosial adalah hubungan masing-masing pihak dalam berinteraksi baik dengan berbicara, tatap muka maupun bersalaman serta tidak selalu terjadi melalui interaksi atau hubungan fisik saja, sebab orang dapat melakukan kontak sosial dengan pihak lain tanpa menyentuhnya, misalnya berbicara melalui telepon, radio, surat dan lain sebagainya. Oleh karena itu,hubungan fisik tidak menjadi syarat utama terjadinya kontak sosial bahkan kemajuan teknologi juga mengubah pengertian dari kontak sosial itu sendiri, dimana kontak sosial tidak harus terjadi melalui sentuhan fisik.

Macam-Macam Bentuk Kontak Sosial

Macam-macam atau jenis-jenis kontak sosial dibedakan berdasarkan proses berlangsungnya dan juga berdasarkan jumlah individu yang terlibat didalamnya.

Berdasarkan Proses Berlangsungnya

Berdasarkan proses berlangsungnya, kontak sosial dibedakan menjadi 2 yaitu kontak sosial primer dan kontak sosial sekunder.

Kontak Sosial Primer adalah kontak sosial yang terjadi secara langsung dengan bertatapo muka, baik melalui sentuhan fisik ataupun tidak melalui kontak fisik. Contoh kontak sosial primer antara lain: berjabat tangan, berbicara, bahasa isyarat, tersenyum dan lain sebagainya.

Kontak Sosial Sekunder adalah kontak sosial yang terjadi secara tidak langsung melakinkan menggunakan media tertentu. Kontak sosial sekunder terbagi menjadi 2 yaitu kontak sosial sekunder langsung dan Kontak sosial tidak langsung.

  • Kontak sosial sekunder langsung yaitu kontak sosial sekunder yang dilakukan dengan menggunakan bantuan alat tertentu. Contoh kontak sosial sekunder langsung antara lain: melalui telepon, surat, televisi atau yang lainnya.
  • Kontak sosial sekunder tidak langsung yaitu kontak sosial sekunder yang dilakukan dengan bantuan pihak lain atau pihak ketiga. Contoh¬†kontak sosial sekunder tidak langsung antara lain: Indra menitipkan salam untuk Tria melalui perantara Chintia.

Berdasarkan Jumlah Individu yang terlibat didalamnya

Berdasarkanjumlah individu yang terlibat didalamnya, kontak sosial dibagi menjadi: kontak sosial antar individu, kontak sosial antar kelompok dan kontak sosial antara individu dengan kelompok.

Kontak antar individu. Contohnya: kontak antara karyawan dengan karyawan, kontak antara penjual dan pembeli, kontak antara dokter dan pasien dan lain sebagainya.

Kontak antar kelompok. Contohnya: pertandingan dua tim sepak bola dalam turnamen, pertandingan voli, perlombaan cerdas cermat dan lain sevagainya.

Kontak antara individu dengan kelompok. Contohnya: pemateri dengan peserta seminar, guru dengan muridnya dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Macam-Macam Bentuk Dan Contoh Kontak Sosial Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca