Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran

Pengertian Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran Beserta Contoh Lengkap

Posted on

Pengertian Permintaan dan Penawaran, Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran , Faktor yang mempengaruhi Beserta Contoh Hukum Penawaran dan Permintaan Lengkap – Dalam setiap transaksi perdagangan, pasti akan ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas suatu barang dan jasa. Semua itu berkaitan erat, permintaan dan penawaran akan saling bertemu dan akan membentuk titik pertemuan dalam satuan harga dan jumlah barang atau kuantitas.

Kali ini kita akan membahas tentang pengertian Permintaan dan Penawaran, Hukum permintaan dan Hukum Permintaan, Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran serta contoh hukum permintaan dan contoh hukum penawaran.

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Permintaan (demand) adalah sejumlah narang yang dibeli atau diminta pada harga dan waktu tertentu. Sedangkan, Penawaran (supply) adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada harga dan waktu tertentu.

Dengan demikian, dalam ilmu ekonomi permintaan dan penawaran adalah suatu penggambaran atas hubungan antara penjual dan pembeli pada suatu barang.

Hukum Permintaan dan Hukum Permintaan

Hukum Permintaan

Dalam ilmu ekonomi, Hukum permintaan berbunyi “Jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan dan sebaliknya jika harga suatu barang mengalami penurunan, maka jumlah barang yang diminya akan mengalami kenaikan”. Dengan demikian, jika harga barang mengalami kenaikan atau penurunan walaupun itu satu satuan rupiah maka akan mempengaruhi jumlah barang yang dibeli atau diminta oleh konsumen.

Hukum Penawaran

Dalam ilmu ekonomi, Hukum penawaran berbunyi “Jika harga suatu barang mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan mengalami kenaikan dan sebaliknya jika harga barang mengalami penurunan maka jumlah barang yang ditawarkan akan mengalami penurunan”. Dengan demikian artinya saat harga barang mengalami kenaikan maka barang yang ditawarkan produsen akan meningkat namun jika sebaliknya atau mengalami penurunan maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun.

Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran

Faktor Permintaan

Faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu:
1. Harga barang atau produk tersebut
2. Harga barang atau produk lain yang bersifat subtitutif
3. Pendapatan masyarakat
4. Selera atau Perilaku seseorang atau masyarakat
5. Jumlah penduduk

Faktor Penawaran

Faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu
1. Harga barang atau produk tersebut
2. Harga barang atau produk lain
3. Biaya produksi
4. Tujuan dari Perusahaan
5. Pajak
6. Tingkat teknologi yang digunakan
7. Perkiraan masa depan

Contoh Hukum Permintaan dan Contoh Hukum Penawaran

Contoh Hukum Permintaan

Berikut ini adalah contoh hukum penawaran :
1. Pada waktu tertentu harga cabai mengalami kenaikan di pasaran, maka permintaan cabai akan menurun dan konsumen akan mencari barang pengganti yang memiliki fungsi sama dengan cabai, seperti sambal sasetan atau yang lainnya.
2. Pada saat ada promo diskon kue lebaran sebesar 30% maka hal tersebut akan menyebabkan permintaan kue lebaran akan mengalami peningkatan.
3. Dua bulan mendatang premium akan dihapuskan untuk pembeli eceran, sehingga permintaan premium akn meningkat karena para pengecer akan membeli sebanyak-banyaknya untuk dibuat cadangan
4. Dan lain sebagainya.

Contoh Hukum Penawaran

Berikut adalah contoh hukum penawaran:
1. Saat harga gas LPG naik, maka produsen akan menawarkan LPG dengan jumlah lebih banyak agar meraup keuntungan yang lebih besar.
2. Minat masyarakat pada ponsel android semakin meningkat , harganya pun tinggi. Dengan demikian, maka produsen akan meningkatkan intensitas penawaran agar dapat meraup omset yang besar.
3. Setelah hari raya, minat masyarakat pada sirup akan menurun begitu juga dengan harganya. Maka produsen akan mengurangi intensitas penawaran agar tidak mengalami kerugian
4. Dan lain sebagianya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Hukum Permintaan Dan Hukum Penawaran Beserta Contoh Lengkap .  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.