18 Pengertian Ilmu Menurut Pendapat Para Ahli Lengkap

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli Mengenai Definisi Ilmu Terlengkap

Setiap manusia dilahirkan memiliki ilmu yang akan menjadikan manusia tersebut untuk memiliki akal dan pikiran. Secara etimologi ilmu berasal dari kata bahasa Arab yaitu “ilm”,bahasa Inggris, “science” atau bahasa latin “Scientia” yang mengandung kata kerja scire berarti tahu atau mengetahui. Secara umum ilmu merupakan pengetahuan tentang fakta baik yang bersifat natural maupun sosial yang berlaku umum dan sistematis atau pengetahuan yang sudah di atur menurut urutan dan arti sera menyeluruh dan sistematis.

Arti ilmu berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, batin dsb. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang definisi ilmu, berikut ini merupakan beberapa pengertian ilmu menurut para ahli.

Pengertian Menurut Ahli

1. Menurut Nazir, ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.

2. Menurut Shapere, pada dasarkan konsep ilmu mencakup tiga hal yaitu adanya rasionalitasm dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi.

3. Menurut Schulz, Pengertian ilmu mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas sosial

4. Menurut John G.Kemeny, ilmu merupakan semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan metode ilmiah sebagai prosedur.

5. Menurut The Liang Gie, ilmu merupakan rangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa aneka prosedur dan susunan langkah sehingga akan menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala-gejala kealaman, kemasyarakatan atau keorangan untuk tujuan mencapai kebenaran, memperoleh pemahaman dan memberikan penjelasan atau melakukan penerapan.

6. Menurut Dr. Maurice Bucaille, ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal dalam bentuk apapun, baik dalam jangka waktu yang lama maupun jangka pendek.

7. Menurut Harsojo, ilmu adalah sekumpulan akumulasi pengetahuan yang disistematiskan.

8. Menurut Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag, ilmu merupakan sesuatu yang empiris, rasional (dapat diterima akal), umum & sistematik, dan dari keempat aspek tersebut terjadi secara serentak

9. Menurut Prof. Dr Syed Naquib Alattas, ilmu merupakan ketibaan makna dalam diri seseorang yang dapat menyebabkan perubahan berdasarkan ilmu yang dicapai atau diperoleh.

10. Menurut Mohammad Hatta, ilmu ialah sebuah pengetahuan yang teratur mengenai pekerjaan hukum secara kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya yang tampak dari luar, maupun dari dalam.

11. Menurut Izuddin Taufiq, ilmu merupakan penelusuran informasi atau data melalui sebuah pengamatan, pengkajian & eksperimen, yang bertujuan untuk menetapkan hakikat, landasan dasar maupun asal usulnya.

12. Menurut Karl Pearson, ilmu ialah keterangan yang stabil & komprehensif tentang suatu fakta dari pengalaman dengan istilah yang sederhana.

13. Menurut Ashely Montagu, ilmu ialah pengetahuan dalam satu sistem yang berasal dari studi, pengamatan juga percobaan untuk menentukan dasar prinsip tentang suatu hal yang sedang dikaji.

14. Menurut John G. Kemeny. ilmu ialah segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah dan merupakan hasil dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode tersebut.

15. Menurut Thomas Kuhn, ilmu merupakan himpunan kegiatan yang dapat menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.

16. Menurut Poespoprodjo, ilmu merupakan sebuah proses perbaikan diri secara berkesinambungan yang terdiri dari perkembangan teori & uji empiris.

17. Menurut Francis Bacon, ilmu merupakan satu-satunya pengetahuan yang bersifat valid & hanya faktalah yang dapat menjadi objek pengetahuannya

18. Menurut Afanasyef. Beliau adalah seorang pemikir Marxist dari Rusia yang menjelaskan tentang ilmu, dimana ilmu merupakan pengetahuan manusia tentang alam, pikiran dan masyarakat. Beliau mencerminkan alam & berbagai konsep, kategori & hukum-hukum, yang mana ketetapan & kebenarannya diuji oleh pengalaman praktis.

Ilmu harus bersifat empiris (hasil dari panca indera/percobaan), sistematis, objektif, analitis, dan verifikatif. Ilmu memiliki pokok persoalan dan fokus perhatian.

Demikian informasi yang diberikan tentang Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli.  Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda seputar ilmu pengetahuan.