Macam-Macam Gaya Renang Beserta Penjelasan Dan Gambar Lengkap

Posted on

Macam-Macam Gaya Renang Beserta Penjelasan Dan Gambar Lengkap Renang adalah salah satu cabang olahraga yang memperlombakan kecepatan seorang atlet renang dalam berenang. Berenang sendiri berarti gerakan sewaktu berada dalam air. Biasanya kegiatan renang atau berenang ini dimanfaatkan untuk rekreasi sekaligus olahraga. Kegiatan berenang biasanya dilakukan di kolam renang. Selain di kolam renang, berenang juga dapat dilakukan di laut, sunagi ataupun danau.

Berenang memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya: melatih pernafasan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meninggikan badan, menyehatkan jantung, meningkatkan kebugaran dan masih banyak yang lainnya.

Dalam renang kita mengenal 4 macam gaya renang yaitu gaya bebas (free swim), gaya kupu-kupu (butterfly stroke), gaya punggung dan gaya dada atau gaya katak (Breaststroke). Setiap gaya renang yang ada terdapat tekniknya tersendiri. Berikut penjelasan selengkapnya tentang macam-macam gaya renang beserta gambarnya:

1. Renang Gaya Bebas

Renang Gaya Bebas
Renang gaya bebas atau free swim adalah gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Tekniknya : Kedua tangan digerakan jauh ke depan secara bergantian dengan gerakan mengayuh sementara kedua kaki dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah secara bergantian. Saat melakukan renang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh pada posisis miring kepala berpaling ke samping. Saat mengambil napas, perenang dapat memilih menoleh ke kanan atau ke kiri.

2. Renang Gaya Kupu-Kupu


Renang gaya kupu-kupu (butterfly stroke) atau gaya lumba-lumba adalah gaya renang dengan posisis dada menghadap kepermukaan air. Tekniknya: Kedua lengan ditekan ke bawah dan digerakan ke arah luar sebelum mengayun secar bersamaan, sementara kedua kaki menendang ke atas dan ke bawah secara bersamaan seperti gerakan sirip ekor ikan ataupun lumba-lumba. Udara dihembuskan dengan kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul ke permukaan air dan saat kepala berada dipermukaan air udara dihirup lewat mulut.

3. Renang Gaya Punggung

Renang Gaya Punggung
Gaya punggung (Back stroke) adalah gaya renang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan pada gaya punggung ini hampir sama dengan gaya bebas namun dengan posisi tubuh terlentang di permukaan air. Tekniknya : Kedua tangan digerakan secara bergantian menuju pinggang seperti gerakan mengayuh, mulut dan hidung berada di permukaan air sehingga mudah untuk mengambil dan membuang napas dengan mulut ataupun hidung.

4. Renang Gaya Dada

Renang Gaya Dada
Renang gaya dada atau gaya katak (Breaststroke) adalah gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, tapi berbeda dengan gaya bebas, tubuh selalu dalam keadaan tetap atau stabil dan kepala dapat berada dalam air dalam waktu lama. Tekniknya : Kedua kaki menendang ke arah keluar sementara kedua tangan diluruskan ke depan lalu kedua tangan dibuka kesamping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan renang ini seperti gerakan katak sedang berenang sehingga gaya ini disebut juga dengan gaya katak. Pernapasan dalam gaya renang ini dilakukan saat mulut berada pada permukaan air yaitu setelah satu kali atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentangĀ Macam-Macam Gaya Renang Beserta Penjelasan Dan Gambar Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca