Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati Susah Buang Air Kecil Secara Alami

Posted on

Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati Susah Buang Air Kecil Secara Alami – Urin (air kencing) adalah cairan sisa yang diekskresikan ginjal. Fungsi utamanya yaitu untuk membuang zat sisa seperti racun atau obat-obatan dari dalam tubuh. Jika urin tidak bisa dikeluarkan (susah buang air kecil), maka zat sisa atau racun tersebut akan mengendap dalam tubuh dan ada kemungkinan untuk menyebar.

Gelaja umum yang biasa dirasakan yaitu ketika keinginan kencing sudah tidak tertahan lagi namun kita membutuhkan waktu lama menunggu agar urin sampai keluar. Gelaja lain yang umum yaitu karena kita sering menaham kecing sehingga terjadi pembentukan batu prostat, juga menjadi langkah awal terjadinya gelaja radang saluran kencing atau kemih yang sudah terinfeksi. Kondisi ini perlu diwaspadai dan tidak boleh dibiarkan terlalu lama , karena dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi ke organ-organ tubuh lainnya.

Gejala Susah Buang Air Kecil

Susah buang air kecil (urin) dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada pria, hal yang dapat menyebabkan susah buang air kecil diantaranya pembesaran prostat jinak dan sumbatan batu. Sedangkan para wanita disebabkan karena adanya sumbatan batu dan infeksi saluran kencing. Faktor usiapun dapat memengaruhi tingkat resiko terjadinya susah buang air kecil yaitu semakin bertambahnya usia semakin tinggi resiko terjadinya susah buang air kecil. Bahkan ada yang menyatakan jika benturan dan obat-obatan dapat mengakibatkan susah buang air kecil karena bisa mengakibatkan kerusakan ginjal.

Berikut ini akan dijabarkan lebih lanjut gejala-gejala susah buang air kecil atau gejala awal terjadinya infeksi pada saluran kencing, namun kebanyak orang memiliki gejala yang tidak sama, antara lain:

  • Sakit dan nyeri menggigit di perut bagian bawah, di atas tulang kemaluan.
  • Terasa sakit di akhir kencing.
  • Anyang-anyangan atau rasa masih ingin kencing lagi. Meski sudah dicoba untuk berkemih namun tidak ada air kemih yang keluar.
  • Kondisi parah akan disertai demam.
  • Terlihat sedikit darah pada air seninya yang baunya sangat menyengat.

Penyebab Susah Buang Air Kecil

Berikut ini adalah bebrapa penyebab terjadinya susah buang air kecil, antara lain:

  • Pembengkakan Prostat
    Dengan bertambahnya usia seorang pria, maka kelenjar prostat dapat mengalami pembengkakan. Pembengkakan yang terjadi akan menekan saluran kecing. Akibatnya aliran urin tidak lancar dan dibutuhkan waktu lebih lama agar urin dapat bisa keluar.
    Sedangkan pada wanita infeksi yang terjadi pada saluran kencing menjadi salah satu penyebab terjadinya sulit buang air kecil.
  • Sistem syaraf terganggu
    Gangguan pada sistem syaraf akibat suatu penyakit, seperti stroke, kecelakan, diabetes, melahirkan, dan penyakit lainnya juga menjadi salah satu penyebab terjadinay susah buang air kecil.
  • Efek samping obat
    Beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang dapat mengganggu kinerja sistem tubuh lainnya, salah satunya seperti obat flu, dekongestan dan alergi memeiliki efek samping yang kurang baik bagi saluran kemih yang menyebabkan susah buang air kecil.
  • Operasi
    Jika menjalani pembedahan di daerah yang dekat dengan ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing, bisa jadi Anda akan mengalami susah buang air kecil. Pemberian obat bius juga bisa menyebabkan Anda mengalami susah buang air kecil setelah menjalani operasi.
  • Kondisi psikologis
    Kondisi psikis seseorang juga bisa menyebabkan hal tersebut. Salah satu kondisi psikis terkait hal ini adalah paruresis. Parauresis adalah kondisi ketika seseorang kesulitan buang air kecil karena merasa tidak nyaman dengan keberadaan orang lain.

Cara Pengobatan Susah Buang Air kecil

Pengobatan untuk penyakit ini adalah :

  • Makan banyak-banyak setiap hari lobak dan sawi sebagai sayuran
  • Makan sayur jagung muda
  • Minum air rebusan daun meniran
  • Makan bawang mentah yang dikupas lebih dahulu
  • Makan buah duku/langsep
  • Banyak minum air kelapa hijau
  • Jika sakit buang air kecil ini terlalu berat maka ambillah sesendok akar alang-alang yang dilembutkan. Rebuslah bahan itu dengan air 2 gelas dengan beberapa batang tang kwe dan biarkan airnya tinggal separo. Sesudah disaring diminum.

Itulah artikel yang diberikan tentang Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati Susah Buang Air Kecil Secara AlamiĀ . Semoga artikel ini bermanfaat, tetap jaga Kesehatan anda !