pengertian-akomodasi

Pengertian Akomodasi, Macam-Macam Bentuk dan Tujuan Akomodasi

Posted on

Mengetahui Pengertian Akomodasi, Macam-Macam Bentuk Akomodasi dan Tujuan Akomodasi Terlengkap

Pernahkah anda mendengar kata akomodasi? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, akomodasi memiliki arti sebagai sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan. Seperti contohnya tempat penginapan atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian. Pelayan bertugas untuk menyiapkan keperluan bagi para tamu yang datang dari luar daerah. Berikut ini merupakn pengertian tentang akomodasi, simak ulasan berikut ini .

Pengertian Akomodasi

Akomodasi marupakan suatu usaha yang dilakukan untuk tercapainya penyelesaian masalah oleh pihak-pihak yang bertikai dan mengarah pada suatu keadaan atau situasi selesainya pertikaian atau masalah tersebut.


Biasanya akomodasi diawali dari ebrbagai upaya dari pihak-pihak yang mempunyai pertikaian untuk saling mengurangi konflik yang terjadi dari masing-masing pihak supaya maslah yang terjadi segera selesai.

Macam-Macam Bentuk Akomodasi

Akomodasi memiliki beberapa macam bentuk, antara lain:

1. Coercion
Coercion merupakan bentuk akomodasi yang dilaksanakan dengan proses paksaan karena salah satu pihak berada pada posisi lemah.

2. Kompromi
Kompromi adalah bentuk akomodasi yang mana pihak yang bertikai mengurangi tuntutannya agar tercapai penyelesaian dari perselisihan yang ada.

3. Arbitrasi
Arbitrasi merupakan salah satu cara untuk mencapai kompromi jika pihak-pihak yang bertikai tidak mampu menghadapi sendiri. Arbitrasi dilakukan dengan menghadirkan pihak ketiga yang mendapat persetujuan kedua belah pihak.

4. Konsiliasi
Konsiliasi merupakan usaha yang dilakukan untuk mempertemukan pihak-pihak yang ebrtikai untuk emncari pemecahan masalah.

5. Toleransi
Toleransi merupakan bentuk akomodasi yanpa persetujuan, namun yang dibutuhkan hanya saling pengertian.

6. Stalemate
Stalemate merupakan bentuk akomodasi yang dimana pihak yang bertentangan berhenti pasa satu titik tertentu karena mempunyai kekuatan seimbang.

7. Ajudikasi
Ajudikasi merupakan proses penyelesaian masalah di pengadilan.

Tujuan Akomodasi

  1. Untuk mengurangi perbedaan paham yang ada antara kelompok-kelompok yang berbeda
  2. Untuk mencegah munculnya ledakan konflik yang dapat menjadi bibit peperangan.
  3. Untuk mempersatukan kelompok-kelompok yang terpisah
  4. Salah satu bentuk usaha terjadinya asimilasi atau tiap kelompok yang berbeda secara vertikal atau horizontal dapat berbaur dan saling memahami.

Demikian informasi yang diberikan tentang Pengertian Akomodasi, Macam-Macam Bentuk dan Tujuan Akomodasi.  Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda seputar ilmu pengetahuan.