pengertian-media

11 Pengertian Media Menurut Para Ahli, Unsur-Unsur dan Jenis-Jenis Media Terlengkap

Posted on

Mengetahui Pengertian Media Menurut Para Ahli, Unsur-Unsur dan Jenis-Jenis Media Terlengkap

Dari manakah anda mendapatkan sebuah informasi? Informasi yang anda dapatkan disebarkan oleh media. Lalu apa yang disebut dengan media?

Jika diartikan secara etimologi, media merupakan bentuk jamak dari “medium” yang berasal dari bahasa latin “Medius” yang memiliki arti tengah. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia “medium” memiliki arti “antara” atau “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media mengarah pada sesuatu yang mengantar atau meneruskan informasi antara sumber dan penerima pesan. Atau dapat diartikan sebagai bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi.

Pada awalnya istilah media dikenal dengan alat peraga, kemudian dikenal dengan istilah audio visual aids (alat bantu pandang/dengar). Lalu media dikenal dengan instructional materials (materi pembelajaran), hingga kini istilah media digunakan dalam dunia pendidikan nasional yaitu media pendidikan atau media pembelajaran.

Sedangkan dalam perkembangannya, saat ini muncul istilah e-Learning . “e” merupakan singkatan dari “eletronik” yang artinya sebagai media pembelajarn berupa alat elektronik.

Selain penjelasan diatas, berikut ini merupakan definisi Media menurut para ahli. Simak ulasan berikut ini

Pengertian Menurut Ahli

1. Menurut Cangara
Media merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

2. Menurut Sadiman
Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan kepada penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat perhatian siswa sedemikaian rupa sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan efisien dan sesuai dengan yang di harapkan.

3. Menurut Degeng
Media merupakan komponen strategi penyampaian yang dapat dimuati dengan pesan yang akan disampaikan kepada pembelajar yang dapat berupa alat, bahan dan orang.

4. Menurut Blake dan Horalsen
Media merupakan saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan antara pemberi pesan dengan penerima pesan.


5. Menurut Gerlach dan Ely
Media merupakan orang, material ataupun kejadian yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap baru, dalam pengertian meliputi buku, guru dan lingkungan sekolah.

6. Menurut Gagne
Media merupakan berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.

7. Menurut Syaiful Bahri Djamarah
Media merupakan alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.

8. Menurut Schram
Media merupakan teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

9. Menurut National Education Asociation (NEA)
Media merupakan sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.

10. Menurut Briggs
Media merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.

11. Menurut Miarso
Media merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa untuk belajar.

Unsur-Unsur Media

Unsur-unsur media meliputi

1. Orang
Orang merupakan yang menggunakan media, dalam pendidikan orang yang menjadi unsur dalam media adalah gurum orang tua, tenaga ahli dan sebagainya.

2. Bahan (materials)
Bahan atau material sering disebut dengan istilah perangkat lunak (software) yang terkandung pesan-pesan yang perlu di sajikan baik dengan alat penyaji atau tidak. Seperti Modul, Film bingkai, audio dan sebagainya.

3. Alat (Device)
Jika bahan merupakan software, alat merupakan hardware atau perangkat keras yang digunakan untuk menyajikan pesan, contohnya proyektor, film bingki, video tape, radio, tv dan sejenisnya.

4. Lingkungan (Setting)
Lingkungan merupakan tempat terjadinya proses penyaluran media, seperti gedung sekolah, kelas, perpusatakaan, dan lainnya.

5. Teknik
Teknik merupakan prosedur yang di siapkan untuk menggunakan alat, bahan, orang dan lingkungan dalam rangka menyajikan pesan. Contoh, teknik ceramah, diskusi, kuliah, teknik demonstrasi dan lainnya.

Jenis Media

Secara umum, media dibagi menjadi 3, yaitu media visual yaitu media yang dapat dilihat (contohnya Koran dan majalah), media audio yaitu mendia yang dapat didengar saja ( radio dan mp3), media audiovisual adalah media yang dapat dilihat dan didegarkan ( contohnya film dan video).

  • Media Visual
    Media visual merupakan media yang bisa di lihat, di baca dan di baca. Media visual mengandalkan indera penglihatan dan indera peraba. Jenis media visual sangat banyak dan mudah untuk ditemukan, seperti media foto, gambar, komik, majalah, buku, alat peraga dan banyak contoh lainnya.
  • Media Audio
    Media Audio merupakan media yang hanya bisa didengar saja. Contohnya suara, musik, lagu, siaran radio, kaset CD dan lainnya.
  • Media Audio Visual
    Media Audio Visual merupakan media yang secara bersamaan bisa didengar dan dilihat menggunakan indera penglihatan dan indera pendengaran, seperti contohnya, media drama, pementasan, Film, Televisi dan lainnya. Internet juga termasuk dalam bentuk media audio visual, tetapi lebih lengkap dan menyatukan semua jenis format media, disebut Multimedia karena berbagai format ada dalam internet.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Media Menurut Para Ahli, Unsur-Unsur dan Jenis-Jenis Media .  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.