Dongeng

Pengertian Dongeng, Ciri-Ciri, Jenis Dongeng Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Dongeng, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur Dongeng, Macam-Macam Jenis Dongeng Beserta Contohnya Lengkap – Apabila mendengar kata dongeng, pasti kalian akan teringat masa kecil dulu saat hendak tidur dibacakan dongeng oleh ibu, ayah, nenek atau yang lainnya. namun taukah kalian pengertian dongeng itu sendiri?apa saja ciri-ciri dongeng dan ada berapa macam jenis dongeng? Nah kali ini kita akan membahas tentang dongeng secara lengkap.

Pengertian Dongeng

Dongeng adalah bentuk karya sastra lama berupa suatu cerita yang bersifat khayalan atau ceritanya tidak benar-benar terjadi namun dipercaya benar-benar terjadi. Dongeng bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Unsur-Unsur Instrinsik dongeng yaitu tema, alur, penokohan, latar, amanat

Dongeng adalah cerita yang dikarang dan diceritakan secara berulang-ulang oleh banyak orang. Cerita dalam dongeng dapat dibuat karena terinspirasi dari suatu peristiwa. Dongeng ini merupakan warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan, walaupun cerita dalam dongeng masih perlu dipertanyakan namun dongeng dapat membangun karakter anak-anak untuk berimajinasi.

Ciri-Ciri Dongeng

Ciri-ciri dongeng diantaranya:

  • Diceritakan dengan menggunakan alur yang sederhana.
  • Alur ceritanya singkat dan cepat.
  • Tokoh yang ada dalam cerita tidak diceritakan secara detail.
  • Peristiwa yang ada dalam cerita kebanyakan bersifat fiktif atau khayalan.
  • Ditulis dengan gaya pencitraan secara lisan.
  • Lebih menekankan pada bagian isi atau peristiwa.

Jenis-Jenis Dongeng dan Contohnya

Berikut ini adalah macam-macam dongeng atau jenis-jenis dongeng, diantaranya:

Fabel

Fabel adalah cerita lama yang menokohkan binatang sebagai lambang pengajaran moral (biasa pula disebut sebagai cerita binatang). Contoh: Kancil dengan Buaya dan lain sebagainya.

Mitos

Mitos adalah cerita-cerita yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau hal yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib. Contoh: Nyai Roro Kidul dan lain sebagainya.

Legenda

Legenda adalah cerita lama yang mengisahkan tentang riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah. Contoh: Tangkuban Perahu,dan lain sebagainya.

Sage

Sage adalah cerita lama yang berhubungan dengan sejarah yang menceritakan tentang keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang. Contoh: Calon Arang dan lain sebagainya.

Parabel

Parabel adalah cerita rekaan yang menggambarkan sikap moral atau keagamaan dengan menggunakan ibarat atau perbandingan. Contoh: Kisah Para Nabi dan lain sebagainya.

Dongeng Jenaka

Dongeng jenaka adalah cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas atau cerdik dan masing-masing dilukiskan secara humor. Contoh: Lebai Malang, Pak Belalang, dan lain sebagainya.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Dongeng, Ciri-Ciri, Jenis Dongeng Beserta Contohnya Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.