Pengangguran

Pengangguran – Pengertian, Jenis-Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Pengangguran

Posted on

Pengertian, Jenis-Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Pengangguran – Anda pasti pernah mendengar istilah pengangguran, tapi apakah kalian tahu pengertian pengangguran itu sendiri dan apakah kalian tahu apa penyebab dan dampak pengangguran tersebut dalam masyarakat, serta apakah kalian tahu ada banyak jenis pengangguran. Nah kali ini kita kan membahas tentang pengertian pengangguran, faktor penyebab pengangguran, macam jenis pengangguran, dampak pengangguran dan cara mengatasi pengangguran.

Pengertian Pengangguran

Pengangguran atau tuna karya adalah istilah yang diberikan untuk orang yang sama sekali tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, bekerja kurang dari 2 hari dalam seminggu atau orang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Penyebab umum pengangguran yaitu karena jumlah angkatan kerja atau orang yang sedang mencari pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada. Pengangguran dapat mengakibatkan masalah dalam perekonomian, karena dengan adanya pengangguran maka produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga timbul masalah kemiskinan dan masalah sosial yang lainnya.

Jenis-Jenis Pengagguran

Berdasarkan Jam Kerja

Berdasarkan jam kerjanya, pengangguran di bagi menjadi 3 macam yaitu:

Pengangguran Terselubung
Pengangguran terselubung (disguised unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.

Pengangguran Setengah Menganggur
Pengangguran setengah menganggur (under unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.Pengangguran jenis ini masih dibedakan lagi menjadi:

  • Pengangguran terpaksa (involuntary) adalah seseorang yang bersedia bekerja untuk suatu pekerjaan tertentu dengan upah tertentu, tetapi sebenarnya pekerjaannya tidak ada.
  • Pengangguran sukarela (voluntary) adalah pengangguran yang disebabkan para pekerja tidak mau menerima suatu pekerjaan dengan upah yang berlaku di pasar atau pekerja rela melepas pekerjaannya dengan alasan mungkin memperoleh penghasilan dari harta kekayaan mereka seperti menyewakan rumah, kendaraan, dan menikmati warisan.
  • Pengangguran bruto adalah gabungan pengangguran terbuka dengan setengahnya pengangguran.

Pengangguran Terbuka
Pengangguran terbuka (open unemployment) adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha dengan maksimal.

Berdasarkan Penyebab Terjadinya

Berdasarkan penyebab terjadinya, pengangguran dibagi menjadi 9 macam yaitu:

Pengangguran friksional
Pengangguran friksional (frictional unemployment) adalah pengangguran yang disebabkan adanya kesulitan mempertemukan antara pihak yang membutuhkan tenaga kerja dengan pihak yang memiliki tenaga kerja (angkatan kerja).

Pengangguran struktural
Pengangguran struktural (Structural unemployment) adalah pengangguran yang disebabkan oleh penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja.

Pengangguran teknologi
Pengangguran teknologi (Technology unemployment) adalah pengangguran yang disebabkan perkembangan/pergantian teknologi. Perubahan ini dapat menyebabkan pekerja harus diganti untuk bisa menggunakan teknologi yang diterapkan.

Pengangguran kiknikal
Pengangguran kiknikal adalah pengangguran yang disebabkan kemunduran ekonomi yang menyebabkan perusahaan tidak mampu menampung semua pekerja yang ada. Contoh penyebabnya, karena adanya perusahaan lain sejenis yang beroperasi atau daya beli produk oleh masyarakat menurun.
Pengangguran musiman adalah pengangguran akibat siklus ekonomi yang berfluktuasi karena pergantian musim. Umumnya pada bidang pertanian dan perikanan. Contohnya adalah para petani dan nelayan.

Pengangguran setengah menganggur
Pengangguran setengah menganggur adalah pengangguran di saat pekerja yang hanya bekerja di bawah jam normal (sekitar 7-8 jam per hari).

Pengangguran keahlian
Pengangguran keahlian adalah pengangguran yang disebabkan karena tidak adanya lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keahlian. Contohnya adalah anak sekolah (siswa) atau mahasiswa.

Pengangguran total
Pengangguran total adalah pengangguran yang benar-benar tidak mendapat pekerjaan, karena tidak adanya lapangan kerja atau tidak adanya peluang untuk menciptakan lapangan kerja.

Pengangguran unik
Pengangguran unik adalah pekerja yang menerima gaji secara rutin tanpa pemotongan, tetapi di tempat kerjanya hanya sering diisi dengan bercerita sesama pekerja karena minimnya pekerjaan yang harus dikerjakan.

Berdasarkan Ciri-Cirinya

Berdasarkan ciri-cirinya, pengangguran dikelompokan sebagai berikut:

Pengangguran Terbuka
Pengangguran terbuka adalah pengangguran yang terjadi akibat lowongan pekerjaan memiliki jumlah yang rendah dan bertambahnya tenaga kerja.

Pengangguran Tersembunyi
Pengangguran tersembunyi adalah pengangguran yang terjadi akibat kelebihan tenaga kerja yang digunakan. Contohnya keluarga petani yang memiliki anggota banyak namun hanya mengolah tanah dengan luas tanah yang kecil.

Pengangguran Musiman
Pengangguran Musiman adalah pengangguran yang terjadi karena faktor iklim yang biasa terjadi pada sektor pertanian dan perikanan.

Pengangguran Menganggur
Pengangguran menganggur adalah pengangguran yang hanya bekerja 1-2 hari dalam seminggu atau 1-4 jam sehari.

Penyebab Penganggguran

Berikut ini merupakan penyebab terjadinya pengangguran:

  • Penduduk yang relatif banyak sedangkan lapangan kerja hanya sedikit
  • Pendidikan dan keterampilan rendah sehingga tidak mampu bersaing dan tersisih
  • Angkatan kerja tidak memenuhi syarat yang diminta oleh dunia kerja
  • Teknologi yang semakin modern belum berimbang dengan kemampuan
  • Adanya lapangan kerja yang dipengaruhi musim
  • Adanya ketidakstabilan perekonomian, politik dan juga keamanan suatu negara

Dampak Pengangguran

Berikut ini adalah dampak pengangguran:

  • Jumlah pengangguran yang tinggi akan berdampak buruk pada PDB
  • Jumlah tabungan negara menurun
  • Menurunnya daya beli masyarakat
  • Meningkatnya Biaya sosial
  • Meningkanya angka kemiskinan
  • Terjadinya kesenjangan sosial
  • Dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Pengangguran

Cara mengatasi pengangguran dapat dilakukan dengan cara

  • Pendidikan gratis bagi yang kurang mampu
  • Pemerintah harus Menyediakan kerja yang banyak
  • Pemerintah menyediakan tempat pelatihan-pelatihan misalnya pelatihan keterampilan
  • Menyediakan lembaga bantuan kredit atau memberikan kredit bagi masyarakat yang kurang mampu
  • Memberikan pembelajaran
  • Memindahkan penganggur ke wilayah yang kurang persaingan kerjanya
  • Mendatangkan investor
  • Dan lain sebagainya

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengangguran – Pengertian, Jenis-Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Pengangguran┬áSemoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.