Prosa

Pengertian Prosa, Jenis- Jenis dan Contoh Prosa Terlengkap

Posted on

Pengertian Prosa, Jenis- Jenis dan Contoh Prosa Terlengkap Prosa adalah karya sastra yang berbentuk karangan bebas. Prosa bersifat bebas berarti Prosa tidak terikat dengan aturan -aturan tulisan seperti diksi, rima, irama ataupun yang lainnya. Prosa memiliki makna kata denotative atau memiliki makna yang sebenarnya. Kalaupun ada kata kiasan, hal tersebut hanya sebagai oranamen untuk memperindah atau menekan tulisan dalam prosa. kita mengenal 4 jenis prosa yaitu prosa naratif, prosa deskriptif, prosa eksposisi dan prosa argumentasi. Namun berdasarkan jamannya, prosa dibedakan menjadi 2 yaitu Prosa lama dan Prosa Baru.

Jenis-Jenis Prosa

Prosa Lama

Prosa Lama adalah bentuk karya sastra yang belum dipengaruhi oleh kebudayaan barat. Prosa lama ini mulanya disampaikan secara lisan karena saat itu belum mengenal tulisan. Setelah agama dan kebudayaan islam masuk ke Indonesia, masyarakat mulai mengenal tulisan. Berikut ini adalah bentuk-bentuk prosa lama :

Hikayat
Hikayat adalah karya fiktif ayang tidak masuk akal yang menceritakan tentang kehidupan para peri, pangeran, putri kerajaan, dewiserta raja-raja yang memiliki kekuatan gaib yang luar biasa. Contoh hikayat antara lain Hikayat Hang Jebat, Hikayat Raja Bijak dan lain sebagainya.

Sejarah
Sejarah (Tambo) adalah bentuk prosa lama yang berisi tentang cerita yang diambil dari peristiwa sejarah. Cerita dalam sejarah dapat dibuktikan dengan fakta. Selain berisikan peristiwa sejarah, sejarah juga berisi tentang silsilah raja. Contoh sejarah antara lain: Sejarah Melayu karya datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis tahun 1612.

Kisah
Kisah adalah cerita tentang perrjalan atau pelayaran seseorang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Contoh kisah antara lain : Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan dan Kisah Abdullah ke Jedah.

Dongeng
Dongeng adalah suatu cerita yang bersifat khayalan. Dongeng sendiri memiliki banyak ragam, diantaranya:

  • Fabel adalah cerita lama yang menokohkan binatang sebagai lambang pengajaran moral (biasa pula disebut sebagai cerita binatang). Contoh: Kancil dengan Buaya dan lain sebagainya.
  • Mitos adalah cerita-cerita yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau hal yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib. Contoh: Nyai Roro Kidul┬ádan lain sebagainya.
  • Legenda adalah cerita lama yang mengisahkan tentang riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah. Contoh: Tangkuban Perahu,dan lain sebagainya.
  • Sage adalah cerita lama yang berhubungan dengan sejarah yang menceritakan tentang keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang. Contoh: Calon Arang dan lain sebagainya.
  • Parabel adalah cerita rekaan yang menggambarkan sikap moral atau keagamaan dengan menggunakan ibarat atau perbandingan. Contoh: Kisah Para Nabi dan lain sebagainya.
  • Dongeng jenaka adalah cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas atau cerdik dan masing-masing dilukiskan secara humor. Contoh: Lebai Malang, Pak Belalang, dan lain sebagainya.

Cerita Berbingkai
Cerita berbingkai adalah cerita yang didalamnya terdapatr cerita lagi yang dibicarakan oleh tokoh-tokohnya. Contoh cerita berbingkai antara lain seribu satu malam.

Prosa Baru

Prosa baru adalah karangan prosa yang muncul setelahmenda[pat pengaruh dari sastra atau budaya barat. Berikut ini adalah bentuk-bentuk prosa baru:

Roman
Roman adalah bentuk prosa baru yang menceritakan kehidupan pelaku utama dalam suka dukanya. Roman ini menceritakan tentang kehidupan pemeran utamanya dari anak-anak hingga dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia. Berdasarkan kandungan isinya, roman dibagi menjadi beberapa macam yaitu roman trasendensi, sosial, sejarah, psikologis, dan detektif. Berikut ini adalah contoh roman: Layar Terkembang oleh Sutan Takdir Alisyahbana, Neraka Dunia oleh Adinegoro, Surapati oleh Abdul Muis, Belenggu oleh Armijn Pane, Kasih Tak Terlerai oleh Suman HS dan lain sebagainya.

Novel
Novel adalah bentuk prosa baru yang melukiskan sebagian kehidupan pelaku utamanya yang terpenting, paling menarik, dan yang mengandung konflik. Contoh novel antara lain: Ave Maria oleh Idrus, Perburuan oleh Pramoedya Ananta Toer, Ziarah oleh Iwan Simatupang, Surabaya oleh Idrus dan masih banyak yang lainnya.

Cerpen
Cerpen adalah bentuk prosa baru yang menceritakan sebagian kecil kehidupa tokohnya yang terpentingt dan paling menarik. contoh cerpen antara lain: Radio Masyarakat oleh Rosihan Anwar, Bola Lampu oleh Asrul Sani, dan lain sebagainya.

Riwayat
Riwayat atau Biografi adalah bentuk prosa yang berisikan pengalaman hidup pengarang sendiri (autobiografi) atau pengalaman hidup orang lain dari kecil hingga dewasa bahkan sampai meninggal dunia. Contoh riwayat antara lain Ki Hajar Dewantara, Soeharto Anak Desa dan masih banyak yang lainnya.

Kritik
Kritik adalah karya yang menguraikan pertimbangan baik-buruk suatu hasil karya dengan memberikan alasan tentang isi dan bentuk dengan kriteria yang bersifat objektif dan menghakimi.

Resensi
Resensi adalah pembicaraan, pertimbangan atau ulasan suatu karya sastra.

Esai
Esai adalah ulasan atau kupasan suatu masalah secara sepintas berdasarkan pandangan pribadi penulis.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Prosa, Jenis- Jenis dan Contoh Prosa Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.