Disiplin

8 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Tujuan dan Macam-Macam Disiplin Terlengkap

Posted on

8 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Tujuan dan Macam-Macam Disiplin Terlengkap –  Disiplin adalah perasaan taat dan patuh pada nilai yang dipercaya yang menjadi tanggung jawabnya. Disiplin adalah kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendislipinan adalah usaha yang dilakukan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan agar subjek menaati sebuah peraturan.

Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang artinya belajar. Dari kata tersebut, kemudian timbul kata Disciplina yang artinya pengajaran atau pelatihan. Disiplin juga berasal dari bahasa inggris yaitu Disciple yang artinya pengikut atau murid.

Membahas tentang disiplin kali ini kita akan membahas tentang pengertian disiplin menurut para ahli, macam macam disiplin atau jenis jenis displin dan tujuan disiplin.

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

Flippo (dalam Atmodiwirjo, 2000)

Menurutnya, Disiplin adalah setiap usaha mengkooordinasikan perilaku seseorang ada masa yang akan datang dengan menggunakan hukum dan ganjaran.

Atmosudirjo (dalam Atmodiwirjo, 2000)

Menurutnya, disiplin sebagai bentuk ketaatan dan pengendalian diri erat hubungannya rasionalisme, sadar, tidak emosional. Pendapat ini mengilustrasikan bahwa displin sebagai suatu bentuk kepatuhan terhadap aturan melalui pengendalian diri yang dilakukan melalui pertimbangan yang rasional.

Depdiknas (2001)

Menurut Depdiknas, Disiplin atau tetib adalah suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu. Menurut pandangan ini displin sebagian suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu. Menurut pandangan ini disiplin sebagia sikap yang taat terhadap sesuatu aturan yang menjadi kesepakatan atau telah menjadi ketentuan.

Fathoni (2006)

Menurutnya, kedisiplinan dapat diartikan bila mana pegawai selalu datang dan pulang pada tepat waktu yang ditentukan oleh kepala manejer, pimpinan dari masing-masing instansi.

Hasibuan (2002)

Menurutnya, disiplin adalah suatu sikap menghormati dan menghargai suatu peraturan yang berlaku,baik secara tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak menolak untuk menerima sanksi-sanksi apabila dia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

Rachman

Menurutnya, Disiplin adalah upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya.

Zainal (2009:2)

Menurutnya, Disiplin adalah satu aspek kehidupan yang mesti wujud dalam masyarakat. Oleh itu ia hendaklah mendapat perhatian berat dari semua pihak sama ada di sekolah atau di luar sekolah.

Sanjaya (2005:9)

Menurutnya, Disiplin belajar adalah hal yang sangatlah diperlukan bagi setiap siswa, dengan adanya disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah tercapai.

Tujuan Disiplin

Menurut Ellen G White, disiplin memiliki tujuan yaitu:

  • Pemerintahan atas diri
  • Menaklukan kuasa kemauan
  • Perbaiki kebiasan-kebiasaan
  • Hancurkan benteng setan
  • Mengajarkan menghormati orang tua dan ilahi
  • Penurutan atas dasar prinsip.

Menurut Emile Durkheim, disiplin memiliki tujuan ganda yaitu:

  • Mengembangkan suatu keteraturan dalam tindak tanduk manusia.
  • Memberikan sasaran tertentu sekaligus membatasi cakralawa.

Macam-Macam Kedisiplinan

Disiplin Waktu
Disiplin waktu maksudnya dapat menggunakan dan membagi waktu dengan baik.

Disiplin Dalam Beribadah
Disiplin dalam beribadah maksudnya beribadah dengan peraturan-peraturan didalamnya.

Disiplin Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Disiplin dalam berbangsa dan bernegara merupakan hal yang akan menentukan proses pencapaian tujuan pendidikan.

Disiplin Dalam Bersikap
Disiplin dalam bersikap berarti disiplin dalam mengontrol perbuatan sendiri untuk menata perilaku orang lain.

Disiplin Dalam Menegakkan dan Menaati peraturan
Disiplin dalam hal ini sangat berpengaruh pada kewibawaan, model pemberian sanksi diskriminatif harus ditinggalkan.

Demikian artikel pembahasan tentang”8 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Tujuan dan Macam-Macam Disiplin Terlengkap“, semoga bermanfaat