Sistem Informasi Akuntans

13 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi, Tujuan, Fungsi dan Manfaat Sistem Informasi Akuntansi Terlengkap

Posted on

13 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Komponen dan Manfaat Sistem Informasi Akuntansi Terlengkap Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu mengenai akuntansi. Sistem informasi Akuntansi (SIA) sistem informasi berbasis komputerisasi yang mengolah data keuangan yang berhubungan dengan data transaksi dalam siklus akuntasi dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan pada menagement perusahaan.

Membahas tentang sistem informasi akuntansi, kali ini kita akan membahas tentang pengertian sistem informasi akuntansi menurut para ahli, fungsi sistem informasi akuntansi dan manfaat sistem informasi akuntansi, tujuan sistem informasi akuntasi serta komponen sistem informasi akuntansi.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Romney & Steinbart (2006)

Menurut Romney & Steinbart, Sistem informasi akuntasi merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan juga memproses data menjadi informasi yang berguna dalam membantu proses pengambilan keputusan.

Jogiyanto

Menurutnya, Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah bentuk sistem informasi yang data transaksi bisnisnya dirubah menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pengguna atau pemakainya.

Wilkinson dan Cerullo

Menurut Wilkinson dan Cerullo, sistem informasi akuntansi merupakan struktur yang menyatu dalam suatu entitas yang menggunakan sumber daya fisik dan komponen lain, untuk merubah data transaksi keuangan/akuntansi menjadi informasi akuntansi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dari para pengguna atau pemakainya (users).

Wilkinson (1990)

Menurutnya, Sistem informasi akuntansi adalah merupakan sistem informasi formal, memiliki tujuan (kegunaan), tahap, tugas, pengguna, dan sumber daya dan mencakup ke seluruh kegiatan perusahaan dalam penyediaan informasi bagi semua pengguna di perusahaan tersebut.

George H. Bodnar dan William S. Hopwood

Menurut George H. Bodnar dan William S. Hopwood, sistem informasi akuntansi adalah Kumpulan sumber daya, seperti: manusia dan peralatan yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi akuntansi. Informasi ini dikomunikasikan kepada para penggunanya untuk berbagai pengambilan keputusan. (diterjemahkan oleh Jusuf A.A.)

Mulyadi

Menurutnya, Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Niswonger, Fess & Warren

Menurut Niswonger, Fess & Warren, Sistem akuntansi adalah suatu sarana bagi manajemen perusahaan guna mendapatkan informasi yang akan digunakan untuk mengelola perusahaan dan untuk menyusun laporan keuangan bagi pemilik, kreditor, dan pihak lain yang berkepentingan. (diterjemahkan oleh Ruswinarto, H.)

Badriawan

Menurutnya, Sistem akuntansi terdiri dari formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai suatu mengenai usaha suatu kesalahan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang diperlukan oleh manejemen untuk mengawasi usaha-usahanya dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditur, dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menilai hasil operasi.

Wilkinson (1991)

Menurutnya, Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu rerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Bodnar & Hopwood (2010)

Menurutnya, sistem informasi akuntansi merupakan suatu kumpulan dari berbagai macam sumber daya, seperti manusia dan juga peralatan yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan juga data lainnya menjadi sebuah informasi yang berguna bagi user dan penggunanya.

Widjajanto (2001)

Menurutnya, sistem informasi akuntansi adalah susunan dari berbagai dokumen, alat komunikasi, tenaga pelaksana, dan berbagai laporan yang didesain untuk mentransformasikan data keuangan dari sebuah perusahaan atau organisasi menjadi informasi keuangan yang berguna dan bermanfaat.

Mulyadi (2008)

Menurutnya, sistem informasi akuntasi merupakan suatu bentuk sistem informasi yang memiliki tujuan untuk menyediakan informasi bagi pengelola kegiatan usaha, memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada sebelumnya, memperbaiki pengendalian akuntasi dan juga pengecekan internal, serta membantu memperbaiki biaya klerikal dalam pemeliharaan catatan akuntansi.

Jones & Rama (2006)

Menurut Jones & Rama, sistem informasi akuntansi atau SIA merupakan sebuah subsitem dari sistem informasi manajemen, dimana subsistem tersebut menyediakan informasi akuntansi dan keuangan, bersamaan dengan informasi lainnya dalam proses transaksi akuntansi yang rutin.

Tujuan Sistem Informasi Akuntasi

Tujuan sistem informasi akuntansi antara lain yaitu:

  • Untuk mengolah dan menyimpan data seluruh transaksi keuangan
  • Untuk memproses data keuangan menjadi informasi dalam pengambilan keputusan manajemen tentang perencanaan dan pengendalian usaha.
  • Untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas keuangan perusahaan
  • Untuk mengefisisensi biaya dan waktu kinerja keuangan.
  • Untuk menyajikan data keuangan yang akurat dan sistematis.

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

Fungsi Sistem informasi akuntansi dalam sebuah organisasi, antara lain:

  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas & transaksi.
  • Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan
  • Melakukan pengawasan atau kontrol yang tepat pada aset organisasi.

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Manfaat sistem informasi akuntansi, antara lain:

  • Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu.
  • Meningkatkan efisiensi kerja bagian keuangan
  • Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
  • Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya prosuk dan jasa yang dihasilkan
  • Meningkatkan sharing knowledge

Komponen Sistem Informasi Akuntansi

Berikut ini adalah komponen-komponen dari sistem informasi akuntansi:

  • Manusia, ¬†pelaku yang menjalankan sistem
  • Transaksi , ¬†objek dari sistem informasi akuntansi sebagai masukan, lalu diproses sehingga menghasilkan informasi
  • Prosedur, langkah-langkah yang harus ditempuh dalam melakukan transaksi atau kegiatan perusahaan.
  • Dokumen, formulir yang digunakan sebagai sarana pencatatan pada saat transaksi
  • Peralatan, suatu alat atau sarana yang digunakan dalam melakukan pencatatan pada sistem informasi yang bersangkutan.

Demikian artikel pembahasan tentang”13 Pengertian Sistem Informasi Akuntansi, Tujuan, Fungsi dan Manfaat Sistem Informasi Akuntansi Terlengkap“, semoga bermanfaat.