konsep-pamasaran

6 (Enam) Konsep dan Tujuan Pemasaran Serta Penjelasan Terlengkap

Posted on

Pengertian Konsep dan Strategi Pemasan Lengkap dengan Penjelasan dan Tujuannya

Konsep pemasaran merupakan suatu konsep dan cara dasar yang diterapkan dalam melakukan stategi manajemen pamasaran produk atau jasa pada sebuah organisasi ataupun perusahaan. Terdapat pula pendapat lainnya mengatakan bahwa konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

konsep marketing mencakup 6 hal antara lain konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

Sebelum kita mengetahui tentang penjelasan konsep marketing, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran merupakan pendekatan pokok yang digunakna oleh unit bisnis di dalam mencapai sasaran yang ada di dalamnya tercantum keputusan-keputusan menegani target pasar, penempatan produk, bauran pemasaran serta tingkat biaya pemasaran yang diperlukan.

Konsep Pemasaran

Berikut ini merupakan penjelasan konsep-konsep dari pemasaran, Antara lain:

1. Konsep Produksi
Konsep produksi merupakan konsep bagaimana konsumen dapat menyukai produk yang telah kita produksi yang tersedia dimana mana dengan harga murah. KOnsep produksi berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Dalam konsep ini manajemen bertugas memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

2. Konsep Produk
Dalam konsep produk konsumen akan lebih menyukai produk yang menawarkan mutu, performa dan ciri-ciri yang baik. Fungsi manajemen dalam konsep ini yaitu bertugas membuat produk yang berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk dengan kualitas tinggi dari segi penampilan dan ciri-cirinya.

3. Konsep Penjualan
Dalam konsep penjualan menjadikan konsumen dengan dibiarkan begitu saja, sedangakna organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif. Hal ini dilakukan agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan.

4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran bertujuan untuk mencapau tujuan organisasi yang terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan para pesaingnya.

5. Konsep Pemasaran Sosial
Konsep pemasaran sosial merupakan tugas dari organisasi yang menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan menggunakna cara yang lebih efisien dan efektif dari pesaingnya serta tetap meningkatkan kesejahteraan konsumen.

6. Konsep Pemasaran Global
Konsep pemasaran global bertujuan agar manajer eksekutif memahami semua faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasan melalui manajemen strategis yang mantap yang berfungsi dalam upaya memenuhi keinginan semua pihak yang etrlibat dalam perusahaan.

Demi tercapainya penyusunan konsep pemasaran berjalan dengan efektif, dalam penerapan konsep-konsep pemasaran diatas, ada baiknya mengandung 3 elemen penting, yaitu Berorientasi pada konsumen, Menyusun kegiatan pemasaran secara integral dan memperhatikan kepuasan konsumen.

Demikian artikel yang diberikan tentang 6 (Enam) Konsep dan Tujuan Pemasaran Serta Penjelasan Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..