amplop-1

Tips dan Contoh Menulis Amplop Surat Lamaran Kerja yang Benar

Posted on

Cari Tahu Tips dan Contoh Menulis Amplop Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Setelah kita bahas mengenai tips menulis surat lamaran kerja pada artikel sebelumnya, kali ini penulis akan membahas seputar tips menulis alamat pada Amplop Lamaran kerja.

Sebagian orang menganggap menulis alamat pada amplop lamaran tidak terlalu penting. Sebaiknya pikiran tersebut segera anda hilangkan, karena fungsi dari amplop selain menjadi pelindung surat dan dokumen lamaran kerja, amplop juga berperan secara formal sebagai sampul sekaligus etitude anda dalam menghormati instansi atau perusahaan yang anda lamar. Jika dilihat dari peran dari fungsinya ternyata penulisan nama dan alamat dalam amplop memeiliki fungsi yang cukup penting karena menjadi penilaian dasar pihak perusahaan pada anda.

Lalu bagaimana cara menulis alamat pada amplop surat lamaran kerja? Kali ini kita akan mengetahui bersama bagaimana cara penulisan alamat pada amplop dengan benar. Sebagai pelamar kerja kita tidak boleh mengabaikan desain atau kemasan dari amplop lamaran, yaitu tata letak dan cara penulisanya. Mungkin banyak pelamar kerja yang tidak peduli akan hal ini, tapi sebagai calon pekerja yang baik alangkah bijaknya jika dari awal kita melamar sudah memberikan kesan yang baik pada pihak perusahaan.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kita akan menulis alamat pada amplop lamaran kerja. Tulisan yang baik dan rapi akan memberikan kesan dan nilai tambahan bahwa kita adalah tipe calon pekerja yang cermat dan rapi. Lalu bagaimanakan cara menulis alamat pada amplop surat lamaran kerja yang baik, perhatikan beberapa hal berikut ini.


Cara Menulis Alamat pada Amplop Lamaran

amplop-1

  • Rapi dan Bersih
    Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu penulisan alamat dengan rapi dan bersih tanpa terdapat coretan atau amplop terlihat lusuh. Amplop yang lusuh serta tulisan yang kotor akan mewakiliki bagaimana karakter kita sebagai pelamar. Hal tersebut tentunya akan memberi kesan negatif bagi perusahaan. Untuk itu usahakan tulisan terlihat rapi dan bersih.
  • Tulis Identitas Lengkap
    Hal kedua yang diperhatikan yaitu menulis identitas diri kita secara lengkap, terdiri dari nama lengkap ditambah gelar jika ada, alamat lengkap dari rt hingga kabupaten atau kota dilengkapi kode pos, dan selanjutnya adalah nomor kontak yaitu handphone / telp dan alamat email jika ada. Usahakan hanya pada awal saja yang menggunakan huruf kapital, seperti contoh:

Nama : Fariza Ulfa        bukan NAMA : FARIZA ULFA
Alamat : Pringsewu……., bukan ALAMAT : PRINGSEWU,……

  • Menulis Kode atau Nama Jabatan
    Menulis kode jabatan yang ingin dilamar menggunakan huruf kapital untuk menegaskan posisi yang ingin anda lamar.
  • Tujuan Surat
    Tujuan surat ditulis dengan lengkap dengan betnuk memanjang sehingga berbentuk segi panjang. Penulisan tujuan surat terletak pada tepi kanan bawah bagian amplop. Pada penulisan tujuan surat bisa ditulis dengan huruf kapital namun harus dengan rapi.

Contoh Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Yang Baik

amplop-2
Contoh I penulisan alamat amplop lamaran kerja
amplop-3
Contoh II penulisan alamat amplop lamaran kerja

Itulah Tips dan Contoh Menulis Amplop Surat Lamaran Kerja yang Benar semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..