rumus-perhitungan

Rumus Perhitungan, Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian, Perkalian di Excel Dan Contohnya

Posted on

Rumus Perhitungan, Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian, Perkalian di Excel Dan Contohnya Terlengkap

Hal dasar yang harus kita kuasi dalam belajar excel adalah mengetahui operasi perhitungan matematika, seperti operasi hiutng penjumlahan, pengurangan, perkasilan atau pembagian. Kali ini pelajaransekolahonline akan membahas tentang rumus operasi perhitungan dalam excel.

Dalam excel, tidak menyediakan fungsi khusus untuk melakukan pengurangan, perkalian dan pembagian, hal tersebtu berbeda dengan penjumlahan. Pada penjumlahan terdapat bebrapa fungsi khusus yang digunakan, seperti fungsi SUM, SUMIF, SUMIFS dan lainnya. Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Penjumlahan.

Cara dasar yang digunakan untuk melakukan penjumlah pada excel yaitu dengan menggunakan oprator plus (+). Cara penulisannya yang digunakan juga sama seperti pada umumnya.

Cara kedua untuk melakukan penjumlahan pada excel jika ingin menjumlahkan angka-angka di dalam cel masing-masing menggunakan operator plus (+), Contoh menghitung pada cell A2 sampai A7 maka rumus yang digunakan yaitu =A2+A3+A4+A4+A5+A6 lalu di enter.

Cara ketiga utnuk melakukan penjumlahan dengan menggunakan fungsi SUM. Cara ini lebih sering digunakan karena lebih efisisen dan lebih simple. Selain fungsi SUM, excel juga menyediakna beberapa fungsi lain yang digunakan utnuk penjumlahan seperti fungsi SUMIF, SUMIFS, SUNTOTAL, COUNT, COUNTA dan lainnya

Perhatikan contoh berikut ini.

excel-penjumlahan

Pengurangan.

Untuk melakukan pengurangan dalam excel menggunakan operator minus (-) karena excel tidak memberikan fungsi khusus seperti pada penjumlahan. Cara penulisan yang dilakukan yaitu seperti menuliskan soal pengurangan pada umumnya, hanya saja untuk menuliskan rumus excel selalu diberi tanda sama dengan (=). Sedangkan untuk melakukan pengurangan angka didalam cell tertentu sebelumnya kita harus mengaktifkan cel yang akan dihitung.

Perhatikan contoh berikut ini:

excel-pengurangan

Perkalian.

Untuk melakukan perkalian dalma excel digunakan operator asterik atau tanda bintang (*), kita juga bisa melakukan perkalian dengan menggunakn fungsi PRODUCT.

Perhatikan contoh berikut ini:

excel-perkalian

Pembagian.

Untuk melakukan pembagian dalam excel menggunakan operator slash taua tanda miring (/). Cara penulisan yang digunakna juga sama dengan rumus-rumus sebelumnya.

Perhatikan Contoh Berikut ini :

pembagian

Demikian artikel yang diberikan tentang Rumus Perhitungan, Penjumlahan, Pengurangan, Pembagian, Perkalian di Excel  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..