56c

Perbedaan Percepatan Dan Perlajuan Lengkap Dengan Rumus Dan Contohnya

Posted on

Sebuah benda yang sedang bergerak terkadang mengubah kecepatannya. sehingga dikatakan benda tersebut dipercepat atau diperlambat. Karena yang berubah adalah kecepatan benda yang termasuk besaran vektor, maka percepatan juga haras merapakan besaran vektor. Percepatan bertanda positif jika kecepatan benda bertambah, dan negatif (disebut juga perlambatan) jika kecepatan benda berkurang.

Percepatan (a) yang dalam bahasa Inggrisnya adalah acceleration didefinisikan sebagai perabahan kecepatan dibagi dengan perabahan waktu.

56c

dengan α adalah percepatan rata-rata dari sebuah benda yang sedang bergerak dalam interval waktu t2 – t1 = ∆t, sedangkan v2 dan v1 adalah kecepatan sesaat benda pada t = t1 dan t=t2Perhatikan contoh gerakan sebuah mobil berikut ini. Kecepatan mobil ber¬ubah dari 4,00 m/s menjadi 20 m/s dalam waktu 8,00 sekon setelah pengemudi menginjak pedal gas. Kecepatan sesaat mobil tersebut sebagai fungsi waktu digambarkan dalam grafik pada Gambar 2.9.


56a

Percepatan mobil dapat kita hitung dari dua titik sembarang, misalnya titik A dan titik B. Dari Persamaan (2.5) diperoleh

56

perhatikan contoh berikut

68

Percepatan merupakan besaran vektor, sehingga untuk menyatakannya kita harus  menyebutkan arahnya. Jika arah tidak disebutkan, maka yang ] maksudkan adalah perlajuan, yaitu nilai dari percepatan. Karena itu, perlaju merupakan besaran skalar. Perlajuan didefinisikan sebagai

58

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Perbedaan Percepatan Dan Perlajuan Lengkap Dengan Rumus Dan Contohnya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: