62a

Pengertian, Rumus Dan Contoh Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Posted on

Yang dimaksud dengan gerak lurus adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus. Contoh gerak lurus adalah gerak mobil di jalan tol yang lurus dan gerak kereta api. Pada umumnya, jalan tol dan rel kereta api relatif lurus, sehingga gerak mobil dan kereta api bisa dianggap sebagai gerak lurus. Gerak lurus beraturan adalah gerakan benda yang lintasannya lurus dan kecepatannya tetap. Berarti, sebuah benda yang bergerak lurus beraturan menempuh jarak yang sama untuk selang waktu yang sama. Misalnya, jika tiga sekon pertama menempuh jarak 15 m, maka tiga sekon berikutnya juga menempuh jarak 15 m.

Dalam kehidupan sehari-hari, jarang kita jumpai contoh dari benda yang bergerak lurus beraturan dalam jangka waktu yang relatif lama. Misalnya, sebuah mobil yang sedang bergerak dengan kelajuan 80 km/jam terpaksa harus mengurangi kelajuannya ketika di depannya ada mobil lain. Atau, mobil tersebut harus menambah kelajuannya ketika akan mendahului mobil lain di depannya. Dengan demikian, kelajuan mobil tidak selamanya tetap, tetapi berubah-ubah. Namun demikian, untuk selang waktu tertentu, kelajuan mobil tersebut bisa dikatakan tetap, sehingga dikatakan mobil bergerak lurus beraturan.

Bagaimanakah percepatan sebuah benda yang sedang bergerak lurus beraturan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita ingat kembali definisi dari percepatan: α = ∆v/∆t

Karena pada gerak lurus beraturan berlaku kelajuan atau kecepatan tetap, maka perubahan kecepatan sama dengan nol, sehingga α = ∆v/∆t = 0

Jadi, pada gerak lurus beraturan, percepatan benda a = 0.

Pada bagian berikut ini kita akan membahas gerak lurus beraturan dengan grafik. Sebagai studi kasus, kita pilih data dari gerak sebuah benda yang bergerak lurus beraturan berikut ini. Kita akan membuat grafik jarak versus waktu dari gerak lurus beraturan.


62a

Jika kita plot grafik dari data jarak dan waktu tersebut pada koordir kartesius, dengan jarak pada sumbu vertikal dan waktu pada sumbu horizon tal, akan kita dapatkan grafik seperti pada Gambar 2.10. Dari grafik jara terhadap waktu dapat kita peroleh informasi tentang kecepatan benda\ berdasarkan rumus

V =  ∆s/∆t = kemiringan garis

Kemiringan garis dari grafik tersebut sama dengan 10 m/s, yang berarti kecepatan benda adalah 10 m/s.

62b

Bagaimanakah bentuk grafik kecepatan versus waktu untuk gerak lurus beraturan? Karena kecepatan benda konstan, maka grafik v-t untuk gerak lurus beraturan berupa garis mendatar (kemiringan = 0 = a).

63a

Dari grafik di samping terlihat bahwa kecepatan benda B lebih besar daripada kecepatan benda A, walaupun percepatan keduanya sama, yaitu sama dengan nol.

63b

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Rumus Dan Contoh Gerak Lurus Beraturan (GLB). Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: