iman kepada malaikat allah

10 Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui Beserta Tugas Dan Dalil nya

Posted on

Jumlah malaikat cukup banyak, bahkan mencapai bilangan jutaan, tetapi yang wajib diketahui dan diimani ada 10 (sepuluh) malaikat, yaitu sebagai berikut.

iman kepada malaikat allah

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril adalah penghulu dari para malaikat yang bertugas sebagai perantara untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi atau rasul dengan kehendak Allah swt.

Firman Allah swt. Surah Maryam Ayat 64.

maryam 64

Artinya : “Dan tidaklah kami (jibril) turun, kecuali denga perintah Tuhanmu, Kepunyaan-Nya lah apa-apa yang ada dihadapan kita, apa-apa yang dibelakng kuta, dan apa-apa yang ada di antara keduany adan tidaklah Tuhanmu lupa”(QS Mawyam:64)

Firman Allah swt. dalam Surah Al Mukmin Ayat 15.

al mu'min 15

Artinya: ” (Dialah) yang Maha tinggi derajat- Nya, yang mempunyai Arsy, yang emngutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba Nya supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat).” (QS al Mukmin: 15)

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail berfungsi sebagai utusan Allah yang bertugas memberi kemudahan atau rezek: kepada seluruh makhluk Allah swt. khususnya manusia. Selain itu, Malaikat Mikail senantiasa mendampingi Malaikat Jibril melaksanakan tugas-tugasnya antara lain sebagai berikut.

  1. Sewaktu Jibril membedah dada Nabi Muhammad saw., Malaikat Mikaillah yang mengambilkar. air zamzam untuk mencuci hati Nabi Muhammad saw.
  2. Mendampingi Malaikat Jibril mengantarkan Nabi Muhammad saw. pada saat peristiwa Isra Mikraj.

3. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail berfungsi sebagai utusan Allah yang bertugas mencabut ruh (nyawa) semua makhluk, termasuk nyawa para malaikat itu sendiri. Itulah sebabnya Malaikat Izrail mempunyai nama lain yaitu “Malaikat Maut”.

4. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil berfungsi sebagai utusan Tuhan yang bertugas meniup sangkakala pada saat menjelang hari kiamat dan menjelang manusia dibangkitkan.

5. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib sebagai utusan Allah bertugas mencatat atau membukukan segala ucapan dan amal perbuatan baik manusia sekecil apa pun.

6. Malaikat Atid

Malaikat Atid sebagai utusan Allah bertugas mencatat atau membukukan segala ucapan dan amal perbuatan jahat manusia sekecil apa pun.


Firman Allah swt. Surah Qaf Ayat 18.

qaf 18

Artinya:“Tiada satu ucapan pun pang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS Qaf: 18).

7. Malaikat Munkar

8. Malaikat Nakir

Kedua malaikat tersebut berfungsi sebagai utusan Allah yang memiliki tugas mengadili dan menanyakan apa yang telah dilakukan atau diperbuat makhluk manusia pada masa hidup di dunia. Hal ini terjadi pada saat manusia telah wafat dan mayatnya dimasukkan ke dalam kubur, kemudian ditimbuni tanah dan orang yang mengantarkannya ke kubur telah kembali ke rumah masing-masing.
Hadis Nabi Muhammad saw. menjelaskan sebagai berikut yang artinya : “Munkar dan Nakir masuk menemui orang mati di dalam kuburnya, keduanya mendudukkannya.” (HR Dailami dari Anas).

Hadis lainnya menjelaskan sebagai berikut :

Artinya:”Nabi bersabda, sesungguhnya seorang hatnba (yang meninggal) apabila telah diletakkan di dalam kubur dan para pengantarnya telah pulang, sesungguhnya ia mendengar bunyi sandal mereka, kemudian datanglah kepadanya dua orang malaikat dan mendudukkannya kemudian keduanya bertanya kepada (yang meninggal), “Bagaimana pendapatmu tentang rrang ini (Muhammad)?” Sesungguhnya orang muktnin akan menjawab “Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan rasul-Nya. Kemudian dikatakan kepadanya lihat tempatmu di neraka, sungguh Allah telah menggantikan buatkamu tempat di surga. Maka ia melihat kepadanya (surga dan neraka). (HR Muttafaqun’alaih).

9. Malaikat Malik

Malaikat Mikail berfungsi sebagai utusan Allah yang bertugas menjaga neraka. Firman Allah swt dalam Surah At Tahrim Ayat 6.

at tahrim 6

Artinya:  “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan kelmrgamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan(QS At Tahrim: 6).

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan berfungsi sebagai utusan Allah yang bertugas menjaga surga tempat menerima imbalan dari ketakwaan dan amal salehnya.

Firman Allah swt. Surah Al Baqarah Ayat 25.

al baqarah 25

Artinya: “Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan “Inilah yangpernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Baqarah: 25).

Itulah sepuluh (10) nama-nama malaikat yang harus kita imanni. semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai pendidikan Agama.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 10 Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui Beserta Tugas Dan Dalil nya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: