FUNGSI BERIMAN KEPADA MALAIKAT

Fungsi Dan Hikmah/Manfaat Beriman Kepada Malaikat Allah

Posted on

Untuk meyakini adanya malaikat-malaikat, memahami tugas-tugas dan fungsinya sebagai perantara atau utusan Allah swt. dan untuk memenuhi hajat kehidupan makhluk lain khususnya manusia, serta menerima kedudukannya sebagai rukun iman kedua, maka akal (pikiran) harus dilatih dan hati harus diperhalus dengan bimbingan agama. Berikut ini fungsi dan hikmah beriman kepada malaikat.

FUNGSI BERIMAN KEPADA MALAIKAT

Fungsi Malaikat

Fungsi pokok malaikat ialah menyampaikan pesan Allah swt. kepada makhluk lainnya, khususnya manusia sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran antara lain sebagai berikut.

  1. Malaikat sebagai perantara dalam menyampaikan wahyu Allah (keterangan selanjutnya lihat QS Al Baqarah: 27, dan QS Asy Syura: 27, dan QS An Nisa: 163).
  2. Malaikat sebagai perantara untuk menabahkan dan menguatkan hati orang-orang yang beriman (Selanjutnya lihat QS Lukman: 30).
  3. Malaikat sebagai perantara dalam melaksanakan hukum Allah swt. (Selanjutnya lihat QS Ali Imran: 41 – 44).
  4. Malaikat sebagai penolong dan mendoakan manusia. (Selanjutnya lihat QS An Najm : 26, QS Asy Syura: 5, QS Al Mukmin: 79, dan QS Ali Imran: 43).
  5. Malaikat memberikan perto- longan kepada manusia dalam perkembangan ro- haniahnya. (Selanjutnya lihat QS Al Ahzab: 43 dan QS Asy Syura: 5).
  6. Malaikat memberikan ilham atau penjelasan ke dalam dada (hati) manusia (lihat QS At Tin: 16 – 19).
  7. Malaikat mencatat tingkah laku atau perbuatan manusia (lihat QS A1 Qasas: 10 -12).
  8. Malaikat mencabut nyawa manusia (kematian). (QS An Nahl: 27 – 28 dan QS An Nisa: 97).
  9. Mendatangkan azab bagi umat yang zalim dan mengingkari ayat-ayat Tuhan. (QS Muhammad: 27).
  10. Malaikat mengiringi atau mengikuti manusia secara bergiliran. (Selanjutnya lihat QS Ar Ra’ad :11).

Hikmah Iman kepada Malaikat

  1. Beriman kepada malaikat dapat meningkatkan manusia dalam hal pengetahuan indrawinva kepada ilmu pengetahuan nonmateri atau metafisika. Manusia dapat menumbuhkan rasa kemanusiaannya melalui segala kelebihannya untuk tetap taat dan patuh kepada Allah swt dengan bahwa menyakini malaikat pun taat dan patuh kepada Allah swt.
  2. Memiliki pemahaman bahwa ada malaikat yang bertugas mencatat amal perbuatan manusia, baik perbuatan yang baik ataupun perbuatan yang jahat.
    Firman Allah swt. Surah Qaf Ayat 18.


    QS Qaf 18
    Artinya: “Tiada satu ucapan yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS Qaf: 18).

    Ayat tersebut mendidik manusia agar patuh dan taat pada ajaran agama dan selalu berhati- hati agar semua perbuatannya cenderung kepada kebaikan dan menghindari perbuatan jahat. Kita harus meneguhkan pendirian serta membangkitkan keberanian karena yakin bahwa ada pelindung dan penolong.
    Firman Allah swt. Surah Fusilat Ayat 30.

    fushilat 30
    Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan “Tuhan kami ialah Allah, “ kemudian mereka \ meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.” (QS Fusilat: 30).

  3. Mengimani malaikat berikut sifat-sifatnya akan memberikan manfaat yang besar dalam hidup dan kehidupan manusia di tengah-tengah masyarakat yang penuh dengan berbagai macam persoalan. Orang yang bertakwa senantiasa optimis dan tidak akan ragu-ragu atau gentar dalam menghadapi aneka ragam persoalan, baik dalam keadaan seorang diri maupun dalam keadaan bersama-sama karena ada malaikat yang mengawasinya secara bergiliran.
    firman Allah swt. Surah Ar Ra’du Ayat 11.
    ar rad 11
    “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, tnereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri, dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS Ar Ra’du: 11).
  4. Mengimani malaikat dengan segala sifat-sifatnya akan dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal yang terbaik dan berlomba-lomba dalam kebaikan seperti yang diperintahkan Allah swt. dalam Surah An Nisa Ayat 36.
    an nisa 36
    Artinya: “Sembahlah Allah swt. dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang- orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yangjauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS An Nisa: 36)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Fungsi Dan Hikmah/Manfaat Beriman Kepada Malaikat Allah. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: