statistika

Statistika – Pengertian Dan Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram

Posted on

Dalam mengadakan penelitian/riset, pengumpulan data adalah sangat penting di mana untuk mendukung keberhasilan tujuan yang hendak dicapai. Data yang terkumpul dapat disajikan dengan beberapa tampilan. Biasanya dalam statistik, penggambaran sekumpulan data atau deskripsi data, secara visual dapat dilakukan dalam dua bagian. Pertama, dalam bentuk tulisan/teks, sedang bagian kedua disajikan dalam bentuk gambar/grafik. Grafik sebuah data biasanya disajikan untuk melengkapi deskripsi berupa teks, agar lebih menarik para pembacanya. Grafik tersebut disajikan dalam berbagai bentuk diagram, di antaranya diagram garis, diagram batang daun, dan diagram kotak garis.

statistika


Penyajian Data dalam Bentuk Diagram

Data ukuran

  • Data ukuran, yaitu data yang diperoleh dengan cara mengukur. Contohnya mengukur tinggi badan seorang anak.
  • Data cacahan, yaitu data yang diperoleh dengan jalan menghitung. Contohnya jumlah siswa, jumlah penduduk.

Diagram

  • Diagram garis, diagram ini hanya digunakan untuk menyajikan data dalam suatu perubahan yang kontinu Berikut ini contoh diagram garis:

diagram garis

  • Diagram batang daun, diagram ini untuk menggambarkan distribusi data, di mana batang mewakili susunan angka ratusan, puluhan, dan satuan. Sedangkan daun mewakili susunan angka desimal satuan, puluhan, dan seterusnya. Berikut ini adalah contoh diagram batang daun:

diagram batang daun

Diagram Kotak garis

Diagram kotak garis, diagram yang terdiri dari batang atau berupa persegi panjang, di mana bagian tengah pada atap batang saling dihubungkan satu sama lain (batang-batang yang lain) dengan garis.

Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran, diagram ini dapat kita gunakan dalam macam-macam perbandingan.

Tabel Distribusi Frekuensi

Tabel distribusi frekuensi. Berikut ini tabel distribusi frekuensi :

tabel distribusi frekuensi

Histogram

Histogram, yaitu data statistik yang disajikan dalam bentuk persegi panjang, iuas persegi panjang senilai dengan frekuensinya. Poligon frekuensiadalah garis yang menghubungkan titik tengah bagian atas histogram.

poligon

 

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentangĀ Statistika – Pengertian Dan Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: