internet-dan-intranet

Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannnya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian Internet dan Intranet Serta Mengetahui Perbedaan Antar Keduanya Secara Lengkap

Istilah intenet hampir setiap hari kita dengar, bahkan adapula orang-orang yang setiap harinya sangat membutuhkan internet. Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini internet merupakan salah satu peran terpenting didalamnya. Tapi, apakah kalian sudah mengetahui apa sebenarnya pengertian dari internet? Selain internet terdapat juga intranet. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan dibawah ini .

Pengertian Internet

Secara umum internet dapat diartikan sebagai sebuah jaringan komputer yang terhubung antara satu komputer dengan komputer lain yang membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga saling berinteraksi, berkomunikas dan saling bertukar informasi atau data.

Istilah internet berasal dari bahasa latin yaitu “inter” yang berarti “antara”. Internet berarti jaringan antara atu penghubung. Fungsi dari internet adalah menghubungkan berbagai jaringan untuk berkomunikasi dan saling menukar data maupun informasi.

Daru ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa internet merupakan hubungan antara berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya dimana hubungan tersebut memanfaatkan media komunikasi yang menggunakan protokol standart dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.

Pengertian Intranet

Intranet merupakan jaringan komputer pribadi yang menggunakna teknologi sama dengan internet, namun dalam intranet terdapat sedikit perbedaan, yaitu jaringan internetnya menggunakan jaringan pribadi, miliki organisasi tertentu yang hanya dapat diakses oleh organisasi tersebut.

Jaringan intranet pada umumnya dibangun oleh organisasi-organisasi tertentu yang berguna untuk menghubungkan kantor-kantor yang letaknya berjauhan. Intranet biasanya sering digunakan untuk menghubungkan satu organisasi ke organisasi lainnya untuk bekerja sama dan melakukan pertukaran data maupun informasi dalam lingkup tertentui atau terbatas, misalnya dalam lingkup sekolah, kantor atau universitas.

Perbedaan Internet dan Intranet

Internet

  • Internet bersifat umum atau terbuka, yaitu jaringan dapat di akses oleh siapa saja dan kapan saja dengan alasan selalu terhubung jaringan internet.
  • Jangkauan luas dan tanpa batas, yaitu jaringan berada dimana saja dan dapat diakses penggunanya diseluruh dunia.

Intranet

  • Intranet bersifat tertutup, yaitu jaringan intranet dibatasi dan hanya bisa digunakna oleh pengguna yang memiliki aksesnya saja untuk dapat menggunakannya.
  • Jangkauannya terbatas, yaitu koneksi hanya dapat digunakan dalam cakupan area atau lokasi yang telah ditentukan sesuai yang dibutuhkan.

Manfaat Penggunaan Internet dan Intranet

Manfaat Internet

  • Internet sebagai media informasi tanpa batas
    Internet menyediakan akses yang terbuka bagi siapa saja kapan saja dan dapat diakses dimana saja asalkan pengguna terhubung dengan koneksi internet. Dalam internet terdapat berbagai macam infomasi yang pengguna inginkan. Internet berdampak positif bagi pengguna tergantung dengan tujuan kita menggunakannya.
  • Internet sebagai sarana komunikasi yang efisien
    Dengan memanfaatkan koneksi internet kita tidak dibuat susah lagi untuk saling berkomunikasi dengan jarah yang berjauhan. Bahkan dengan adanya kemajuan internet saat ini urusan pemerintahan menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi antar wilayah maupun antar negara.

Manfaat Intranet

  • Intranet sebagai alat efisiensi bagi perusahaan atau organisasi
    Kegunaan dari intranet sebagian besar digunakan untuk keperluan perusahaan atau organisasi, maka manfata yang dapat diambil dari intraner yaitu lebih efisien . Karena dengan menggunakan jaringan pribadi lebih mengutamakan keamanan informasi dan laju data perusahaan.
  • Intranet sebagai perusahaan atau organisasi yang lebih kompetitif.
    Intranet memeiliki jaringan yang terintegrasi ke departemen-departemen atau bagian lainnya dalam perusahaan, maka manajemen kontrol pun lebih mudah dilakukan.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannnya semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..