9_a

Pengertian Dan Contoh Konversi Satuan Dalam Fisika Terlengkap

Posted on

Dalam beberapa persoalan, kadang-kadang kita perlu melakukan konversi satuan dari satu sistem satuan ke sistem satuan yang lain, terutama ke sistem satuan SI. Konversi satuan ini mungkin kita lakukan jika kita mengetahui hubungan antara kedua satuan tersebut. Sebagai contoh, seandainya kita mengetahui bahwa panjang lapangan sepakbola adalah 100 yard, sementara kita mengetahui bahwa 1 yard sama dengan 3 kaki, maka kita katakan bahwa panjang lapangan sama dengan 300 kaki. Walaupun contoh ini sangat sederhana sehingga dengan mudah kita dapat mengkonversikan satuan yard ke kaki, namun metode yang logis tetap haras diperhatikan. Kita mengetahui:

9_a

Dalam konversi satuan kita bisa melakukan pencoretan satuan yang sama untuk pembilang dan penyebut.

Biasanya, kita diminta untuk mengubah suatu satuan ke sistem SI. Dalam soal misalnya, data-data yang ada diberikan dalam satuan non-SI, tetapi jawaban yang diminta harus dinyatakan dalam sistem satuan SI. Untuk melakukan hal ini, kita bisa langsung melakukan konversi dengan bantuan tabel konversi yang biasa terdapat pada sampul bagian dalam buku-buku fisika atau kimia.

Perhatikam contoh berikut ini:

9

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Contoh Konversi Satuan Dalam Fisika Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: