tabel-fisika2

Pengertian Dan 7 Macam Besaran Pokok Dalam Satuan SI

Posted on

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dulu. Tujuh besaran pokok dalam sistem satuan SI adalah panjang (meter), massa (kilogram), waktu (sekon), kuat arus listrik (ampere), suhu (kelvin), intensitas cahaya (kandela), jumlah zat (mol).

tabel-fisika2

Satuan-satuan seperti meter, kilogram, dan sekon tersebut sudah didefmisi-kan terlebih dahulu. Bagaimanakah definisi satuan-satuan dari besaran pokok tersebut? Pada penjelasan berikut ini akan dipaparkan definisi dari tiga besaran pokok, yaitu panjang, massa, dan waktu, sementara satuan besaran-besaran lain akan kita bahas ketika kita membahas pokok bahasan yang bersangkutan dengan besaran pokok tersebut.

Panjang

Standar satuan untuk panjang dalam SI adalah meter. Sistem satuan yang didasarkan pada meter sebagai standar pengukuran dinamakan astern tnetrik. Pada awalnya, meter didefinisikan sebagai sepersepuluh juta jarak antara khatulistiwa dan kutub utara bumi diukur melalui meridian yang melewati kota Paris. Sebagai meter standar, dibuatlah sebuah batang logam platinum-iridium yang pada kedua ujungnya terdapat masing- masing satu goresan, di mana jarak antara kedua goresan tersebut sama dengan 1 meter.


Pada tahun 1960, meter standar didefmisi¬kan ulang sebagai 1 650 763, 73 kali panjang gelombang dalam ruang hampa dari garis spek- trum wama jingga-merah atom krypton-86. Pen- definisian ulang ini dilakukan untuk meningkat- kan kemudahan meter standar untuk dibuat tiruannya, di samping untuk menambah ke- akuratannya. Namun demikian, definisi ulang inipun tidak bertahan lama, hanya sekitar 23 tahun.

Pada tahun 1983, satu meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam vakum selama 1 banding 299 792 458 sekon. Dengan definisi terakhir ini, komplitlah meter sebagai satuan standar memenuhi syarat-syarat satuai standar yang disebutkan di depan.

Massa

Massa sebuah benda merupakan banyaknya zat yang terkandung di dalam benda tersebut. Satuan massa dalam sistem satuan SI adalah kilogram. Sebagai standar untuk kilogram ini, dibuatlah kilogram standar, yaitu sebuah silinder logam yang terbuat dari platina-iridium, yang sekarang ini disimpan di Sevres, dekat kota Paris. Pada awalnya, satu kilogram sama dengan massa dari 1000 cm3 air mumi pada suhu di mana kerapatannya maksimum, yaitu 4°C. Na- mun, kesalahan terjadi, karena ternyata satu ki¬logram yang tepat adalah 1000,028 cm3 air.

Dalam percakapan sehari-hari, kita sering mencampuradukkan pengertian massa dengan berat, padahal keduanya berbeda. Herat adalah besamya gayci yang dialami benda akibat gaya tank bumi pada benda tersebut. Untuk keper- lpan sehari-hari, pencampuradukan pengertian tersebut tidak menjadi masalah, namun dalam fisika dan ilmu pengetahuan eksak, definisi massa dan berat harus benar-benar dibedakan.

Massa dan berat memiliki satuan yang berbeda, massa memiliki satuan kilogram, sedangkan berat memiliki satuan newton. Yang menjadi perbedaan utama antara massa dan berat adalah bahwa massa tak tergantung pada tempat di mana benda berada, sementara berat tergantung di mana benda berada. Jadi, berat berubah-ubah sesuai dengan tempatnya.

Waktu

Satuan standar untuk waktu adalah sekon, yang awalnya didefinisikan sebagai  1 banding 86 400 hari matahari. Namun, ketika para ilmuwan mendapatkan bahwa hari matahari berkurang sekitar 0,001 sekon setiap satu abad, maka sekon di-definisikan ulang sebagai 1 banding 68 400 hari matahari di tahun 1900. Pada tahun 1967, sekon didefinisikan kembali sebagai selang waktu dari 9 192 631 770 osilasi dari radiasi yang dihasilkan oleh transisi dalam atom cesium-133. Alat ukur waktu yang mengguna- kan atom cesium adalah jam atom cesium, yang memiliki ketelitian yang sangat tinggi, yaitu selama 3000 tahun hanya memiliki kesalahan 1 sekon.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan 7 Macam Besaran Pokok Dalam Satuan SI. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: