22a

Cara Menentukan Vektor V Dalam Vektor Satuan Fisika

Posted on

Bagaimanakah menyatakan vektor V dalam besarnya komponen vektor Vx dan Vy? Untuk melakukan hal itu, terlebih dulu akan kita pelajari vektor satuan i, j, dan k. Vektor satuan i adalah vektor yang besarnya 1 satuan, dan arahnya sejajar dengan sumbu X positif. Vektor satuan j adalah vektor yang besarnya 1 satuan, dan arahnya sejajar dengan sumbu Y positif. Vektor satuan k adalah vektor yang besarnya 1 satuan, dan arahnya sejajar dengan sumbu Z positif. Untuk lebih jelasnya, perhatikan Gambar 1.17 yang menunjukkan ketiga vektor satuan tersebut.

22a

Dalam Gambar 1.18 diperlihatkan bagaimana sebuah vektor A dilukiskan sebagai penjumlahan 3 vektor lain yang searah dengan ketiga vektor satuan.

22b


A = Axi + Axj + Azk

Bila sebuah vector dituliskan sebagai penjumlahan komponen-komponennya seperti diatas, maka kita dapat dengan mudah menghitug besarnya vector A dengan persamaan

Dalam notasi vector satuan, dua buah vector yang sama A=B dituliskan dalam persamaan

Axi + Ayj + Azk = Bxi + Byj + Bzk

Sehingg harus dipenuhi bahwa

Ax = Bx       Ax = B            Az = Bz

Jadi, jika dua vector adalah sama, besar komponen-komponennya juga harus sama. Dari konsep ini akhirnya kita bias enuliskan bahwa penjumlahan vector R = A + B ekuivalen dengan tiga persamaan yang dinyatakan dalm komponen-komponen vector.

Jika R = A + B , maka Rx = Ax + Bx

Ry = Ay + By

Rz = Az + Bz

Dengan demikian, penjumlahan dan pengurangan vector dapat dituliskan sebagai

23

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Cara Menentukan Vektor V Dalam Vektor Satuan Fisika. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: