17b

Cara Cepat Menentukan Resultan Vektor Dengan Metode Phytagoras

Posted on

Sebuah vektor, sama halnya dengan sebuah skalar, dapat dijumlahkan, dikurangkan, atau dikalikan dengan vektor lainnya. Untuk melukiskan bagaimana sebuah vektor dijumlahkan, perhatikan gambar penjumlahan perpindahan seorang siswa yang berjalan pada Gambar 1.12.

17b


Dimulai dari titik O, siswa bergerak 4 m ke timur menuju titik Q, dan selanjutnya melangkah 3 m ke utara menuju titik P. Jika perpindahan pertama kita lambangkan dengan vektor A, dan perpindahan kedua kita lambangkan dengan vektor B, maka perpindahan total siswa tersebut adalah vektor C, yaitu vektor yang berpangkal di titik O dan berujung di titik P. Vektor C kita namakan vektor resultan atau vektor penjumlahan dari dua vektor, yaitu vektor A dan B. Dengan demikian, dapat dituliskan bahwa

C = A + B

Persamaan ini tidak sama seperti halnya persamaan aljabar biasa. Pada Gambar 1.12 tersebut, diketahui bahwa panjang vektor A, yaitu A = 4 m dan panjai vektor B, yaitu B = 3m. Apakah panjang vektor C sama dengan 17c Ternyata tidak! Vektor C merupakan sisi miring dari segitiga siku-si OPQ, yang sesuai dengan dalil Phytagoras, panjang C sama dengan . Jadi, jelas bahwa C ≠ A + B. Secara umum dapat dinyatakan, vektor resultan │A + B │ ≠ A + B.

Berdasarkan uraian di atas, jika vektor A dan B saling tegak lurus, mal besar resultan vektor A dan B dapat dihitung dengan ramus Phytagora, Yaitu
18

dengan R = besar vektor resultan, A = besar vektor A, dan B = besar vector B.

Perhatikan contoh dibawah ini:

18a

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Cara Cepat Menentukan Resultan Vektor Dengan Metode Phytagoras. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: