islam di hejaz

Perkembangan Pembaruan Islam Abad Modern di Hejaz (Arab Saudi)

Posted on

Islam abad modern menurut ahli sejarah terjadi mulai tahun 1800 Masehi hingga sekarang. Masa ini disebut juga masa pembaruan karena umat Islam menyadari dan tergerak untuk melepaskan diri dari keterpurukan setelah tenggelam cukup lama. Peristiwa apa saja yang terjadi pada masa pembaruan tersebut? Simaklah uraian berikut

islam di hejaz

Perkembangan Pembaruan Islam di Hejaz (Arab Saudi)

Islam di Hejaz (Arab Saudi) mengalami perkembangan dan pembaruan yang signifikan terutama pada bidang akidah. Salah seorang tokoh yang melakukan pembaruan pada bidang akidah adalah Muhammad bin Abdul Wahab. Pembaruan yang dilakukan Muhammad bin Abdul Wahab bercorak keagamaan dan keilmuan yang sering disebut Gerakan Wahabi. Pemikiran Gerakan Wahabi muncul sebagai reaksi terhadap paham tauhid yang menyesatkan pada waktu itu. Kemurnian paham tauhid telah bercampur dengan ajaran-ajaran tarekatyang berkembang di dunia Islam. Hal inilah yang mendorong Muhammad bin Abdul Wahab melakukan pembaruan pada bidang akidah. Muhammad bin Abdul Wahab menyuarakan agar umat Islam kembali pada ajaran Islam (tauhid) yang murni sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis.


Muhammad bin Abdul Wahab berpendapat bahwa paham-paham yang menyesatkan tauhid umat Islam harus dihapus dan diberantas. Segaia sesuatu yang dipandang sebagai bid’ah, khurafat, dan takhayul juga ditentang oleh Gerakan Wahabi. Mereka berpendapat bahwa Al-Qur’an dan hadis harus dijadikan sebagai pedoman utama dan pertama bagi umat Islam dalam melaksanakan syariat Islam. Dengan demikian, umat Islam akan terbebas dari bid’ah, khurafat, dan takhayul.

Gerakan Wahabi mendapat dukungan dari Muhammad bin Su’ud, seorang kepala suku yang berkuasa di Najed. Melalui Muhammad bin Su’ud Gerakan Wahabi berkembang pesat di wilayah Hejaz. Perkembangan Gerakan Wahabi meluas hingga ke seluruh penjuru dunia Islam, seperti Meslr, Turki, India, dan Indonesia. Meluasnya gerakan ini seiring berdirinya Kerajaan Su’ud pada tahun 1902 di Arab Saudi yang dipimpin oleh Abdul Aziz bin Abdur Rahman al-Faisal al-Su’ud.

Pemikiran pembaruan Gerakan Wahabi dikumandangkan dengan mengadakan gerakan dakwah. Melalui. gerakan dakwah mereka menyuarakan agar segaia bentuk penyelewengan terhadap ajaran Islam dihentikan. Secara umum gerakan pembaruan yang dibawa oleh Gerakan Wahabi sebagai berikut.

  1. Zat yang berhak untuk disembah hanya Allah Swt. Orang yang menyembah selain Allah Swt. dinyatakan sebagai musyrik.
  2. Al-Qur’an dijadikan sebagai pedoman bagi perilaku hidup dan kehidupan.
  3. Ajaran tauhid diajarkan dengan cara yang sederhana.
  4. Pelaksanaan ibadah salat, zakat, puasa, dan ibadah lainnya harus dengan teliti dan sebaik-baiknya.
  5. Mempertegas kembali larangan yang diharamkan agar ditaati, misalnya minuman keras, judi, dan kemaksiatan lainnya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Perkembangan Pembaruan Islam Abad Modern di Hejaz (Arab Saudi). Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya:

Perkembangan Pembaruan Islam Abad Modern di India dan Pakistan

Perkembangan Pembaruan Islam Abad Modern di Turki

 Perkembangan Pembaruan Islam Abad Modern di Mesir

Persiapan Dan Tatacara Ceramah Dalam Tablig Dan Dakwah

Pengertian Serta Pentingnya Tablig Dan Dakwah Dalam Umat Beragama Islam

Persiapan dan Praktik Yang dilakukan Pada Khotbah Shalat Jumat