shalat

Pengertian Shalat, Manfaat Dan Hikmah Shalat Dalam Kehidupan Manusia

Posted on

Tahukah kamu bahwa amal ibadah yang pertama kali dihisab adalah Sholat? Tentu kalian sudah melaksanakannya, bukan? Ternyata sholat selain menjadi bentuk komunikasi antara kita sebagai hamba Allah dengan sang Rabb, sholat juga memiliki rahasia dan filosofis yang mendalam. Perilaku sholat bila diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari akan melahirkan pribadi yang utuh. Oleh karena itu, janganlah kamu meninggalkan sholat dan jadikanlah sholatmu sebagai kebutuhan, bukan hanya sekedar kewajiban. Pembahasan kali ini mengenai sholat dan hikmah yang di dapatnya.

shalat

Pengertian Sholat

Seorang muslim ketika melaksanakan rukun Islam khususnya salat, maka ia harus selalu ingat kepada Allah. Manusia sebagai makhluk Allah harus selalu ingat Allah di mana pun dan kapan pun selama hidup agar tidak melakukan perbuatan keji dan mungkar. Setelah melaksanakan salat kita diharapkan dapat berperilaku mulia dan hidup rukun terhadap sesama manusia.
Surah Al Ankabut Ayat 45 menyatakan sebagai berikut.

al ankabut 45
Artinya: “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikan salat, sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain) dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. “(QS Al Ankabut: 45).

 sesuai syarat dan rukunnya. Hakikat salat yaitu menghadapkan jiwa (hati) kepada Allah swt. untuk menumbuhkan rasa takut kepada-Nya serta mengakui keagungan dan kesempurnaan-Nya.

Manfaat dan Hikmah Salat

Seluruh perintah Allah swt. tidak mungkin menyusahkan manusia. Hal ini dinyatakan dalam firman-Nya berikut ini.

Artinya: ‘’Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah.” (QS Taha: 2).


Allah membuat perintah kepada manusia justru untuk memberikan jalan kemudahan kepada manusia agar selamat di dunia maupun di akhirat. Demikian pula perintah Allah tentang salat, banyak sekali manfaatnya, terutama bagi keselamatan dan kesejahteraan manusia, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Melalui salat, Allah akan mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar. (keterangan selanjutnya lihat QS Al Ankabut: 45, QS Ali Imran: 134-136, QS Al Maidah: 90: 90-91, QS An Nur: 21, 22, dan QS Asy Syura: 36-38).
  2. Melalui salat, Allah akan memberikan rahmat, petunjuk, dan keberuntungan.Surah An Nur Ayat 56
  3. Melalui salat, Allah swt. memberikan rida-Nya dan Allah memberikan kesudahan yang baik. Hal itu dijelaskan Allah pada Surah Ar Ra’du Ayat 22.
  4. Melalui salat, Allah meng- hilangkan rasa khawatir dan sedih pada hamba-Nya. Hal itu dijelas- kan Allah pada Surah Al Baqarah Ayat 277
  5. Melalui salat, Allah akan memberi ampunan, rezeki, dan ketinggian derajat. Hal itu dijelaskan pada Surah Al Anfal Ayat 3-4.
  6. Melalui salat, Allah mencegah manusia daw keluh kesah dan kikir. Hal itu dijelaskan pad:- Surah A1 Ma’arij Ayat 19-23.
  7. Selain menjalankan perintah agama dan mengobati kerin- duan jiwa pada Sang Pencipta, salat juga punya efek samping menyehatkan jiwa dan jasmani.

Hikmah salat dan aplikasinya dalam kehidupan berdasarkan ketentuan-ketentuan Allah tercantum dalam firman-firman-Nya dan hadis Nabi Muhammad saw. yang intisarinya adalah sebagai berikut.

  • Melalui pelaksanaan salat wajib maupun salat sun ah, manusia sejak masih kanak-kanak, remaja, dewasa, tua hingga menjelang wafat dibiasakan selalu mengingat Allah swt. di mana saja dan kapan saja.
  • Melalui pelaksanaan (ritual) salat wajib maupun sunah, manusia diproses agar selalu mengingat perintah Allah dan larangan-Nya. ,
  • Bukti nyata dari manusia yang selalu melaksanakan salat dan ingat Allah adalah bahwa dalam kehidupannya senantiasa melakukan hal-hal seperti berikut.
    •  Berbuat kebajikan terhadap ibu dan bapak, karib kerabat, tetangga yang dekat maupun tetangga yang jauh, teman sejawat, dan terhadap sesama manusia lainnya. (QS An Nisa: 36, 48 dan QS Al Baqarah: 83, 215)
    • Giat bekerja. (QS Az Zumar: 39, QS At Taubah: 105, dan QS As Saffat: 61)
    • Berupaya untuk tidak berselisih dengan sesama manusia. (QS Ali Imran: 19 dan QS Al Isra: 53)
    • Mampu menahan amarah dan memaafkan kesalahan orang lain. (QS Ali Imran: 133,134).
    • Berupaya menolong sesama manusia, khususnya fakir miskin dan anak yatim, baik di waktu lapang maupun di waktu sempit (QS Ali Imran: 133,134 dan QS At Talaq: 7)
    • Tidak mencari-cari kesalahan pendapat orang lain, buruk sangka, dan tidak mengolok-olok orang lain. (QS Al Hujurat: 11-12)
    • Menghargai pendapat orang lain. (QS Al Hajj: 67, QS An Nur: 41, QS Az Zariyat: 08, dan QS A1 Isra: 84)
    • Berupaya menggalang persatuan dan kesatuan di mana saja berada. (QS Al Baqarah: 136, QS Ali Imran: 84, dan QS Al Mukmin: 52-53).

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Shalat, Manfaat Dan Hikmah Shalat Dalam Kehidupan Manusia. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: