pengertian-integrasi

Pengertian Integrasi Menurut Ahli, Macam-Macam dan Faktor Pendorong Terjadinya Integrasi Lengkap

Posted on

Penjelasan Lengkap tentang Pengertian Integrasi, Macam-macam dan Faktor Pendorong terjadinya Integrasi

Indonesia merupakan negara multikultual, dimana Indonesia memiliki berbagai macam ragam Suku, Agama, Ras, Suku, dan Golongan yang hidup bersama dalam Negara Republik Indonesia. Dari berbagai macam raga kebudayaan yang ada, Negara Indonesia memiliki potensi besar untuk terjadi konflik antar wilayah. Ketika konflik itu terjadi maka ancaman disintegrasi nasional akan mudah terjadi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan integrasi? Kali ini PelajaranSekolahOnline akan menjelaskan tentang pengerian Integrasi dan Bentuk-bentuk dari Integrasi.


Pengertian Integrasi

Integrasi berasal dari bahas inggris yaitu Integration yang memiliki arti pembaruan hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Sedangkan jika dipandang dari segi politis, integrasi merupakan proses menyatukan berbagai kelompok sosial, aliran, dan kekuatan-kekuatan lainnya dari seluruh wilayah tanah air untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sehat, dinamis, berkeadilan sosial, dan demokratis berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

sedangkan menurut Paul B.Horton, integrasi adalah proses pengembangan masyarakat yang mana segenap kelompok ras dan etnik mampu berperan secara bersama-sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi.

Macam-Macam Integrasi

  1. Integrasi Kebudayaan
    Integrasi kebudayaan adalah penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai keserasian fungsi dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Integrasi Sosial
    Integrasi sosial adalah penyesuaian unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan sosisal sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi bagi masyarakat tersebut.
  3. Integrasi Nasional
    Integrasi nasional adalah proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan dimasyarakat secara nasional sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi fungsinya bagi masyarakat tersebut.

Faktor Terbentuknya Integrasi

Terwujudnya sebuah integrasi nasional apabila terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  1. Adanya toleransi, saling menhormati dan tenggang rasa yang tinggi
  2. Terjadinya perkawinan campuran antara suku
  3. Semakin pesatnya komunikasi dan transportasi antar daerah
  4. Meningkatnya solidaritas sosial
  5. Fungsi pemerintahan yang berjalan baik dan bijaksana

Untuk meningkatkan integrasi sosialm maka pada diri masing-masing harus dapat mengendalika perbedaan ata konflik yang ada pada suatu kekuatan bangsa, dan setiap wara masyarakat dapat saling mengisi kebutuhan antara satu dengan lainnya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Macam-macam dan Faktor pendorong terjadinya Intergrasi.  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.