akuntansi

15 Pengertian Akuntansi Menurut Pendapat Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Akuntansi Menurut Pendapat Para Ahli Lengkap

Tujuan dari akuntansi yaitu menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh pada manajer, pengambil kebijakan atau pihak yang berkepentingan lainnya. Dapat diartikan bahwa akuntasni adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterprestasikan aktivitas keuangan atau secara luas, akuntansi dapat diartikan sebagai bahasa bisnis.

Berikut ini merupakan beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli, antara lain:

1. Menurut ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)
Menyatakan, bahwa akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa. Yang berfungsi untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam menetapkan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

2. Menurut American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)
Menyatakan, bahwa akuntansi adalah sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

3. Menurut American Acounting Association (AAA)
Menyatakan, bahwa akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

4. Menurut Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison
Menyatakan, bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

5. Menurut Warren
Menyatakan, bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

6. Menurut Littleton
Menyatakan, bahwa tujuan dari akuntansi yaitu melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi).

7. Menurut Rudianto
Menyatakan, bahwa akuntansi adalah sistem informsai yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

8. Menurut Suparwoto L
Menyatakan, bahwa akuntansi sebagai sistem atau teknik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan.

9. Menurut Arnold
Menyatakan, bahwa akuntansi merupakan sistem yang menyediakan informasi terutama keuangan kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

10. Menurut C. West Shurman
Menyatakan, bahwa akuntansi sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan.

11. Menurut Keputusan Menteri Keuangan
Menyatakan, bahwa akuntansi merupakan proses pengumpulan, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, peringkasan dan pelaporan terhadapa suatu transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut yang gunanya dalam pengambilan sebuah keputusan.

12. Menurut Dr.M.Gede
Menyatakan, bahwa akuntansi merupakan suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni dalam pencatatan yang dilakukan secara terus menerus menurut aturan dan sistemnya.

13. Menurut Sophar Lumbantoruan
Menyatakan, bahwa akuntansi merupakan suatu alat yang digunakan untuk bahasa bisnis yang dimana informasi yang disampaikan hanya bisa dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti.

14. Menurut Kohler’s Dictionary
Menyatakan, bahwa akuntansi adalah seni dalam pencatatan dari proses transaksi keuangan.

15. Menurut Abubakar A & Wibowo
Menyatakan, bahwa akuntansi merupakan prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.

Demikian artikel yang diberikan tentang 15 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..