asimilasi

Pengertian Asimilasi kebudayaan serta Faktor dan Proses terjadinya Asimilasi TERLENGKAP

Posted on

Memahami Pengertian Asimilasi Serta Faktor dan Prosesnya disertai Contoh 

Saat ini sudah banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial maupun dalam lingkup lingkungan. Mulai perubahan dari tata cara berbicara sampai perubahan dari segi teknologi. Perubahan tersebut dalam ilmu pengetahuan di sebut dengan Asimilasi. Lalu, apakah sebenarnya Asimilasi?

Pembahasan kali ini pelajransekolahonline.com akan dijelaskan tentang pengertian Asimilasi lengkap dengan penjelasannya.

Pengertian Asimilasi

Asimilasi merupakan suatu proses penerimaaan atau penyatuan dua kebudayaan luar yang bercampur dengan unsur-unsur kebudayaan lokal sehingga menjadi unsur kebudayaan baru yang berbeda.

Sedangkan menurut Soerjono Soekanto, Asimilasi merupakan proses sosial dalam taraf lanjut. Suatu Asimilasi ditandai dengan adanya usaha-usaha orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia dan juga yang meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindak, sikap dan proses-proses mental dengan didasarkan pada kepentingan-kepentingan dan tujuan yang diinginkan bersama. Apabila orang-orang atau manusia melakukan asimilasi ke dalam suatu kelompok manusia atau kelompok masyarakat, maka dia tidak lagi membedakan dirinya dengan kelompok tersebut.

Faktor Terjadinya Asimilasi

Faktor terjadinya asimilasi dibagi menjadi dua bagian yaitu faktor pendorong dan faktor penghalang.

Faktor Pendorong ASimilasi

  • Toleransi antara sesama kelompok yang berbeda kebudayaan
  • Perkawinan campuran, dengan perkawinan maka akan ada pencampuran dan penyatuan antara dua kebudayaan dalam lingkungan
  • Adanya kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi
  • Kesediaan menghormati dan menghargai orang asing dan kebudayaan yang dibawanya
  • Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat
  • Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan universal
  • Perkawinan antara kelompok yang berbeda budaya
  • Mempunyai musuh yang sama dan meyakini kekuatan masing-masing utnuk meghadapi musuh tersebut

Faktor Penghalang Asimilasi

  • Kelompok terisolasi atua terasing dan sulit untuk melakukan asimilasi seperti contohnya kelompok minoritas.
  • Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan baru
  • Prasangka negatif terhadap pengaruh kebudayaan baru.
  • Memiliki perasaan bahwa kebudayaan kelompok tersebut lebih tinggi dari pada kelompok lain.
  • Perbedaan fisik, seperti tinggi dan warna kulit

Proses Asimilasi

Asimilasiditandai oleh usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan tersebut, asimilasi meliputi usaha-usaha yang digunakan untuk mempererat tidakan, sikap dan perasaan denga memperhatikan kepentinga serta tujuan bersama. Dan hasil dari proses asimilsai yaitu semakin tipisnya batas perbedaan antar individu dalam suatu kelompok atau batasan antar kelompok. Untuk mengetahui lebih lengkap, simak ulasan berikut ini tentang proses asimilasi.

  1. Saling menghargai
    Masyarakat harus bisa menghargai unsur-unsur dan kebudayaan asing yang dibawanya. Dengan saling menghargai kebudayaan masing-masing maka proses asimilasi akan dengan mudah membaur, karena tidak semua unsur-unsur dalam kebudayaan baru berdamapk negatif. Banyak hal yang dapat diambil dari kebudayaan yang baru.
  2. Toleransi
    Adanya sikap toleransi antar dua kebudayaan yang berbeda. Sikap toleransi tersbut dapat dilakukan dengan saling menghargai pendpat yang berbeda serta saling menjaga sikap emosi dan egoisme. Dengan adanya sikap toleransi maka akan membuat dua kebudayaan dapat hidup berdampingan secara damai.
  3. Sikap Terbuka
    Dengan adanya sikap terbuka antar dua kebudayaan akan membuat masyarakat hidup dengan sejahtera dan damai.

Demikian informasi yang diberikan tentang Pengertian Asimilasi kebudayaan serta Faktor dan Proses terjadinya Asimilasi.  Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda seputar ilmu pengetahuan.