laut-indonesia

Daftar Nama Laut di Indonesia Berdasarkan Letaknya

Posted on

Mengenal Nama-Nama Laut di Indonesia Berdasarkan Letaknya

Indonesia merupakan negara kepulauan, mengapa disebut dengan negara kepulauan? Karena sebagian besar dari luas wilayah Indonesia merupakan perairan. Tahukah sahabat semua nama-nama pulau dan laut di Negara kita? Mungkin kita pernah mempelajari daftar nama laut yang ada di Indonesia sewaktu masih duduk dibangku sekolah dasar. Meskipun kita sudah pernah mempelajarinya, tidah salah jika kali ini kita membhas lagi seputar daftar nama laut yang ada di Indonesia sesuai dengan letaknya.

Sebelum kita mengetahui nama-nama laut, kita pelajari terlebih dahulu arti sebenarnya dari laut. Laut merupakan sekumpulan air asin dalam jumlah banyak dan luas yang menggenangi peemukaan bumi, serta menghubungkan atau memisahkan benua atau pulau dengan benua dan pulau lainnya.

Tahukah sahabat ? Bahwa Indonesia dikenal sebagai negara maritim atau bahari karena negara kita dikenal sebagai negara kepulauan. Luas wilayah laut di Indonesia mencapau 5,8 Juta km2 yang merupakan 70% dari luas seluruh wilayah Indonesia.

Karena banyaknya pulau-pulau yang tersebar, Indonesia memiliki berbagai laut dan selat yang memisahkan pulau-pulau tersebut, Dan kali ini kita akan bahas daftar nama laut di Indonesia lengkap dengan letaknya.

laut-indonesia

Daftar Nama Laut di Indonesia

  • Laut Arafura atau Arafuru
    Laut Arafura atau Arafuru merupakan lautan yang terletak di ujung tenggara wilayah Indonesia. Yaitu berada di antara benua Australia dan Pulau Papua. Sedangkan sebelah barat berbatasan dengan laut Banda (kep.Maluku) dan laut Timur. Laut Arafuru memiliki kedalam mencapai 3,6 km. (Di
  • Laut Banda
    Laut Banda merupakan lautan yang terletak di Kepulauan Maluku bagian selatan. Sedangkan di sebelah tenggara terdapat gugusan pulau-pulau dari kepulauan Maluku yang memisahkannya dengan laut Arafuru. Di sebelah selatan terdapat pulau-pulau Nusa Tenggara Timur. Atau lebih jelasnya disebelah Selatan Laut Seram
  • Laut Flores
    Laut Flores terletak di antara pulau Sulawesi (di sebelah utara) dan kepulauan Nusa Tenggara. Titik terdalam di laut Flores mencapai 5,1 km.
  • Laut Jawa
    Laut Jawa terletak di antara pulau Jawa (di sebelah selatan) dan pulau Kalimantan (di sebelah utara).Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudera Indonesia (Hindia) melalui Selat Sunda dan di bagian barat laut terhubung dengan laut China Selatan melalui selat Karimata.
  • Laut Maluku
    Laut Maluku terletak di antara pulau kepulauan Maluku (Maluku Utara) di sebelah timurnya, Pulau Sulawesi (Sulawesi Utara dan Tengah) di bagian baratnya, serta pulau Taliabu dan pulau Mangoli (Maluku Utara) di sebelah selatannya. Terhubung dengan laut Serat di sebelah tenggara, laut Banda di sebelah selatan, dan laut Sulawesi di sebelah utara.
  • Laut Sawu
    Laut Sawu terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Di sekitarnya terdapat Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Rote, Pulau Timor, dan Pulau Flores. Kedalaman laut Sawu mencapai 3,4 km.
  • Laut Timor
    Laut timur terletak di antara benua Australia dan pulau Timor (Timor Leste dan NTT). Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudera Hindia sedangkan di bagian timur terhubung dengan laut Arafuru.
  • Laut Halmahera
    Laut Halmahera terletak di antara pulau Halmahera, Maluku Utara (di sebelah barat) dan pulau-pulau di ujung timur pulau Papua (di sebelah Timur). Di sebelah timur laut terhubung dengan Samudera Pasifik.
  • Laut Seram
    Laut Seram terdapat di sebelah utara utara pulau Seram (Maluku) dan di sebelah barat pulau Papua. Di sebelah utaranya terdapat pulau Obi Maluku Utara) dan laut Halmahera.
  • Laut Sulawesi
    Laut Sulawesi terdapat di sebelah utara pulau Sulwesi, di sebelah timur pulau Kalimantan (Kalimantan Utara), dan pulau-pulau di Filipina. Di sebelah timur di pisahkan dari Samudera Pasifik oleh pulau-pulau kecil Sulwesi seperti pulau Sangihe dan Karakelong.

Daftar Nama Laut Terluas di Dunia

Nama Laut Terluas di Dunia

Itulah daftar nama laut yang terdapat di Indonesia, Sekian  postingan seputar Daftar Nama Laut di Indonesia Berdasarkan Bentuknya Semoga bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.