organisasi

16 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Definisi Pengertian Organisasi Menurut Pendapat Para Ahli Lengkap

Organisasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Organon yang berarti alat. Organisasi dapat di artikan sebuah kelompok orang dalam berada dalam wadah udemi mencapai tujuan yang sama. Pada dasarnya organisasi digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang yang berkumpul untuk bekerja sama secar rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya yang digunakan secara efisien untuk mencapai tujuan organisasi. Namun beberapa ahli mengemukakan pendapatnya seputar pengertian organisasi.

Berikut ini Pelajaransekolahonline.Com akan menyajikan informasi mengenai pengertian Organisasi menurut para ahli, antara lain:

1. Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer
Mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).

2. Menurut Chester L Bernard
Mengatakan bahwa organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.

3. Menurut James D Mooney
Mengatakan bahwa organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama atau Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose.

4. Menurut Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro
Mengatakan bahwa organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

5. Menurut Drs. Malayu S.P Hasibuan
Mengatakan organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.

6. Menurut Prof Dr. Sondang P. Siagian
Mengatakan bahwa organisasi merupakan bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

7. Menurut Stephen P. Robbins
Mengatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

8. Menurut Stoner
Mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

9. Menurut W.J.S. Poerwadarminta
Mengatakan bahwa organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai bagian (orang atau kelompok) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan tertata.

10. Menurut Janu Murdiyamoko & Citra Handayani
Mengatakan bahwa organisasi merupakan sebuah sistem sosial yang mempunyai identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas, prosedur dan cara kerja, serta daftar anggota yang secara terperinci.

11. Menurut Max Weber
Mengatakan bahwa organisasi adalah suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

12. Menurut Dahlan Al Barry
Mengatakan bahwa organisasi adalah pengaturan dan penyusunan bagian-bagian tertentu hingga menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan dari berbagai bagian sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan gabungan kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

13. Menurut Richard Scott
Mengatakan organisasi adalah kolektivitas yang disengaja & dibentuk untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang didasarkan pada asas kelangsungan.

14. Menurut Victor A. Thompson
Mengatakan bahwa organisasi merupakan intergrasi dari sejumlah orang yang ahli yang bekerja sama dengan sangat rasional & impersonal untuk mencapai tujuan – tujuan yang spesifik &telah disepakati sebelumnya.

15. Menurut Kochler
Mengatakan bahwa organisasi adalah sistem terstruktur yang mengkoordinasikan usaha tertentu oleh suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan.

16. Menurut Schein
Mengatakan bahwa organisasi adalah bentuk koordinasi segala aktivitas yang rasional oleh sejumlah orang untuk mencapai tujuan melalui pembagian dalam pekerjaan & fungsi hirarki otoritas serta tanggungjawab masing-masing anggota.

Terbentuknya sebuah organisasi dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Demikian artikel yang diberikan tentang 16 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..