pengertian-sejarah

21 Pengertian Sejarah Menurut Pendapat Para Ahli dan Secara Etimologi Terlengkap

Posted on

Mengetahui Penegrtian Sejarah Menurut Pendapat Para Ahli dan Secara Etimologi Lengkap dengan Kesimpulannya

Berbicara tentang sejarah tidak akan ada habisnya, lalu apakah yang dimaksud dengan sejarah? Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. Sedangkan secara umum, sejarah dapat diartikan sebagai kejadian yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan peninggalan berbagai peristiwa. Contoh mudah dalam pengertian ini yaitu peninggalan candi Borobudur di Jawa Tengah, yang merupakan peninggalan sejarah pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra yang didirikan oleh pada penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi.

Sejarah Menurut Etimologi

Dalam arti etimologi, sejarah memiliki beberapa versi pengertian, antara lain:

Dalam Bahasa Inggris, kata sejarah disebut dengan History yang artinya masa lampau, dapat diartikan sebagai masa lampau umat manusia.

Dalam Bahasa Arab, Kata sejarah disebut dengan Sajaratun(Syajaroh) yang artinya pohon dan keturunan. Sebagai contoh, jika kita membaca silsilah raja-raja maka akan tampak seperti gambar pohon, mulai dari sederhana menjadi besar. Dari contoh tersebut dapat diambil kesimpulan, sejarah diartikan sebagai silsilah rja-raja yang berarti peristiwa pemerintahan keluarga raja pada masa lampau.

Dalam Bahasa Yunani, sejarah disebut Istoria yang berarti Belajar. Dapat diartikan bahwa sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa, kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.

Dalam Bahasa Jerman, sejakah disebut Geschichte, yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Yaitu sesuatu yang telah terjadi pada mas alampau dalma kehidupan umat manusia.

Dalam Bahasa Indonesia sejarah disebut babad, hikayat, riwayat, atau tambo dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah

Itulah beberpa pengertian sejarah dalam ilmu etimologi. Selain pengertian diatas, beberapa ahli mengemukakan pendapatnya juga mengenai definisi Sejarah.

Sejarah Menurut Ahli

Menurut J.V Bryce
Sejarah merupakan catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh manusia.

Menurut W.H Walsh
Menurutnya Sejarah menitikberatkan pada sebuah pencatatan yang berarti dan penting bagi umat manusia. Catatan tersebut meliputi tindakan-tindakan atau pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sheingga merupakan cerita yang ebrarti.

Menurut Patrick Gardiner
Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

Menurut Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau lengkap dengan kejadian-kejadian dengan maksud utnuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitian tersebut, dan selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilai dan penentu keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

Menurut Moh. Yamin
Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dpat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Menurut Ibnu Khaldun
Sejarah merupakan catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang telah terjadi pada watak atau watak masyarakat itu.

Menurut Moh.Hatta
Sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Sejarah bukan hanya sekedar melahirkan kriteria dari kejadian dimasa lalu sebagai masalah. Sejarah juga bukan sekadar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi probelematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

Menurut Nugroho Notosusanto
Sejarah merupakan peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarat yang terjadi di masa lampau.

Menurut Taufik Abdullah
Sejarah merupakan tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu dimasa lamapu yang dilakukan ditempat tertentu.

Menurut Drs. Sidi Gazalba
Sejarah merupakan masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan pemahama tentang apa yang berlaku.

Menurut Rochmawati Wiriatmaja
Sejarah adalah disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-nilai spritual dan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, dan cerminan pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.

Menurut Aristoteles
Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. serta menurut Aristoteles bahwa sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.

Menurut Herodotus
Sejarah merupakan satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.

Menurut Leopold Von Ranke
Sejarah merupakan apa yang sungguh-sungguh terjadi.

Menurut Sir Charles Firth
Sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangannya.

Menurut Rober V Daniels
Sejarah merupakan kenangan dari tumpuan masa silam. Sejarah dimaksud dalam definisi sejarah manusia. Manusia merupakan pelaku sejarah. Kemampuan yang dimiliki oleh manusia adalah kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian yang ada di sekelilingnya. Hasil tangkapan tersebut menjadi ingatan atau memori dalam dirinya. Memori ini akan menjadi sumber sejarah.

Menurut R. G. Collingwood
Sejarah merupakan sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

Itulah beberapa pengertian Sejarn menurut pendapat para ahli. Sedangkan, dalam Bahasa arti sejarah dibedakan menjadi dua, yaitu arti luas dan arti sempit. Sejarah dalam arti sempit yaitu kejadian atau peristiwa, sedangkan dalam arti luas sejarah adalah suatu peristiwa manusia dari akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan rohani.

Dalam penjelasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa sejarah selalu dan akan terus berkesinambungan antara rentang peristiwa yang mencakup empat ospek, antara lain:

  1. Masa lalu, yang didapat digambarkna berdasarkan urutan waktu
  2. Berdasarkan hubungan sebab dan akibat
  3. Berdasarkan kebenaran yang bersifat subjektif sebab masih adanya penelitian lebih lanjut untuk mencari kebenaran yang hakiki.
  4. Peristiwa sejarah menyakut masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.

Itulah penjelasan yang diberikan tentang Pengertian Sejarah menurut Para Ahli dan Secara Etimologi . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.