persepsi

Pengertian Persepsi dan Jenis Jenis Persepsi Menurut Ahli

Posted on

Mengetahui Pengertian Persepsi Menurut Ahli dan Jenis-Jenisnya Terlengkap

Setiap individu pasti memiliki pandangan masing-masing tentang pendapat yang dilontarkan, itu merupakan salah satu contoh dari persepsi. Persepsi disebut juga dengan suatu pandangan, gambaran atau sebuah anggapan. Dalam persepsi terdapat tanggapan seseorang mengenai stu hal atau objek. Dalam kamus besar psikologi, persepsi diartikan sebagai suatu proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan dengan menggunakan indera-indera yang dimiliki sehingga ia menjadi sadar akan segala sesuatu yang ada dilingkungannya.

Persepsi memiliki banyak pengertian, berikut ini beberapa pendapat para ahli mengenai definisi dari Persepsi.

Pengertian Perspsi menurut Ahli

Menurut Purwodarminto
Persepsi adalah tanggapan langsung dari suatu serapan atau proses seseorang dalam mengetahui beberapa hal melalui pengindraan.

Menurut Asrori
Persepsi merupakan proses individu dalam menginterprestasikan, mengorganisasikan dan memberi makna terhadap stimulus yang berasal dari lingkungan dari individu berada, hal ini merupakan hasil dari proses belajar dan pengalaman.


Menurut Rahmat (1990:64)
Persepsi merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa dan hubungan-hubungan yang dipreoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

Menurut Slameto (2010:102)
Persepsi adalah prose yang berkaitan dengan masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia.

Menurut Wirawan Sarwono (1983: 89)
Persepsi adalah kemampuan seseorang untuk mengorganisir suatu pengamatan. Kemampuan tersebut antara lain, kemampuan membedakan, mengelompokkan, dan memfokuskan.

Menurut Irwanto (1991:71)
pengertian persepsi adalah proses diterimanya rangsang (objek, kualitas, hubungan antar gejala, maupun peristiwa) sampai rangsang itu disadari dan dimengerti.

Menurut Robbins (1999:124)
Persepsi merupakan kesan yang diperoleh individu melalui panca indera kemudian dianalisa, diinterprestasikasn, dan kemudian dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna.

Menurut Eysenck dalam Asrori (2009:215)
Persepsi merupakan proses belajar dan pengalaman. Hasil proses belajar dan interaksi seseorang akan memberikan pengalaman bagi dirinya untuk dapat membandingkan keadaan yang dihadapi.

Menurut Desirato
Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

Menurut Maramis
Persepsi adalah daya mengenal barang, kualitas atau hubungan dan perbedaan melalui proses mengamati, mengetahui dan mengartikan setelah panca indera mendapat rangsangan.

Menurut Joseph A. Devito
Persepsi adalah proses menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indera kita.

Jenis-Jenis Persepsi

Persepsi dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan proses pemahaman terhadap rangsangan yang diperoleh indera Manusia, antara lain:

  1. Persepsi visual , merupakan persepsi yang didapatkan dari indera penglihatan.
  2. Persepsi auditori, merupakan persepsi yang biasanya paling sering dibicaran.
  3. Persepsi perabaan persepsi, merupakan persepsi yang didapatkan dari indera peraba atau kulit.
  4. Persepsi penciuman, merupakan persepsi yang didapatkan dari indera penciuman atau hidung.
  5. Persepsi rasa, merupakan persepsi yang didapat dari indera perasa atau pengecap yaitu lidah.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Persepsi dan Jenis Jenis Persepsi Menurut Ahli.  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.