teori-kepribadian

Macam Teori Teori Kepribadian dan Pengertian Kepribadian Menurut Ahli

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli tentang Pengertian Kepribadian dan Macam Teori-Teori Kepribadian

Kepribadian merupakan suatu tingkah laku, ciri khas yang dimiliki oleh setiap individu. Tingkah laku dalam kepribadian mencakup arti luas, maka dari itu kita perlu memahami lebih lanjut tentang kepribadian, berikut ini merupakan kumpulan pendapat para ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi kepribadian.

Pengertian Kepribadian Menurut Ahli

  1. Menurut Roucek dan Warren
    Kepribadian adalah organisasi faktor-faktor sosiologis, psikologis, dan biologis yang didasari oleh perilaku individu.
  2. Menurut Theodore R Newcombe
    Kepribadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebgai latar belkang terhadap perilaku.
  3. Menurut George Herbert Mead
    Kepribadian adalah tingkah laku manusia yang berkembang melalui perkembangan diri. Perkembangan kepribadian dalam diri seseorang berlangsung seumur hidup. Menurutnya, manusia berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan anggota masyarakat.
  4. Menurut Koentjaraningrat
    Kepribadian merupakan ciri, watak yang diperhatikan seseorang secara lahir, konsisten dan kosekuen setiap manusia melakukan proses sosialisasi. Proses sosialisasi tersebut berlangsung selama manusia masih hidup. Kepribadian individu dapat terbentuk dalam tingkah laku, sehingga individu memiliki identitas khusus yang ebrbeda dengan orang lain.
  5. Menurut Robert Sutherland
    Kepribadian adalah abstraksi individu dan kelakuannya sama terhadap lingkungan masyarakat dan kebudayaan. Karena itulah kepribadian di gambarkan dapat saling berhubungan mempengaruhi antara tiga aspek tersebut.

Teori-Teori Kepribadian

Terdapat empat teori kepribadian utama yaitu

  1. Psychodynamic Theory
    Psychodynamic Theory merupakan teori yang diciptakan oleh Sigmund Freud. Dalam teorinya, ia merumuskan dengan Premis, bahwa kebutuhan atau dorongan yang tidak disadari konsumen terutama dorongan biologis dan seksual merupakan inti dari motivasi dan kepribadian. Dalam teori ini terdapat 3 system yang berinteraksi dalam kepribadian manusia, antara lain:


    •  Id , merupakan pusat dari semua dorongan primitive dan implusive
    •  Superego , merupakan ekspresi individual tentang perilaku yang dibenarkan menurut norma dan etika
    •  Ego, merupakan pengendalian diri yang disadari oleh individu.
  2. Neo-Freudian Personality Theory
    Teori ini diteliti oleh Karen Hornet. Dalam teorinya ia mengajukan sebuah mekanisme yang dilalui individual dalam rangka mencari jalan keluar dari konflik yang menggelisahkan. Dalam teori ini ia menjadi kepribadian menjadi 3 bagian, yaitu:

    • Compliant Individual, merupakan individu yang cenderung mendekati orang lain.
    • Aggressives Individual, merupakan individu yang menentang orang lain.
    • Detached Individual, merupakan individu yang cenderung menjauhi orang lain.
  3. Trait Theory
    Teori ini menurut Costa dan McCrae, menggunakan asumsi bahwa semua individu memiliki karakter berbeda dan karakter tersebut bersifat konsisten dan dapat diukur perbedaanya antara individu yang satu dengan yang lainnya. Costa dan McCrae membagi teori ini menjadi 5 karakter, yaitu :

    •  Extraversion, merupakan pribadi yang suka berada di dunia lain selain didunia mereka.
    • Neurotism, merupakan pribadi yang memiliki kondisi emosi yang tidak stabil, pesimis dan memiliki kepercayaan diri yang rendah.
    • Agreebleness, merupakan karakter yang cenderung memiliki keyakinan positif dan menghargai nilai-nilai orang lain.
    • Conscientiousness, merupakan pribadi yang memiliki sikap bertanggung jawab, penuh dedikasi, dan dapat dipercaya.
    • Openess to experience, merupakan pribadi yang memiliki karakter terbuka dalam pola berpikir dan mau menerima konsep-konsep baru.
  4. Carl Jung Theory
    Menurut Car Jung dalam teori ini berpendapat bahwa terdapat dua dimensi cara berperilaku dan empat fungsi psikologi. Dimensi tersebut menggambarkan tentang arah aliran energy psikis yaitu extroversion dan introversion. Extroversion adalah energy psikis yang diarahkan untuk mewujudkan dunia luar atau sesuatu. Sedangkan introversion adalah energy psikis yang focus pada proses-proses psikis internal yang meliputi perasaan dan ide-ide pemikiran. Fungsi dasar psikologis, antara lain:

    • Sensasi, merupakan sesuatu yang menjembatani masuknya aliran informasi ke dalam benak konsumen.
    • Intuisi, merupakan kemampuan yang digunakan untuk melihat sesuatu yang tidak nampak dan selalu berupaya untuk melihat pola dan gambaran besarnya.
    • Berpikir, merupakan tipe individu yang selalu menggunakan kemampuan intelektualnya untuk melakukan berbagai prtimbangan sebelum melakukan sesuatu.
    • Perasaan, merupakan individual yang cenderung menggunakan nilai-nilai pribadi dan perasaannya dalam proses pemecahan masalah.

Demikian artikel yang diberikan tentang Macam Teori Teori Kepribadian dan Pengertiannya semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..