gerak melingkar

Gerak Melingkar – Pengertian Dan Rumus Lintasan Gerak, Perpindahan, Kecepatan, Percepatan Linear

Posted on

Setelah mempelajari persamaan gerak lurus pada artikel sebelumnya, pembahasan selanjutnya kita uraikan penjelasan lengkap dengan rumus penyelesian dari Gerak melingkar.

Gerak melingkar adalah gerak yang mempunyai lintasan berbentuk lingkaran. Contoh gerak melingkar antara lain gerak jarum jam, gerak roda sepeda motor, dan gerak kipas angin. Di gerak ini, yang bergerak melingkar adalah suatu titik di ujung jarum, pinggiran roda, dan ujung baling-baling kipas angin.

gerak melingkar

 Lintasan Gerak

Benda-benda yang bergerak melingkar memiliki dua macam lintasan, yaitu lintasan linear (tangensial) dan lintasan sudut (anguler). Lintasan linear (s) adalah lintasan yang dibentuk oleh busur lingkaran, sedangkan lintasan sudut (9) adalah lintasan yang dibentuk sudut lingkaran. Agar lebih jelas perhatikan gambar di samping. Hubungan antara sdan 9 dituliskan dengan persamaan berikut.

s=ϴR

Keterangan:

s = lintasan linear (m)
ϴ = lintasan sudut (rad)
R = jari-jari (m)

Ada tiga satuan untuk mengukur sudut, yaitu dalam satuan derajat, putaran, dan radian. Kesebandingan ketiga satuan tersebut dituliskan sebagai berikut.


1 putaran = 360° 2 π radian
1 radian = 180°/π = 57,3°

Derajat, putaran, dan radian tidak berdimensi sehingga tidak mengubah satuan-satuan lain yang terlibat dalam perhitungan.

Perpindahan

Selain lintasan gerak, gerak melingkar benda menghasilkan perpindahan yang disebut perpindahan sudut (anguler) dan perpindahan linear (tangensial). Ilustrasi keduanya ditampilkan dalam gambar di samping.

Perpindahan sudut (anguler) dirumuskan:

∆ϴ=ϴ1 – ϴ0

Sedangkan perpindahan tangensial dirumuskan:

∆r = r1 – r0

Kecepatan Linear dan Kecepatan Sudut

Besaran yang terkait dengan perpindahan suatu benda adalah kecepatan. Hal ini juga berlaku dalam gerak melingkar. Sesuai dengan lintasan benda, kecepatan gerak melingkar dibagi menjadi kecepatan linear dan kecepatan sudut.

Kecepatan sudut rata-rata atau kecepatan anguler dirumuskan sebagai berikut.

1gerak melingkar

Kecepatan linear menyinggung lingkaran dengan arah membentuk sudut 90° (tegak lurus) terhadap jari- jari lingkaran.

Oleh karena ∆r = R∆ϴ diperoleh:

Percepatan Linear (Tangensial) dan Percepatan Sudut (Anguler)

Adanya besaran kecepatan dalam gerak melingkar akan memunculkan besaran lain, yaitu percepatan. Percepatan dalam gerak melingkar juga dibagi menjadi percepatan linear dan percepatan sudut. Persamaan percepatan sudut sesaat:

2gerakmelingakr

Hubungan antara percepatan tangensial dan percepatan sudut yaitu:

 aT= Rα

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Gerak Melingkar – Pengertian Dan Rumus Lintasan Gerak, Perpindahan, Kecepatan, Percepatan Linear. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: