komunikasi

101 Pengertian Komunikasi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli Tentang Definisi Komunikasi Terlengkap

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Secara umum komunikasi merupakan suatu sistem pengiriman serta penerimaan pesan pada dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah.

Secara etimologi, komunikasi berasal dari bahasa inggris yaitu Communication yang memiliki arti sama (bersama-sama). Banyak ahli mendefinisikan pendapatnya mengenai komunikasi, berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli tentang komunikasi.

Pengertian Komunikasi Menurut Ahli

Menurut William J.Seller
Komunikasi adalah suatu proses dimana simbol nonverbal dan verbal dikirimkan, diterima dan diberik makna.

Menurut Raymond Ross
Komunikasi adalah proses mensortir, memilih dan megirimkan simbol-simbol yang sedemikian rupa sehingga dapat membantu pendengar dalam membangkitkan daya respon atau pemaknaan dari sebuah pemikirna yangs elaras dengan yang dimaksud oleh komunikator.

Menurut Carl l.Hovland
Komunikasi adalah proses dimana seseroang dapat menyampaikan rangsangan atau dengan lambang verbal yang bertujuan untuk mengubah pola tingkah laku orang lain.

Menurut Onong Uchjana Effendy
Komunikasi adalah suatu proses dalam menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain dengan bertujuan untuk memberitahu, mengeluarkan pendapat, mengubah pola sikap atau perilaku baik langsung maupun tidak langsung.

Menurut Colin Cherry
Komunikasi adalah proses yang pihak-puhaknya saling menggunakan informasi dalam mencapai tujuan secara bersama dan mengaitkan hubungan antar penerus rangsangan dan pembangkitan balasannnya.

Menurut Forsdale
Komunikasi adalah sebuah proses yang dalam sistem terbentuk dan dipelihara serta diubah dengan bertujuan agar sinyal-sinyal yang dikirimkan dan dapat diterima dengan dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Menurut Everett M.Rogers
Komunikasi adalah proses dimana ide dialihkan dari satu sumber ke penerima lainnya dengan tujuan untuk mengubah pola perilaku mereka.

Menurut Ruben dan Steward
Komunikasi adalah suatu proses mengaitkan individu yang satu dengan individu yang lainnya dalam suatu komunitas, kelompok, organisasi dan masyarakat yang menciptakan dan merespon pesan dengan tujuan beradaptasi dengan lingkungan yang satu dengan lainnya.

Menurut Deddy Mulyana
Komunikasi terdiri dari tiga konseptual yaitu komunikasi sebagai interaksi, komunikasi sebagai interaksi dan komunikasi sebagai tindakan satu arah.

Menurut William I Gorden
Komunikasi dapat dikategorikan menjadi 4 yaitu komunikasi instrumental, komunikasi ritual, komunikasi sosial, dan komunikasi ekspresif.

Menurut James A.F Stoner
Komunikasi adalah sistem dimana seorang berupaya memberi pengertian lewat cara perpindahan pesan.

Menurut Prof.Drs.H.A.Widjaya
Komunikasi adalah jalinan kontak antar serta pada manusia baik individu ataupun grup.

Demikan  penjelasan yang diberikan tentang Pengertian Komunikasi Menurut Pendapat Para Ahli. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda. Terimakasih..