gerak lurus

Persamaan Gerak Lurus – Pengertian Dan Rumus Vektor, Perpindahan, Kecepatan, Percepatan

Posted on

Sebelum kita bahas artikel selanjutnya.. Coba bayangkan peristiwa berikut. Seorang pemain sepak bola mendapat hadiah tendangan bebas ke arah gawang lawan.Tentu saja beberapa pemain lawan akan membuat pagaruntukmenahan bola.Tendangan seperti apa agar bola dapat melewati pagar pemain? Tentu saja penendang bola akan melakukan tendangan ’’pisang”  yang arah lintasan bolanya melengkung (parabola).

gerak lurus

Peristiwa itu melibatkan gerak parabola. Sudut elevasi dan kecepatan awal memengaruhi posisi suatu benda dalam gerak parabola. Selain itu, percepatan gravitasi juga memengaruhi gerak parabola. Bagaimana persamaan yang berlaku pada gerak parabola? Temukan jawabannya pada artikel ini.Gerak Lurus

Kali ini akan mempelajari persamaan gerak secara vektor. Besaran-besaran seperti perpindahan, kecepatan, dan percepatan tidak hanya terletak pada satu garis lurus, tetapi memiliki dua atau tiga buah komponen.

Vektor Satuan dan Vektor Posisi

Ukuran benda dapat diwakili oleh sebuah titik materi atau partikel. Posisi titik materi dinyatakan dengan sebuah vektor. Vektor ini dinyatakan dengan vektor-vektor satuan.

Vektor Satuan

Vektor satuan adalah suatu vektor yang memiliki panjang atau besar sama dengan satu. Misalnya vektor a adalah suatu vektor satuan, maka a sama dengan satu, sedangkan 2a sama dengan dua.

Vektor Posisi

Vektor posisi adalah vektor yang menyatakan posisi suatu titik materi pada suatu bidang datar (dimensi dua) atau dalam ruang (dimensi tiga). Posisi suatu titik materi pada bidang datar atau dalam ruang dinyatakan oleh vektor posisi r .

Perpindahan

Perpindahan adalah perubahan posisi suatu titik materi pada waktu tertentu. Misal pada saat t1  vektor posisi awal titik materi adalah r1 dan pada saat t2 vektor posisi akhir titik materi adalah r2. Perpindahan, yang dilambangkan dengan ∆r dituliskan dengan persamaan berikut.

∆r      = r2 – r1
=  (x2 – x1)i + (y2 – y1)j + (z2 – z1)k

Besar perubahan posisi (jarak) dirumuskan dengan:

gerak1

Kecepatan Gerak Benda

Kecepatan adalah kelajuan yang memperhatikan arah gerak benda. Kecepatan yang akan kita bahas adalah kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat.


→Kecepatan Rata-Rata

Kecepatan rata-rata adalah hasil bagi perpindahan dengan selang waktu. Persamaannya dituliskan sebagai berikut.

gerak2

Besar kecepatan rata-rata dirumuskan :

gerak3

Kecepatan Sesaat

Kecepatan sesaat adalah kecepatan rata-rata untuk selang waktu mendekati nol. Kecepatan sesaat dihitung menggunakan limit kecepatan rata-rata dengan selang waktu sangat kecil atau mendekati nol. Persamaannya sebagai berikut.

gerak4

Besar kecepatan sesaat dirumuskan sebagai berikut:

gerak5

→Menentukan Posisi dari Fungsi Kecepatan

Posisi titik materi pada koordinat X, Y, dan Z dapat ditentukan dengan mengintegralkan kecepatan vx, vy, dan vz.
Komponen x0, y0, dan z0 adalah koordinat posisi awal titik materi pada sumbu X, Y, dan Z. Berdasarkan pengintegralan tersebut, vektor posisi dapat dituliskan sebagai berikut.

gerak6

Percepatan Gerak Benda

Ada dua jenis percepatan, yaitu percepatan rata-rata dan percepatan sesaat.

Percepatan Rata-Rata

Percepatan rata-rata adalah perubahan kecepatan dalam suatu selang waktu tertentu. Besar percepatan rata-rata dituliskan sebagai berikut.

gerak7

Percepatan Sesaat

Seperti halnya pada kecepatan, percepatan dapat pula ditinjau dari suatu waktu dan titik tertentu. Percepatan ini disebut percepatan sesaat.Besar percepatan sesaat sebagai berikut.

gerak8

→Menentukan Kecepatan dari Fungsi Percepatan

Kecepatan dapat ditentukan dengan mengintegralkan fungsi percepatan. Persamaannya dituliskan sebagai berikut

Dv=adt

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Persamaan Gerak Lurus – Pengertian Dan Rumus Vektor, Perpindahan, Kecepatan, Percepatan. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: