fungsi-komunikasi

Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli dan Penjelasan Terlengkap

Posted on

Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli dan Penjelasan Tentang Syarat dan Kerangka Komunikasi

Pada pembahasan sebelumnya, kita pernah ulas tentang pengertian dari komunikasi pada postinag sebelumnya. Dalam kehidupan sehari-sahi komunikasi berfungsi sebagai media penyampaian kepada orang lain. Jika diartikan dalam pengertiannya, komunikasi memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan akan kita bahas bersama tentang fungsi komunikasi berdasarkan para ahli.

Fungsi Komunikasi Menurut Ahli

Menurut Gordon I. Zimmerman, menjelaskan bahwa komunikasi berguna untuk menyelesaikan setiao tugas penting bagi kebutuhan kita, juga untuk memberi sandang pangan kepada diri sendiri dan memuaskan kepenasaran kita terhadap lingkungan serta untuk menikmati hiudp.

Menurut Judy C. Person & Paul E. Nelson, menjelaskan bahwa komunikasi memiliki fungsi unutk kelangsunagn hidup diri sendiri dan kelangsungan hidup bermasyarakat. Contoh sebgai kelangsungan hidup diri sendiri yaitu dalam meningkatkan kesadaran pribadi, keselamatan jiwa, menampilkan diri sendiri kepada orang lain dan juga menanggapi ambisi diri. Sedangkan fungi untuk kelangsungan hidup bermasyarakat yaitu untuk memperbaiki hubungan sosial masyarakat dan mengembangkan keberadaan suatu masyarakat.

Menurut Effendi, membagi fungsi komunikasi menjadi 4 bagian yaitu To Inform (menginformasikan), To Aducate (mendidik), To Entertain (menghibur), dan To Influence (mempengaruhi).

Menurut Rudolf F.Verderber, membagi fungsi komunikasi menjadi 2 bagian, yaitu fungsi sosial dan fungsi pengambilan keputusan.


Fungsi Komunikasi Secara Umum

Secara umum, komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut

  1. Menyampaikan pikiran
  2. Dengan komunikasi jadi tidak terasing atau terisolasi
  3. Mengajarkan atau memberitahu sesuatu
  4. Mengetahui atau mempelajari peristiwa di lingkungan
  5. Mengenal diri sendiri
  6. Memperoleh hiburan atau menghibur orang lain
  7. Mengurangi atau dapat menghilangkan rasa tegang
  8. Mengisi waktu luang
  9. Menambah pengetahuan
  10. Membujuk orang lain untuk berpendapat.

Syarat Komunikasi

Dalam penggunaanya, komunikai diperlukan beberapa syarat tertentu yang digunakan , antara lain:

  • Source (sumber). Sumber merupakan sebuah dasar untuk menyampaikan pesan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber informasi tersebut adalah orang, lembaga, buku dan lain-lain.
  • Komunikator. Komunikator merupakan pelaku yang menyampaikan pesan dapat berupa individu yang sedang berbicara atau penulis, selain itu dapat juga berupa kelompok orang, atau organisasi komunkasi seperti televisi, radio, surat kabar, fil dan lainnya.
  • Saluran (channel). saluran merupakan komunikator yang digunakan dalam menyampaikan pesan. Saluran komunikasi berupa saluran formal dan saluran informal.
  • Komunikan. Komunikan adalah penerima pesan dalam komunikasi berupa individu, kelompok atau massa.
  • Effect (hasil). Effect adalah hasil akhir dari suatu komunikan dengan bentuk terjadinya perubahan sikap dan perilaku komunikan. perubahan tersebut dapat sesuai dengan keinginan atau tidak, sesuai dengan keinginan komunikator.

Kerangka Komunikasi

Komunikasi dibagi menjadi 4 kerangka, antara lain:

  • Komunikasi sosial
    Komunikasi sosial bertujuan untuk mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri, aktualisasi diri, untuk keberlangsunagn hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, dan terhindar dari tekanan dan ketegangan.
  • Komunikasi ekspresif
    Komunikasi ekspresif bertujuan untuk mempengaruhi orang lain, namun dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebtu menjadi instrument untuk menyampaikan perasaan emosi
  • Komunikasi ritual
    Komunikasi ritual bertujuan untuk komitmen kepada tradisi keluarga, komunitas, suku, bangsa, negara, ideology atau agama.
  • Komunikasi instrumental
    Komunikasi instrumental bertujuan umum seperti menginformasikan, mengajak, mengubah sikap dan keyakinan, dan mengubah atau menggerakkan tindakan dan juga menghibur.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli dan Penjelasan.  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.