1

Penjelasan Ruang Lingkup Lingkungan Biotik Ekologi terlengkap

Posted on

Anda mungkin pernah melihat pemandangan yang indah di pantai. Ikan-ikan bergerak ke sana kemari dan tumbuhan laut yang beraneka ragam. Kondisi lingkungan yang kita amati tersebut dapat dikatakan sebagai suatu ekosistem laut.

Selain di air, juga banyak terdapat macam ekosistem di darat. misalnya alam sekitar tempat tinggal kita. Sebenarnya, apakah ekosistem itu? Bagaimana suatu kondisi dikatakan sebagai suatu ekosistem? Faktor apa saja yang menunjukkan suatu lingkungan dapat dikatakan sebagai suatu ekosistem? Agar kita bisa menjawab berbagai pertanyaan tersebut, marilah kita mempelajari bab ini. Pada pembahasan sebelumnya tentang ekologi, sudah disebutkan bahwa Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara faktor biotik dan faktor abiotik. Faktor biotik meliputi semua makhluk hidup. Mari kita bahas tuntas apa itu lingkungan Biotik.

1

Lingkungan Biotik

Lingkungan biotik berupa semua makhluk hidup yang berinteraksi dengan individu dalam suatu ekosistem. Hal ini akan memengaruhi penyebaran populasi dan kepadatan populasi suatu organisme. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan peranannya adalah sebagai berikut.

Produsen

Produsen mencakup semua organisme yang dapat membuat zat organik yang dibutuhkannya dari zat anorganik sehingga disebut organisme/makhluk hidup autotrof. Tumbuhan hijau dapat mengubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik yang diperlukannya dengan bantuan energi cahaya melalui fotosintesis

sehingga termasuk organisme fotoautotrof. Adapula organisme yang dapat mengubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik yang diperlukan dengan bantuan energi kimia sehingga disebut organisme kemoautotrof. Fitoplankton merupakan produsen dalam lingkungan perairan.


Konsumen

Selain dijumpai adanya organisme autotrof, ada pula organisme yang tidak dapat menghasilkan zat organik yang dibutuhkannya sendiri. Organisme yang termasuk golongan ini disebut heterotrof. Heterotrof berperan sebagai konsumen atau pengguna. Dalam lingkungan perairan dapat dijumpai zooplankton yang merupakan organisme konsumen pemakan fitoplankton.

Berdasarkan jenis makanannya konsumen dibedakan menjadi tiga kelompok. Konsumen pemakan tumbuhan disebut herbivor. Konsumen pemakan herbivor atau hewan yang lain disebut karnivor. Adapun konsumen yang memakan tumbuhan dan hewan disebut omnivor.

Peftgurai

Pengurai atau dekomposer merupakan konsumen yang mampu menguraikan zat organik menjadi zat anorganik. Konsumen yang hidup dalam media organik, misalnya jamur, disebut saprotrof.

Detritivor

Detritivor merupakan konsumen yang memakan bangkai organisme. Organisme yang termasuk kelompok ini adalah cacing tanah, semut, rayap, belatung, siput, kelabang, ulat, dan teripang.

Interaksi antara makhluk hidup dan makhluk hidup lain akan memengaruhi penyebaran populasi dan kepadatan populasi. Organisasi makhluk hidup dari tingkat rendah ke yang tinggi adalah individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer.

  1. Individu
    Individu merupakan unit terkecil dan suatu makhluk hidup, misalnya seekor semut dan seorang manusia.
  2. Populasi
    Populasi merupakan satu/lebih individu makhluk hidup sejenis (satu jenis) yang hidup dalam suatu ekosistem, misalnya sebatang pohon beringin di ekosistem hutan, sekumpulan tanaman padi di ekosistem sawah.
  3. Komunitas
    Komunitas dalam arti luas merupakan kumpulan beberapa populasi yang menempati areal tertentu. misalnya populasi semut, populasi belalang, dan populasi kambing yang hidup di padang rumput. Komunitas dalam pengertian khusus adalah kumpulan organisme yang beranggotakan semua populasi, misalnya komunitas pohon beranggotakan semua populasi berbagai jenis pohon, komunitas burung beranggotakan semua populasi bebagai jenis burung. Setiap kelompok memiliki peranan yang penting dalam lingkungan tersebut (nic/te/relung), atau dapat dikatakan pula sebagai status fungsional suatu organisme dalam ekosistem. Dalam relungnya, organisme tersebut dapat berperan aktif atau tidak aktif.
  4. Ekosistem
    Ekosistem merupakan satu kesatuan makhluk hidup (kumpulan beberapa komunitas) dengan lingkungannya. Di dalam ekosistem terjadi interaksi antara faktor biotik-biotik. biotik-abiotik, dan abiotik-abiotik. Di dalam ekosistem itulah terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan hidupnya, misalnya ekosistem kolam.
  5. Biosfer
    Biosfer merupakan kumpulan berbagai ekosistem yang membentuk suatu rangkaian kehidupan secara global atau merupakan semua kehidupan yang ada di muka bumi ini.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Penjelasan Ruang Lingkup Lingkungan Biotik Ekologi terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya:

Pengertian Dan Ruang Lingkup Ekologi

Pengertian Dan Contoh Reptilia, Aves, dan Mammalia Lengkap Dengan Gambar

Pengertian, Klasifikasi, Dan Kelas Vertebrata

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Peranan Echinodermata (hewan berkulit duri)

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Pembagian Kelas Arthropoda Beserta Gambar

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Pengelompokkan Mollusca