klasifikasi-hewan-vertebrata

Pengertian Dan Contoh Reptilia, Aves, dan Mammalia Lengkap Dengan Gambar

Posted on

Sebelum kita bahas tentang postingan kali ini, untuk memudahkan para pembaca, ada baiknya pembaca sudah membaca postingan kami yang sebelumnya tentang Pengertian, Klasifikasi, Dan Kelas Vertebrata,   disebutkan bahwa organisme yang termasuk vertebrata dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mammalia. Pada postingan seblumnya kita sudah bahas tentang Pisces Dan Amphibia, kali ini kita bahas tentang Reptilia, Aves, dan Mammalia .

klasifikasi-hewan-vertebrata

Reptilia

penyu hijauReptilia merupakan Vertebrata yang mampu menyesuaikan diri di lingkungan kering di tanah. Kulitnya mengalami penandukan (kornifikasi) untuk mencegah banyak hilangnya cairan tubuh. Tubuh dilengkapi dengan dua pasang anggota gerak, masing-masing memiliki lima jari, ada jenis yang tidak memiliki kaki. Reptilia berkembang biak dengan bertelur. Telur diletakkan di suatu tempat dan dibiarkan menetas sendiri. Namun, ada beberapa hewan yang mengerami telumya. Reptilia memiliki lubang kloaka yang transversal (plagiotremata). Reptilia memiliki gigi untuk mempertahankan diri serta mengunyah makanan.

Pernapasan Reptilia selalu dengan paru- paru. Pada Chelonia pemapasan juga dilakukan melalui kloaka. Sistern peredaran darah berupa jantung yang terdiri atas dua serambi dan dua bilik dengan sekat yang tidak sempuma (foramen Pannizza) pada Crocodilia sehingga pemisahan darah tidak sempurna.

Reptilia dibagi menjadi empat ordo, yaitu Chelonia, Rhynchocephalia, Squamata, dan Crocodilia

  • Chelonia
    Tubuh bulat pipih dan umumnya relatif besar terbungkus oleh perisai. Bagian atas yang cembung disebut karapaks, sedangkan bagian bawah yang datar disebut plastron. Tidak memiliki gigi, tetapi rahang berkulit tanduk. Kloaka dapat berfungsi membantu pemapasan dalam air. Contoh: Chelonia mydas (penyu hijau); Chelonia imbricata (penyu besar).
  • Rhynchocephalia
    Tubuh menyerupai kadal, bagian punggung berduri pendek. Contohnya, Sphenodon punctatum (tuatara) hidup di Australia.
  • Squamata
    Tubuh terbungkus kulit yang menanduk, memiliki hemipenis ganda. Muara anus trasversal. Contoh: Mabouya multifaciate (kadal); Chameleon chameleon (bunglon) Varamus komodoensis (komodo); Lampropeltis bovlii (ular weling); Nay a tripudont (ular kobra): Python molurus (ular sawah).
  • Crocodilia
    Tubuh panjang, kepala besar dan runcing, rahan kuat. dan memiliki gigi tumpul, kaki pendek dengan jari-jari berselaput tebal {web), ekor panjang, kulit tebal menanduk. Contoh: Crocodylus americanus (buaya); Alligator sp.

Aves

avesAves merupakan kelompok hewan yang mendiami semua habitat. Warna dan suara beberapa Aves merupakan daya tarik bagi manusia. Ilmu yang khusus mempelajari tentang Aves disebut ornitologi.

Tubuh Aves terbungkus oleh bulu (Gambar 9.38), memiliki dua pasang anggota gerak, yaitu berupa sepasang sayap dan sepasang kaki. Masing-masing kaki berjari empat buah, cakar terbungkus oleh kulit yang menanduk dan bersisik.

Pada mulut terdapat paruh atau sudu (cocor) yang terbungkus oleh zat tanduk. Respirasi dilakukan dengan paru-paru dan berhubungan dengan kantong udara {saccuspneumaticus). Suhu tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan, disebut homoiotermis. sehingga suhu tubuhnya tetap.


Hewan ini tidak memiliki kantong kemih. Hewan betina hanya memiliki ovarium dan oviduk kiri. Fertilisasi terjadi di dalam tubuh hewan betina sehingga disebut fertilisasi internal Telur memiliki cangkang yang keras. Tubuhnya memiliki kantong empedu, kecuali pada merpati. Otot yang menggerakkan sayap disebut pektoralis mayor (untuk mengangkat sayap) dan pektoralis minor (untuk menurunkan sayap). Otot ini berpangkal di krisU: stemi (dada).

Aves dikelompokkan antara lain menjadi ordo-ordo berikut.

  • Archaeornithes
    Burung-burung dari kelompok ini masih memiliki sifa:- sifat Reptilia, yaitu pada rongga mulut terdapat gigi, pada sayap terdapat kait kuku panjang, kaki belakang bersisii. dan ekor tampak panjang. Semua kelompok ini sudah punar. Contohnya Archaeopteryx lithografis.
  • Struthioniformes
    Burung dari kelompok ini tidak dapat terbang, hidup ± darat, kaki berjari dua. Contohnya Struthio camelus (burung unta) yang hidup di Afrika dan Jazirah Arab.
  • Galliformes
    Kaki dari kelompok ini berguna untuk berlari dan mengais tanah. memiliki paruh pendek. Contohnya: Gallus gallus bankiva (ayani hutan); Megacephlon maleo (maleo, terdapat di Sulawesi Utara), dan Meleagris gallopavo (kalkun atau ayam belanda, berasal dari Amerika Utara).
  • Columbiformes
    Hewan berparuh pendek dan langsing dengan cara pada pangkalnya. Contoh: Geopelia striata (perkutut); Streptopelia chinensis (tekukur); Columba livia (merpati).
  • Passeriformes
    Kebanyakan burung ordo ini dapat berkicau dengan indah. Kaki berjari empat, tiga jari menunjuk ke muka, satu jari menunjuk ke belakang, berguna untuk bertengger. Contohnya: Leucopsar rothschildi (jalak); Gracula religiosa (beo); Paradisea apoda (cendrawasih), dan Pycnonotus aurigaster (ketilang).
  • Anseriformes
    Hewan ini memiliki paruh melebar dari bahan tanduk, tetapi keras pada ujungnya. Kaki berjari tiga, dilengkapi dengan selaput renang (web), ekor pendek dengan banyak bulu. Contohnya Cygnus sp. (angsa); dan Dendrocygna javanica (belibis).

Mammalia

mamaliaHewan Mammalia memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya serta mengasuhnya dalam waktu tertentu. Mammalia merupakan kelompok hewan yang tertinggi tingkatannya. Tubuhnya tertutup oleh rambut kulit banyak mengandung kelenjar (sebasea/kelenjar minyak, sudorifera/kelenjar keringat, bau. dan susu/glandula mammae). Mamalia memiliki empat anggota gerak, berupa kaki, masing- masing kaki berjari lima. Jantung terdiri atas empat ruang yang sempurna, yaitu dua atrium dan dua yentrikel. Pernapasan berlangsung dengan organ paru-paru. Sistem ekskresi dengan ginjal, kulit. dan paru-paru. Hewan jantan memiliki alat kopulasi berupa penis, sedangkan yang betina memiliki vagina. Hewan betina biasanya memiliki plasenta yang menghubungkan embrio dengan dinding uterus.

Perkawinan terjadi secara internal. Embrio akan berkembang dalam tubuh induk betina dan setelah lahir akan disusui.

Mamalia dikelompokkan menjadi beberapa ordo, antara lain

  1. Monotremata
    Sering disebut ’’mamalia petelur” karena hewan ini bertelur. Setelah anaknya menetas maka akan disusui. Hewan ini tidak memiliki daun telinga. Contoh Omithorhynchus anatinus (platipus), hidup di Australia.
  1. Marsupalia
    Hewan betina memiliki marsupium (kantong di bagian perut), uterus dan vaginanya ganda. Biasanya tidak berplasenta. Contoh Marcopus kangaroo (kanguru Australia), Thylogale bruinji (kanguru Irian).
  1. Chiroptera
    Merupakan mamalia terbang. Kaki muka kecil dengan 2-5 jari, panjang dan disokong oleh kulit yang menghu- bungkannya dengan kaki belakang. Contoh Pterocarpus edulis (kalong, kelelawar pemakan buah), Eptesicus sp. (kelelawar cokelat).
  1. Primata
    Hewan ini memiliki anggota badan panjang. Masing- masing dengan lima jari, berkuku pipih/cekung. Sebagian besar ibu jar) dapat digerakkan berlawanan untuk memanjat Biasanya hidup arboreal (hidup di pohon). Contoh Nasalis larx’atus (bekantan Kalimantan), Syimphalangus syndactylm (gibon/siamang/wau-wau).
  1. Cetacea
    Tubuh berukuran besar, berbentuk seperti sekoci, kepali panjang. Memiliki beberapa sirip pungguiig berdaging. Ekor panjang dan lebar. Permukaan tubuh licin tanpa rambut, tidais memiliki kelenjar kulit, memiliki kelenjar susu. Contoh Delphinus delpis (lumba-lumba), Siboldus musculus (pan- raksasa).
  1. Carnivora
    Anggota tubuh dapat bergerak cepat, biasanya kaia berjari lima dilengkapi kuku. Memiliki gigi taring yang tajam. Kelompok ini termasuk predator, memangsa hewan lain. Contoh: Canis lupus (serigala) hidup di Eropa da Amerika, Helarctos malayanus (beruang madu, hidup JK Sumatra dan Kalimantan), Fells leo (macan afrika), Panthera leo (singa).
  1. Artiodactyla
    Hewan dengan jari kaki 2-4 yang dibungkus okfll teracak zak tanduk, pada kepala terdapat tanduk/cula kecil pada babi, gigi tereduksi, lambung 4 buah. Contoh Sus scrofa (babi hutan), Chaeropsis liberiensis (badak Afrika Barat), Rhinoceros sondaicus (badak Ujung Kulon), Capra aegragus (kambing), Bos indicus (sapi), Bos sondaicus (banteng).

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dan Contoh Reptilia, Aves, dan Mammalia Lengkap Dengan Gambar. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya:

Pengertian, Klasifikasi, Dan Kelas Vertebrata

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Peranan Echinodermata (hewan berkulit duri)

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Pembagian Kelas Arthropoda Beserta Gambar

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Pengelompokkan Mollusca

Ciri-Ciri, Klasifikasi, Dan Peranan Annelida Invertebrata

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Kelas Nemathelminthes (Cacing Gilik)

Ciri-Ciri dan Klasifikasi Platyhelminthes (Cacing Pipih) Terlengkap