macam-macam-demokrasi

Macam-Macam Demokrasi dan Penjelasannya Secara Lengkap

Posted on

Mengetahui Macam-Macam Demokrasi Lengkap dengan Penjelasanya

Dalam postingan sebelumnya, kita telah membahas tentang penegrtian demokrasi, ciri-ciri dan prinsip demokrasi. Kali ini kita akan mengulas kembali tentang demokrasi, dalam postingan sebelumnya dikatakan bahwa Demokrasi merupakan bentuk pemenerintahan dimana semua warga negaranya memiliki hak yang setara dalm pengambilan keputusan yang diharapkan dapat merubah hidup mereka. Demokrasi tersebut mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Baca juga : Pengertian Prinsip dan Ciri – Ciri Demokrasi Menurut Ahli 

Selain terdapat prinsip dan ciri-ciri demokrasi, perlu kita ketahui bahwa terdapat banyak macam-maca demokrasi yang telah menjadi bagian dari suatu pemerintahan suatu negara di dunia. Berikut ini kita akan membahas macam-macam demokrasi berdasarkan kategori dibagi menjadi 3 bagian, yaitu berdasarkan penyaluran kehendak rakyat, berdasarkan hubungan antar kelengkapan negara, dan berdasarkan prinsip ideologi. Berikut penjelasannya.

Macam-Macam Demokrasi

1. Demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat

  • Demokrasi langsung
    Demokrasi langsung merupakan sistem demokrasi yang megikut sertakan seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan negara.
  • Demokrasi tidak langsung
    Demokrasi tidak langsung merupakan sistem demokrasi yang digunakan untuk menyalurkan keinginan dari rakyat melalui perwakilan dari parlemen.

2. Demokrasi Berdasarkan Hubungan antar Kelengkapan Negara

  • Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum
    Merupakan sistem demokrasi yang dimana rakyat memilki perwakilan untuk menjabat diparlemen namun tetap dikontrol oleh rakyat dengan sistem refrendum.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer
    Merupakan sistem demokrasi yang didalamnya terdapat hubungan kuat antara badan eksekutif dan badan legislatif.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan
    Merupakan sistem demokrasi dimana kedudukan antara eksekutif dan legislatif terpisah, sehingga keduanya tidak berkaitan secara langsung seperti sistem parlementer.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum dan inisiatif rakyat
    Merupakan sistem demokrasi gabungan dari demokrasi perwakilan/tidak langsung dan demokrasi secara langsung. Dalam sistem tersebut masih tetap ada badan perwakilan namun dikontrol oleh rakyat melalui refrendum dan sifatnya obligator dan fakultatif.

3. Berdasarkan prinsip Ideologi

  • Demokrasi liberal
    Demokrasi liberal adalah demokrasi berdasarkan atas hak individu suatu warga negara yang menekankan sebuah kebebasan setiap individunya dan sering mengabagikan kepentingan umum.
  • Demokrasi Rakyat
    Demokrasi rakya adalah demokrasi berdasarkan atas hak pemerintah dalam suatu negara yang didasari dari paham sosialisme dan komunisme yang mementingkan kepentingan negara dan kepentingan umum.
  • Demokrasi pancasila
    Demokrasi pancasila adalah demokrasi yang bersumber dari tata nilai sosial dan budaya bangsa Indonesia dengan berdasarkan musyawarah dan mufakat yang mengutamkakn kepentingan umum. Demokrasi pancasila merupakan ideologi negara Indonesia dan berasal dari Indonesia.

Demikan  penjelasan yang diberikan tentang Macam-Macam Demokrasi dan Penjelasannya. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda. Terimakasih..