pemahaman ekologi tumblr_maefc5tpV01rqehx4

Kajian Ekologi Lengkap Dengan Jenisnya

Posted on

Setelah kita bahas tuntas tentang ekologi dan ruang lingkup nya, disebutkan bahwa Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara faktor biotik dan faktor abiotik  kali ini kita akan bahas mengenai kajian ekologi, Mari kita bahas bersama-sama..

pemahaman ekologi tumblr_maefc5tpV01rqehx4

Kajian Ekologi

Bahan kajian ekologi meliputi hubungan (interaksi) antar- organisme. Interaksi dibedakan menjadi dua, yaitu antarspesies yang sama (intraspesies) dan interaksi dengan spesies lain (interspesies).

Hubungan intraspesies terjadi antarindividu dalam satu populasi. Hal itu terjadi karena tidak ada satu individu yang dapat hidup sendiri Dalam hubungan intraspesies dapat terjadi kompetisi (persaingan) dan predasi (pemangsaan).


Selain mengkaji interaksi antarorganisme, bab ini juga mengkaji tentang hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya yang akan membentuk suatu ekosistem yang berbeda. Interaksi yang terjadi antara faktor biotik dan faktor biotik yang lain dapat berupa kompetisi. netral, predasi, antibiosis, dan simbiosis.

Kompetisi

Kompetisi merupakan hubungan antarspesies yang menyebabkan terjadinya persaingan untuk mendapatkan makanan. tempat hidup, maupun pasangan. Misalnya, kompetisi antara citah dan singa yang saling memperebutkan makanan berupa zebra.

Netral

Netral merupakan hubungan antarspesies yang hidup bersama tanpa terjadi gangguan. Misalnya, hubungan antara kambing dan semut di padang rumput.

Predasi

Predasi merupakan hubungan antara spesies yang dimangsa dan spesies yang memangsa (predator). Misalnya, singa sebagai predator dan zebra sebagai mangsa.

Antibiosis (Amensalisme)

Antibiosis mempakan hubungan antarspesies yang satu menghambat kerja spesies yang lain. Misalnya, jamur Penicillium yang menghambat pertumbuhan bakteri.

Simbiosis

Simbiosis merupakan hubungan antar-spesies yang berbeda dan hidup pada suatu tempat tertentu. Berdasarkan sifat hubungan tersebut, simbiosis dapat dibedakan menjadi simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme.

  • Simbiosis Komensalisme
    Simbiosis komensalisme merupakan hubungan antara dua organisme dengan salah satu organisme diuntungkan, sedangkan yang lain tidak dimgikan. Misalnya, tanaman anggrek dan pohon mangga, ikan hiu dan ikan remora, ikan badut dan anemon laut.
  • Simbiosis Parasitisme
    Simbiosis parasitisme merupakan hubungan antara dua organisme dengan salah satu organisme diuntungkan, sedangkan yang lain merugikan. Misalnya, kutu rambut dan kepala manusia, cacing pita yang hidup di usus manusia, atau benalu dan tali putri yang menempel pada tanaman tertentu.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Kajian Ekologi Lengkap Dengan Jenisnya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya:

Penjelasan Ruang Lingkup Lingkungan Biotik Ekologi terlengkap

Pengertian Dan Ruang Lingkup Ekologi

Pengertian Dan Contoh Reptilia, Aves, dan Mammalia Lengkap Dengan Gambar

Pengertian, Klasifikasi, Dan Kelas Vertebrata

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Peranan Echinodermata (hewan berkulit duri)

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Pembagian Kelas Arthropoda Beserta Gambar

Ciri-Ciri, Klasifikasi Dan Pengelompokkan Mollusca