sistem organ hewan

10 Sistem Organ Pada Hewan Mamalia Beserta Fungsi Terlengkap

Posted on

Kumpulan beberapa jaringan yang saling bekerja sama untuk melaksanakan fungsi tertentu di dalam tubuh disebut organ. Berdasarkan letaknya, organ pada tubuh dibedakan menjadi dua macam, yaitu organ dalam (contoh usus) dan organ luar (contoh kulit).
Kumpulan berbagai organ yang bekerja sama melakukan suatu fungsi disebut sistem organ. Berikut ini disajikan beberapa sistem organ dalam tubuh hewan Mammalia beserta fungsinya.

sistem organ hewan

1. Sistem Pencernaan (Digesti)

Sistem ini tersusun dari organ kelenjar ludah, gigi, lidah, esofagus, lambung, usus, hati, kantong empedu, dan pankreas. Sistem pencernaan berfungsi mencerna makanan secara fisik dan kimia untuk diabsorpsi darah dan digunakan oleh jaringan tubuh.

2. Sistem Pernapasan (Respirasi)

Sistem ini tersusun dari organ hidung, faring, laring, trakea, bronkus, dan paru-paru. Sistem pernapasan berfungsi mengambil 02 dan mengeluarkan C02 dari tubuh.

3. Sistem Urinaria (Ekskresi)

Sistem ini tersusun dari organ ginjal, ureter, kantong kemih, dan uretra. Sistem urinaria pencernaan berfungsi mengeluarkan hasil metabolisme yang tidak berguna ke luartubuh dan menjaga keseimbangan sel dengan lingkungannya.

4. Sistem Peredaran Darah dan Limfa (Transportasi atau Sirkulasi)

Sistem ini tersusun dari organ jantung, pembuluh darah, pembuluh limfatik (getah bening), dan kelenjar limfa. Sistem peredaran darah dan limfa berfungsi mengangkut 02 dan sari makanan ke sel-sel tubuh, mengangkut hasil metabolisme yang tidak berguna ke luar tubuh, serta melindungi tubuh dari penyakit.


5. Sistem Rangka

Sistem ini tersusun dari organ tengkorak, tulang beiakang, tulang rusuk dan dada, rangka penopang tulang-tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, serta tulang anggota badan bagian atas dan bawah. Sistem rangka berfungsi menggerakkan bagian tubuh dan untuk berpindah tempat, menegakkan tubuh, melindungi organ-organ di bawahnya, tempat melekatnya otot, serta merupakan alat gerak pasif.

6. Sistem Otot

Sistem ini tersusun dari organ otot rangka, otot polos, dan otot jantung. Sistem otot berfungsi menentukan postur tubuh, menyimpan glikogen, dan sebagai alat gerak aktif.

7. Sistem Kelenjar buntu (Endokrin)

Sistem ini tersusun dari organ kelenjar pituitari, tiroid, paratiroid, pankreas, adrenal, kelenjar kelamin (buah zakar dan indung telur), dan kelenjar timus. Sistem kenlenjar buntu berfungsi memproduksi hormon-hormon untuk mengatur metabolisme dalam tubuh.

8. Sistem Saraf

Sistem ini tersusun dari organ otak, sumsum tulang beiakang, dan simpul-simpul saraf (ganglion). Sistem saraf berfungsi menerima dan merespons rangsang dari lingkungannya.

9. Sistem Perkembangbiakan (Reproduksi)

Sistem perkembangbiakan pada hewan jantan tersusun dari testis, vas deferens, epididimis, kelenjar kelamin, dan uretra. Sistem perkembangbiakan pada hewan betina tersusun dari indung telur, rahim, oviduk, dan vagina. Sistem perkembangbiakan berfungsi sebagai alat perkembangbiakan.

10. Sistem Integumen

Sistem ini tersusun dari organ kulit dan derivatnya. Sistem integumen berfungsi sebagai pelindung tubuh

Pemahaman mengenai jaringan, organ, dan sistem organ sangat penting dalam penemuan berbagai macam teknologi di bidang kedokteran, misal teknologi transplantasi organ. Contoh organ yang ditransplantasikan antara lain kulit, hati, ginjal, dan jantung. Transplantasi dapat dilakukan jika terdapat kecocokan antara gen pendonor dan penerima.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 10 Sistem Organ Pada Hewan Mamalia Beserta Fungsi Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: