sinar elektromagnetik

Pengertian Gelombang Elektromagnetik Dan Sifat Elektromagnetik Menurut Teori Ahli   

Posted on

Siapakah vokalis band Ungu? Jika Anda dihadapkan pada pertanyaan semacam itu dapat dipastikan Anda bisa menjawabnya. Anda pasti sering melihatnya melalui TV. Apa yang membuat Anda bisa menonton TV untuk melihat pertunjukan band yang sedang berlangsung di tempat lain yang sangat jauh?

sinar elektromagnetik

Tahukah Anda prinsip dan konsep apa yang melandasi teknologi dan fenomena ini? Konsep yang bisa menjelaskan fenomena inil adalah konsep gelombang elektromagnetik. Konsep gelombang elektromagnetik temyatal sangat luas tidak hanya berkaitan dengan TV saja, melainkan banyak aplikasi lain! yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, pelajarilah pada materi berikut.

 Pengertian Gelombang Elektromagnetik     

Gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium disebutj gelombang elektromagnetik. Empat teori yang mendasari munculnya gelombang elektromagnetik sebagai berikut.

  1. Muatan listrik menimbulkan medan listrik (dikemukakan oleh Coulomb).
  2. Di sekitar arus listrik terdapat medan magnet (dikemukakan oleh Oersted).
  3. Perubahan fluks magnet/medan magnet dapat menimbulkan medan magnetl listrik (dikemukakan oleh Faraday).
  4. Perubahan medan listrik dapat menimbulkan medan magnet (dikemukakan oleh Maxwell).

Jika perubahan medan magnetik berupa sinusoida, medan listrik yang dibangkitkanjugasinusoida. Selanjutnya, perubahan medan listrik secara sinusoida membangkitkan medan magnet yang berubah secara sinusoida. Demikianl seterusnya, terjadi proses berantai pembentukan medan listrik dan medan magnetl yang merambat ke segala arah.

Perambatan listrik dan magnet ke segala arah inilah yang selanjutnya disebut sebagai gelombang elektromagnetik. Arah getar medan magnet listrik (E) dan medan magnet (B) adalah saling tegak lurus, sekaligus tegak lurus pula dengan arah kecepatan atau perambatannya. Dengan demikian, gelombang elektromagnetik termasuk gelombang transversal.

Cepat rambat gelombang elektromagnetik oleh Mxwell dihitung dengan persamaan berikut.

elektro1

Hasil perhitungan ini tepat sama dengan cepat rambat cahaya di ruang hampa yang telah dihitung sebelumnya oleh Maxwell. Selanjutnya, Maxwell menyimpulkan bahwa cahaya termasuk salah satu spektrum dari gelombang elektromagnetik. Meski demikian, James Cleark Maxwell (1831-1879) ternyata belum dapat membuktikan hipotesisnya, barn pada tahun 1887 ilmuwan yang lain (Heinrich Hertz) dapat menguji kebenaran hipotesisnya. Percobaan Hertz sebagai berikut.

Dengan menggetarkan induktor Ruhmkorf pada sakelar, kumparan akan menginduksikan pulsa tegangan pada kedua elektrode bola di sisi A. Induksi ini ditandai dengan adanya percikan bunga api karena terjadi pelepasan muatan. Gejala lain menunjukkan bahwa pada kedua elektrode di sisi B ternyata juga terjadi percikan bunga api. Hal ini berarti terjadi perpindahan energi gelombang elektromagnetik dari sisiAdan sisi B.

Sifat Elektromagnetik

Berdasarkan percobaan Hertz dapat diketahui bahwa gelombang elektromagnetik memiliki sifat sebagai berikut.

  1. Arah medan listrik dan medan magnetnya saling tegak lurus serta keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.
  2. Merupakan gelombang transversal.
  3. Perubahan medan listrik dan medan magnet terjadi pada saat yang bersamaan sehingga keduanya memiliki harga maksimum dan minimum pada saat dan tempat yang sama.
  4. Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat listrik dan magnet medium yang ditempuhnya. Cepat rambat gelombang elektromagnetik dalam ruang hampa nilainya ( 3.108 m/s)
  5. Besar medan magnet dan medan listrik berbanding lurus satu sama lain, yaitu E = c x B. (Dengan E = medan listrik, B = medan magnet, dan c = kecepatan gelombang elektromagnetik).
  6. Tidakdisimpangkan oleh medan magnet maupun medan listrik.
  7. Mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, difraksi, dan polarisasi. Panjang gelombang dan frekuensi dihubungkan melalui persamaan berikut.C  = λ . fKeterangan:
    c = cepat rambat cahaya ( 3.108 m/s)
    λ = panjang gelombang (m)
    f = frekuesni (Hz)
  1. Tidak bermuatan listrik.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Gelombang Elektromagnetik Dan Sifat Elektromagnetik Menurut Teori Ahli   . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: