epitel hewan

Pengertian, Jenis, Letak Dan Fungsi Jaringan Epitel Pada Hewan Lengkap!!!

Posted on

Sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna dan menyerap makanan. Salah satu organ penyusun sistem pencernaan adalah lambung. Lambung tersusun dari beberapa jaringan yang saling bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi khusus. Jaringan penyusun lambung antara lain jaringan epitel, otot polos, jaringan pengikat, jaringan darah, dan jaringan saraf.

epitel hewan

Hewan Vertebrata termasuk hewan multiseluler karena tersusun dari banyak sel. Sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama akan membentuk suatu jaringan tertentu. Beberapa jaringan kemudian bersatu dan mempunyai fungsi khusus. Jaringan-jaringan tersebut akan membentuk suatu organ. Jaringan utama penyusun organ tubuh hewan Vertebrata, yaitu jaringan epitel, jaringan pengikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Mari kita simak tentang jaringan epitel terlebih dahulu.

Jaringan Epitel

Jaringan epitel tersusun dari sel-sel yang saling terikat oleh zat pengikat yang kuat sehingga hampir tidak ada ruang antarsel. Jaringan epitel terdapat di bagian luar tubuh serta di permukaan luar maupun permukaan dalam organ tubuh. Jaringan epitel di bagian luar tubuh mempunyai fungsi utama melindungi tubuh dari luka akibatganggguan mekanis, serangan mikroorganisme patogen, dan kehilangan cairan. Jaringan epitel yang terdapat di permukaan organ bagian dalam umumnya berperan penting dalam proses atjssrpsi dan proteksi. Sebagian jaringan epitel yang lain memiliki fungsi sebagai kelenjar.

Jenis Epitel Berdasarkan Bentuk dan Jumlah

Berdasarkan bentuknya, sel epitel dibedakan menjadi bentuk pipih, kubus, dan silindris. Berdasarkan jumlah lapisannya, jaringan epitel dapat dibedakan menjadi epitel simpleks dan epitel kompleks.

Epitel Simpleks

Epitel simpleks terdiri atas satu lapis sel. Jenis jaringan epitel simpleks beserta fungsi dijelaskan dalam tabel dibawah ini:


No. Jaringan Letak Fungsi
1. Epitel pipih selapis Kapsul Bowman, lapisandalam pembuluh darah dan limfa, alveolus paru-paru, ruang jantung, selaput bagian dalam telinga, dan sel ekskresi kecil pada sebagian besar kelenjar. Pelapis bagian dalam rongga dan saluran, tempat difusi dan infiltrasi zat.
2. Epitel kubus selapis Kelenjar air liur, retina mata, dinding ovarium, dan saluran dalam nefron ginjal. Proteksi, absorpsi, dan sekresi (penghasil lendir atau mucus)
3. Epitel silindris selapis Dinding dalam lambung,usus, kantong empedu,rahim, saluran pernapasan bagian atas, dan saluran pencernaan. Proteksi. sekresi. difusi dan absorpsi zat.

 

4. Epitel silindris selapis Den lie Dinding dalam rongga hidung, trakes, bronkus, dan dinding dalam ovinduk Penghasil mucus untuk menangkap benda asing yang masuk. Getaran silianya menghalau benda asing tersebut.
5. Epitel silindris berlapis semu Rongga hidung dan trakea Proteksi, sekresi, dan gerakan gas.

Epitel Kompleks

Epitel kompleks tersusun dari beberapa lapisan sel. Lapisan sel terbawah yang selalu membelah diri untuk mengganti sel-sel permukaan yang rusak disebut lapisan germinativa. jenis-jenis jaringan epitel kompleks beserta letak dan fungsinya dijelaskan dalam tabel dibawah ini:

No. Jaringan Letak Fungsi
1. Epitel pipih selapis Kulit, rongga mulut, esofagus, taring, vagina, anus, dan rongga hidung. Proteksi dan penghasil mucus
2. Epitel kubus selapis Kelenjar keringat, kelenjar minyak, ovarium, dan buah zakar Proteksi dan penghasil mucus
3. Epitel silindris selapis Lapisan konjungtiva, dinding dalam kelopak mata, laring. faring, dan uretra. Proteksi dan penghasil mucus
4. Epitel transisional Kandung kemih, ureter, dan pelvis ginjal Menahan regangan dan tekanan

Jenis Epitel Berdasarkan Struktur dan Fungsi

Berdasarkan struktur dan fungsinya, jaringan epitel dibagi menjadi dua, yaitu epitel kelenjar dan epitel penutup.

  • Epitel kelenjar, berfungsi dalam pembuatan, penyimpanan, dan sekresi zat-zat kimia. Ada dua macam kelenjar yaitu kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin.
    • Kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang memiliki saluran pengeluaran untuk menyalurkan hasil sekresinya. Kelenjar ini berfungsi membantu metabolisme dan komunikasi. Zat yang disekresikan oleh kelenjar eksokrin (sekret) dapat berupa enzim, keringat, dan feromon, Contoh kelenjar eksokrin yaitu kelenjar susu, kelenjar keringat pada kulit, kelenjar fundus pada dinding lambung, dan kelenjar submaksilaris pada rahang bawah.
    • Kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang tidak memiliki saluran pengeluaran. Hasil sekresi kelenjar endokrin langsung memasuki sistem peredaran darah untuk diangkut menuju bagian tubuh yang memerlukan. Contoh kelenjar endokrin yaitu kelenjar timus, kelenjar adrenal, dan kelenjar tiroid yang menyekresikan hormon.
  • Epitel penutup, berfungsi melapisi permukaan tubuh dan jaringan.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertia, Jenis, Letak Dan Fungsi Jaringan Epitel Pada Hewan. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: