nama-hari-akhir

29 Nama-nama Hari Akhir dalam Al-Quran Lengkap Artinya dan Penjelasannya

Posted on

Mengetahui Nama-Nama Hari Akhir dalam Al-Quran Lengkap dengan Artinya

Iman Kepada hari akhir merupakan rukun iman dala islam nomor 5. Iman kepada hari akhir adalah mengimani semua yang terjadi di alam barzakh (di antara dunia dan akhirat) berupa fitnah kubur (nikmat kubur atau siksa kubur). Mengimani tanda-tanda hari kiamat. Mengimani hari kebangkitan di padang mahsyar hingga berakhir di Surga atau Neraka.

Dalam ayat al-Quran surah Al-Luqman dijelaskan, seperti berikut ini.

Yang artinya:

“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutilah suatu hari yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah. (QS : Al – Luqman ayat 33)”

Selain ayat diatas, masih banyak lagi beberpa ayat dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang hari akhir seperti dalam Surah Al-Qariah.

Hari akhir memiliki nama lain yang diberikan oleh Allah SWT. nama-nam atersebut menggambarkan keadaan hari kiamat hingga manusia di lahirkan. dihisab dan mendapatkan pembalasan dari Allah SWT.

Nama-Nama Hari Akhir

Berikut ini merupakan nama-nama hari akhir yang harus kita imani.

  • Yaumul Akhir yaitu hari akhir
    Disebutkan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 8, yang artinya : Dan diantara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir”, padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman“.
  • Yaumul Qiyamah yaitu hari kiamat.
    Disebutkan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 85, yang artinya : “Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang-orang yang berbuat demikian diantara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan“.
  • Yaumul Ba’ats yaitu hari kebangkitan
    Disebutkan dalam QS. Ar-Rum ayat 56 , yang artinya “Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir): “Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakini(nya)”.
  • Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan
    Disebutkan dalam Q.S Sad ayat 16 yang arinya : “Dan mereka berkata, “Ya Tuhan kami, segerakanlah azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari perhitungan“
  • Yaumul Hasrah yaitu hari penyesalan
    Disebutkan dalam QS.Maryam ayat 39 , yang artinya : “Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir): “Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakini(nya)”.
  • Yaumul Diin yaitu hari pembalasan
    Disebutkan dalam QS. AL-Fatihah ayat 4, yang artinya : “Yang menguasai hari pembalasan“.
  • Yaumul Wa’id yaitu hari terlaksananya ancaman.
    Disebutkan dalam QS. ayat 20,yang artinya : “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari terlaksananya ancaman“.
  • Yaumul Taghabun yaitu hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan
    Disebutkan dalam QS.At-Taghabun, yang artinya : “(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kamu pada hari berhimpun, itulah hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan…”
  • Yaumul Khulud yaitu hari kekekalan.
    Disebutkan dalam QS. Qaf ayat 34, yang artinya : “Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi”.
  • Yaumul Fasli yaitu hari keputusan
    Disebutkan dalam QS.Ad-Dukhan ayat 40 yang artinya : “Sungguh hari keputusan (hari kiamat) itu adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya”
  • Yaumul Jam’i yaitu hari berkumpul
    Disebutkan dalam QS. Asy-Syura ayat 7, yang artinya : “….Serta memberi peringatan pula tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya“.
  • Yaumul Fathi yaitu hari kemenangan
    Disebutkan dalam QS. As-Sajdah ayat 29, yang artinya : “Pada hari kemenangan itu, tidak berguna lagi bagi orang-orang kafir keimanan mereka dan mereka tidak diberi penangguhan”
  • Yaumul Haq yaitu hari yang pasti terjadi
    Disebutkan dalam QS.An-Naba ayat 39, yang artinya : “Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya”
  • Yaumul ‘Asir yaitu hari yang sulit
    Disebutkan dalam QS.Al-Mudassir ayat 9, yang artinya : “Yaumul ‘Asir yaitu hari yang sulit”
  • Yaumul Tanad yaitu hari panggil memanggil
    Disebutkan dalam QS.Al-Mu’min ayat 32, yang artinya : “Dan wahai kaumku!Sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan (siksaan) hari saling memanggil“
  • Yaumul Kabir yaitu hari yang besar
    Disebutkan dalam QS.Hud ayat 3, yang artinya : “…Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat)”
  • Yaumul Khuruj yaitu hari keluar dari kubur
    Disebutkan dalam QS.Qaf, yang artinya: “(Yaitu) pada hari (ketika) mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur)”
  • Yaumul Mau’ud yaitu hari yang dijanjikan
    Disebutkan dalam QS.AL-Buruj ayat 2, yang artinya :“Dan demi hari yang dijanjikan“
  • Yaumus Sa’ah yaitu hari yang menentukan
    Disebutkan dalam QS. Al-An’am yang artinya :“Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan; sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: “Alangkah besarnya penyesalan kami, terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu!”, sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amat buruklah apa yang mereka pikul itu”
  • Yaumul Mahsyar yaitu hari berkumpul
    Disebutkan dalam QS.Al-kahfi ayat 47 yang artinya : “…Dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka“.
  • Yaumun ‘Aqiim yaitu hari siksaan
    Disebutkan dalam QS. Al-Hajj ayat 55,yang artinya : “Dan senantiasalah orang-orang kafir itu berada dalam keragu-raguan terhadap Al Quran, hingga datang kepada mereka saat (kematiannya) dengan tiba-tiba atau datang kepada mereka azab hari kiamat“.
  • Darul Akhirah yaitu negeri Akhirat
    Disebutkan dalam QS.Al-Ankabut ayat 64 yang artinya :“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui“.
  • Darul Qarar yaitu tempat kembali
    Disebutkan dalam QS.Al-Mu’min ayat 39, yang artinya : “Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal (tempat kembali)“.
  • Al-Ghasyiyah yaitu hari pembalasan
    Disebutkan dalam QS.Al-Ghasyyiah ayat 1, yang artinya : “Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?“.
  • As-Sokhkhoh, artinya suara yang memekikkan telinga.
    Karena pada hari itu ditiupkan sangkakala yang suaranya begitu dahsyat dan keras yang memekikan telinga.
  • At-Thammah al-Kubra yaitu perkara besar.
    At-Thammah artinya adalah sesuatu yang mengalahkan yang lain, terambil dari kata bahasa arab yaitu “Thamma-Yatummu” yang maknanya adalah Ghalaba Yaghlibu artinya mengalahkan, sedangkan kata al-Kubra artinya yang dahsyat, di namakan demikian karena dahsyatnya hari kiamat mengalahkan segala perkara dahsyat lainnya yang ada di dunia ini.
  • Yaumul Azifah yaitu hari yang dekat
    Karena terjadinya hari kiamat itu telah dekat waktunya.
  • Yaumul Taghabun (hari kerugian).
    Karena pada hari itu penduduk neraka merugi dan bagian mereka di ambil alih oleh penduduk surga.

Demikian informasi yang diberikan tentang Nama-nama Hari Akhir dalam Al-Quran Lengkap Artinya dan Penjelasannya . Semoga dengan diberikannya informasi ini menambah kecintaan pembaca terhadap Agama Islam. Terimakasih