rantai-makanan

Pengertian Rantai Makanan, Jenis Jenis disertai Contoh dan Penjelasan Terlengkap

Posted on

Penjelasan Terlengkap Tentang Rantai Makanan dan Jenis Jenis Rantai Makanan disertai Contohnya

Definisi secara umum tentang rantai makanan adalah suatu peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan-urutan tertentu dan dari setiap tingkat dari rantai makanan dalam suatu ekosistem disebut dengan tingkat trofik. Dalam proses rantai makanan terdapat makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen dan dekomposer (pengurai).

Pada tingkat trofik yang pertama adalah organisme yang dapat menghasilkan/membuat zat makanan sendiri seperti tumbuhan hijau disebut dengan Produsen.
Tingkatan trofik yang kedua adalah konsumen primer (konsumen tingkat I) yang biasanya di tempati oleh hewan herbivora.
Tingkatan trofik ketiga yaitu konsumen sekunder (konsumen tingkat II) yang biasanya ditempati oleh hewan carnivora dan seterusnya.
Tingkatan trofik trakhir dan tertinggi disebut dengan konsumen puncak yang biasanya ditempati oleh omnivora.

Rantai Makanan

Dalam ekosistem ini makhluk hidup memiliki perannya masing-masing, mulai dari yang berperan sebagai peroduser, konsumen dan beberapa sebagai dekomposer (pengurai). Berikut ini penjelasannya.

Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat memproduksi zat organik dari zat anorganik. Produsen tidak memakan makhluk hidup melainkan membuat makanan sendiri dengan melakukan cara fotosintetis. Contoh produsen sperti: Tumbuhan hijau, Lumut, dan Alga.

Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan selalu tergantung kepada organisme yang lain untuk dapat bertahan hidup. Dalam satu rantai makanan, konsumen dapat dibagi menjadi atas beberapa tingkatan, antara lain:

  • Konsumen I (primer) , yaitu hewan yang memakan tumbuhan (herbivora) secara langsung. Contoh: Kambing, sapi, kelinci dll.
  • Konsumen II (sekunder), yaitu hewan yang memakan konsumen primer (karnivora). dan seterusnya konsumen II dimakan oleh konsumen III (tersier).

Kegiatan makan memakan berlangsung terus-menerus hingga sampai kepada konsumen terakhir atau disebut dengan konsumen puncak.

Konsumen puncak adalah tingkatan paling akhir, dimana tidak ada lagi makhluk lain yang memakannya, seperti Manusia, Beruang, Singa dan Buaya.

Dekomposer

Dekomposer adalah pemeran terakhir dalam rantai makanan. Organisme ini berperan untuk mengurai bahan organik menjadi bahan anorganik. Dekomposer mengurai bahan organik dari tumbuhan mati atau bangkai hewan dan mengembalikan nutrisinya ke dalam tanah yang kemudian digunakan oleh produsen untuk berfotosintesis. Dari sinilah siklus rantai makanan dimulai kembali. Dekomposer disebut juga detritivor atau pemakan bangkai. Contoh dari organisme ini seperti bakteri pembusuk dan jamur.

Jenis Rantai Makanan

Berdasarkan jenis organisme yang berada pada tingkatan trofik pertama, rantai makanan dibagi menjadi dua yaitu rantai makanan perumput dan rantai makanan detritus. Berikut penjelasannya.

a. Rantai makanan perumput (grazing food chain)

Rantai makanan ini dimulai dari tumbuhan sebagai produsen pada tingkat trofik pertamanya. Contoh dari siklus rantai makanan ini yaitu : rumput –> belalang –> burung –> ular.

b. Rantai makanan detritus

Rantai makanan ini tidak dimulai dari tumbuhan, tetapi dimulai dari detritivor. Detritivor adalah organisme heterotrof yang memperoleh energi dengan cara memakan sisa-sisa makhluk hidup. Contoh rantai makanan detritus yaitu : serpihan daun (sampah) –> cacing tanah –> ayam –> manusia.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Interaksi Antar Ekosistem Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca .  Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.